6 Cara Mengukus Kelapa Parut Agar Tidak Berubah Warna dan Cepat Basi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 2 Desember 2022 20:21
6 Cara Mengukus Kelapa Parut Agar Tidak Berubah Warna dan Cepat Basi
Cara mengukus kelapa parut yang benar, misalnya tak terlalu lama dan menggunakan kelapa yang tepat, membuatnya jadi terlihat tetap cantik dan awet tahan lama

Kelapa parut umumnya dibuat sebagai topping jajanan sekaligus memberikan rasa gurih yang tradisional banget. Sebelum disajikan, kelapa parut biasanya dikukus terlebih dahulu. Selain sebagai bentuk pengolahan makanan, ini juga agar kelapa parut tidak mudah basi.

Sayangnya seperti halnya bahan makanan lainnya, kelapa parut kerap kali berubah warna ketika dikukus. Kelapa parut yang biasanya berwarna putih susu kemudian menjadi kering. Nah ada beberapa tips nih gimana cara mengukus kelapa parut biar nggak berubah warna sekaligus membuat rasanya makin gurih

1 dari 6 halaman

Cara Mengukus Kelapa Parut Agar Tidak Berubah Warna © Diadona

Kupas Kelapa Terlebih Dahulu

Walaupun merepotkan, kupas kelapa sebelum memarutnya untuk menghilangkan bagian kulit yang mengganggu ketika disantap dan dilihat. Ini juga merupakan salah satu cara agar kelapa parut tidak berubah warna. Setelah dikupas, kelapa yang diparut akan memiliki warna putih bagai susu sedangkan kelapa tidak diparut akan berwarna cenderung kecoklatan. Agar lebih mudah, kupas kelapa menggunakan alat khusus yang tersedia di pasaran.

2 dari 6 halaman

Pastikan Kelapa Masih Segar dan Tak Tercampur

Kelapa rentan sekali basi karena memiliki kandungan lemak dengan jumlah tinggi. Bila Moms memarut kelapa di rumah menggunakan parutan manual, pastikan alat dalam keadaan bersih. Namun bila memilih memarutnya di jasa parut kelapa, pastikan kelapa milik Moms tidak bercampur dengan sisa parutan kelapa sebelumnya yang masih menempel di alat.

Mengapa? Sebab kelapa parut yang tidak fresh kemungkinan mengandung bakteri yang membuatnya cepat basi. Bila bercampur dengan kelapa parut yang masih segar maka bisa membuatnya juga cepat basi.

3 dari 6 halaman

Taburi dengan Sedikit Gula dan Garam

Saat mengukus, tambhakan sedikit garam halus dan juga gula ke dalam parutan kelapa. Aduk hingga tercampur rata lalu kukus. Ini agar parutan kelapa terasa lebih gurih ketika disantap dan sebagai topping makanan.

4 dari 6 halaman

Tambah Tepung Maizena

Channel Youtube Natasya Kitchen membagikan tips agar topping kelapa parut pada kue putu tetap cantik dan rapi yaitu dengan sedikit tepung maizena. Caranya yakni siapkan panci kukusan, tempatkan kelapa parut di wadah lalu tambahkan sedikit tepung maizena, garam dan juga daun pandan. Fungsi penambahan daun pandan di sini yaitu untuk menambah rasa gurih dan aroma kelapa kukus.

5 dari 6 halaman

Kukus dengan Dibungkus Daun Pisang

Ada lagi nih caramengukus kelapa parut agar tidak berubah warna dan cepat basi yakni kelapa parut dibungkus terlebih dahulu menggunakan daun pisang. Beragam penelitian menunjukkan bahwa makanan yang dibungkus daun pisang memiliki aroma yang lebih menarik. Sebab daun pisang mengandung senyawa penghasil aroma.

6 dari 6 halaman

Kukus Kelapa Parut Sebentar Saja

Sebagai cara mengukus kelapa parut agar tidak berubh warna, kukus dalam waktu lima menit saja. Pengukusan terlalu lama akan membuat warna kelapa parut menjaidi kekuningan. Selain itu jangan pilih kelapa hijau ya sebab kelapa jenis ini akan mengalami perubahan warna menjadi kusam atau keabu-abuan setelah dikukus.

Cara mengukus kelapa parut agar tidak berubah warna juga dilakukan untuk mencegahnya cepat basi dan enak dikonsumsi.

Beri Komentar