6 Cara Mencairkan Daging Beku dengan Cepat, Mudah, dan Efektif, Dijamin Gak Makan Waktu

Reporter : Arifina
Kamis, 16 November 2023 16:03
6 Cara Mencairkan Daging Beku dengan Cepat, Mudah, dan Efektif, Dijamin Gak Makan Waktu
Ingin memasak daging namun terhambat karena masih beku? Begini cara mengatasinya dengan cepat!

Cara mencairkan daging beku bisa kalian praktikkan jika butuh waktu cepat untuk membuat hidangan olahan daging yang lezat. Daging merupakan bahan makanan yang sering digunakan dalam masakan, dan menjadi salah satu yang banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang lezat dan banyaknya kandungan gizi di dalamnya.

Dilansir dari halodoc.com, daging memiliki kandungan protein, kalsium, dan magnesium yang tinggi di dalamnya. Selain itu, daging juga mengandung vitamin D, vitamin B6, dan vitamin B12 yang baik untuk tubuh.

1 dari 9 halaman

Tips Menyimpan Daging Tanpa Kulkas © Diadona

Banyak orang menyetok daging di rumah untuk mempermudah proses memasak. Biasanya penyimpanan daging dilakukan dengan cara dibekukan di freezer agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Namun, ketika akan mengolah daging, perlu dilakukan proses pencairan terlebih dahulu. Pencairan daging ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dan dapat menghambat proses memasak.

Tapi, dengan cara yang tepat, kamu bisa dengan mudah dan cepat untuk mencairkan daging lho! Yuk simak caranya berikut!

2 dari 9 halaman

Pindahkan ke Bagian Chiller Kulkas

Saat proses penyimpanan daging yang semula diletakkan dalam freezer, untuk mempermudah pencairan maka pindahkan sejenak ke bagian chiller. Metode ini memang cukup memakan waktu untuk proses pencairan daging, tapi setidaknya kamu bisa memanfaatkannya jika akan memproses pengolahan di keesokan harinya.

Memindahkan daging ke bagian chiller dinilai sebagai metode paling aman karena dapat membantu daging tetap dalam keadaan segar dan mencegah pertumbuhan bakteri. Sebaiknya, pindahkan daging di chiller sehari sebelumnya saat kamu berencana untuk memasak olahan daging agar tidak perlu menunggu lama ya.

3 dari 9 halaman

Rendam di Air Dingin

Cara lain untuk mencairkan daging yang beku adalah dengan merendamnya di air dingin. Metodi ini dinilai cukup efektif untuk mencairkan daging yang beku dengan cepat karena air dingin memiliki konduktivitas panas yang lebih tinggi daripada udara.

Caranya mudah, cukup rendam daging beku dengan air dingin dalam wadah. Namun sebelum direndam, pastikan dagingnya telah dibungkus dengan wadah yang kedap air ya.

Hal ini bertujuan agar daging tetap terjaga kualitasnya. Hindari menggunakan air panas atau hangat untuk mencairkan daging beku karena dapat memicu pertumbuhan bakteri dan merusak kandungan protein dalam daging.

4 dari 9 halaman

Cairkan dengan Microwave

Cara Mencairkan Daging Beku © Diadona

Cara lainnya untuk mencairkan daging beku dengan cepat, kamu bisa menggunakan microwave. Dalam microwave, biasanya terdapat pengaturan defrost yang berfungsi untuk mencairkan bahan makanan yang beku.

Sebelum daging dicairkan dalam microwave, pindahkan daging ke wadah yang sesuai dan aman yang tahan panas agar wadah tidak ikut meleleh sa. Perhatikan pengaturan waktu yang digunakan dalam microwave.

Jangan panaskan daging terlalu lama karena dapat menyebabkan daging menjadi mulai matang. Segera masak daging setelah proses pencairan agar daging tidak terkontaminasi oleh bakteri.

5 dari 9 halaman

Rendam di Larutan Cuka dan Garam

Proses pencairan daging beku yang cepat juga bisa dengan menggunakan campuran larutan cuka dan garam. Rendam daging beku dengan 1 sendok makan cuka dan 1 sendok makan garam, kemudian tambahkan air hangat secukupnya.

Tunggu selama beberapa menit, daging akan cair dengan sendirinya. Cara ini memanfaatkan sifat koligatif larutan untuk mempercepat proses pencairan daging beku.

Tidak perlu khawatir dengan penggunaan cuka dan garam pada larutan ini. Sebab, dipastikan tidak akan mempengaruhi perubahan rasa pada daging yang dicairkan selama jumlah yang digunakan masih dalam batas yang sesuai.

6 dari 9 halaman

Cairkan dengan Panci

Metode mencairkan daging yang satu ini mungkin terlihat unik, karena menggunakan panci. Caranya pun mudah, siapkan dua buah panci, dan letakkan terbalik di meja.

Kemudian taruh daging beku di atasnya, letakkan kembali panci di atas dagingnya. Tuangkan air panas dalam panci yang berada di atas daging. Tunggu selama beberapa menit, daging perlahan akan mencair.

Cara ini dinilai cukup efektif untuk mencairkan daging dengan cepat, karena hanya butuh kurang lebih waktu 10-15 menit, tergantung ketebalan daging. Semakin tebal dan besar daging, maka semakin membutuhkan waktu yang lama pula.

Selain itu, jangan lupa untuk membungkus daging dengan plastik sebelum dicairkan dengan menggunakan panci.

7 dari 9 halaman

Siram Daging dengan Air Mengalir

Cara Mencairkan Daging Beku © Diadona

Cara terakhir untuk mencairkan daging yang beku adalah menggunakan air mengalir. Sebelum disiram, pastikan daging dikemas dalam wadah yang kedap udara.

Hal ini bertujuan agar daging tetap terlindungi dari kontaminasi bakteri selama proses pencairan. Setelah itu, letakkan daging di bawah air mengalir, pastikan seluruh permukaan daging terkena aliran air sehingga proses pencairan berlangsung secara merata.

Balik dan putar daging secara bergantian selama proses pencairan, hal ini dapat membantu bahwa daging telah mencair diseluruh bagiannya.

8 dari 9 halaman

Itulah cara mencairkan daging beku yang praktis dan mudah. Kalian bisa mempraktekkan cara-cara di atas ketika hendak memasak daging yang masih beku.

Setelah daging mencair, jangan lupa untuk segera memasaknya agar tetap terjaga kesegaran dan kualitas dagingnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar