4 Cara Memilih Tempe dan Tahu yang Segar agar Makanan Lebih Enak dan Sehat saat Disantap

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 9 November 2022 11:06
4 Cara Memilih Tempe dan Tahu yang Segar agar Makanan Lebih Enak dan Sehat saat Disantap
Memilih bahan makanan berkualitas memang tricky, apalagi bahan makanan nabati yang mudah rusak, berikut cara memilih tempe dan tahu yang segar agar kamu nggak keliru!

Pernah gak sih kalian beli bahan makanan di pasar, contohnya tahu dan tempe, tapi sampai di rumah ternyata bahan makanannya jelek dan nggak enak kalau untuk diolah kemudian dikonsumsi. Apalagi bahan makanan kita nanti mau kita buat masakan untuk keluarga di rumah, haduuu… Kira-kira gimana sih cara memilih tempe dan tahu yang segar untuk keluarga kita?

Sebelumnya, perlu diketahui, bahan makanan tempe dan tahu merupakan bahan makanan setengah jadi yang masih rentan untuk rusak. Karena, tahu dan tempe mengalami proses dimana bakteri atau jamur yang tidak diharapkan tumbuh di sana dan merusak makanan. Makanya selain tahu gimana cara mengolahnya dengan benar, pertama-tama kita wajib tahu gimana cara memilih tempe dan tahu yang segar agar keluarga kita makan makanan yang sehat dan berkualitas!

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini Diadona rangkum setidaknya empat cara memilih tempe dan tahu yang segar sebelum kalian membelinya, diantaranya adalah

 

1 dari 4 halaman

Memilih Tahu atau Tempe dengan Menekan Terlebih Dahulu

Memilih Tahu atau Tempe dengan Menekan Terlebih Dahulu © Diadona

Kesegaran dari tahu dan tempe dapat kita ketahui dari tingkat kepadatan dari bahan makanan itu sendiri. Memilih tahu atau tempe dengan menekan terlebih dahulu adalah untuk mengetahui apakah tahu dan tempe tersebut masih terasa padat dan berisi (tahu dan tempe segar) atau sudah kenyal dan ringkih (tahu dan tempe sudah tidak segar)

 

2 dari 4 halaman

Memilih Tahu atau Tempe dengan Warna yang Segar

Memilih Tahu atau Tempe dengan Warna yang Segar © Diadona

Cara memilih tempe dan tahu yang segar selanjutnya adalah dengan melihat warnanya. Warna putih khas jamur tempe tanpa ada flek hitam menandakan bahwa tempe masih segar dan siap untuk diolah, sedangkan warna putih tulang khas tahu tanpa terlihat warna putih pucat menandakan tahu masih segar dan siap untuk diolah.

 

3 dari 4 halaman

Memilih Tahu atau Tempe dengan Bau yang Tidak Menyengat

Memilih Tahu atau Tempe dengan Bau yang Tidak Menyengat © Diadona

Aroma tahu dan tempe juga menentukan kesegarannya loh. Cara memilih tempe dan tahu yang segar selanjutnya adalah dengan menghirup bau atau aroma dari tahu atau tempe yang akan kita beli, semakin menyengat aroma tahu atau tempe maka semakin buruk kualitas dari bahan makanan tersebut, karena menandakan indikasi kebusukan di sana.

 

4 dari 4 halaman

Memilih Tahu atau Tempe dengan Mengecek Apakah Ada atau Tidak Lendir Dipermukaan Tahu atau Tempe

Memilih Tahu atau Tempe dengan Mengecek Apakah Ada atau Tidak Lendir Dipermukaan Tahu atau Tempe © Diadona

Nah, cara memilih tempe dan tahu yang segar terakhir adalah dengan meraba atau menyentuh permukaan dari tahu dan tempe tersebut, apakah ada lendir yang menyelimutinya atau tidak. Lendir yang berada pada tahu atau tempe tersebut merupakan salah satu indikasi kebusukan yang menandakan tahu dan tempe tersebut sudah jelek.

Jadi itulah beberapa cara memilih tempe dan tahu yang segar yang bisa kalian lakukan sebelum membeli dan mengkonsumsinya. Selalu pastikan bahwa seluruh bahan makanan yang kalian pilih merupakan bahan makanan yang berkualitas! Semoga bermanfaat! 

Penulis: Akhiroel Mohammad Effendi



Beri Komentar