Cara Membuat Fla Puding Tanpa Tepung Maizena dan Telur Sederhana dengan Susu Kental Manis

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 3 Februari 2020 20:23
Cara Membuat Fla Puding Tanpa Tepung Maizena dan Telur Sederhana dengan Susu Kental Manis
Fla manis dan lembut sangat cocok disajikan sebagai siraman puding yang segar dan kenyal. Simak resep cara membuat fla puding selengkapnya di bawah ini!

Fla puding, yap, cairan kental yang mendominasi olahan puding kerap kali menjadi sajian yang sangat ditunggu-tunggu. Jika kamu suka olahan manis yang menggoda, maka olahan puding dengan siraan Fla ini cocok untuk kamu nikmati bersama keluarga tercinta.

Kamu tentunya sangat bisa membuat berbagai olahan sederhana dengan bahan puding khususnya puding dengan siraman fla lezat ini. Yuk langsung saja kita simak bersama-sama resep sederhana cara membuat fla puding yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Fla Puding Tanpa Tepung Maizena

Ilustrasi Fla PudingIlustrasi Fla Puding © Rafiqdzaki.blogspot.com

Fla tidak harus dibuat dengan bahan yang lengkap pada umumnya. Seperti halnya jika kamu tidak memiliki bahan lengkap seperti tepung maizena, tapi kamu tetap bisa membuat olahan fla ini di rumah, kok. Simak resep cara membuat fla selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

- 2 sdt gula pasir
- 1 butir telur
- 10 ml susu cair

Cara membuat fla puding tanpa tepung maizena:

  1. Kocok telur kemudian sisihkan. Ambil mangkok dan tambahkan 2 sendok teh gula lalu panaskan susu cair dan tuangkan ke dalam mangkok aduk sampai rata.
  2. Masukkan kocokan telur tadi dengan di saring supaya lendir putih telur tersebut bisa tersisihkan kemudian aduk hinga rata. Tuangkan ke dalam mangkok kecil dan tutup dengan alumunium foil.
  3. Panaskan air dan jangan sampai mendidih. Jika airnya sudah mengeluarkan uap, maka kamu dapat memasukkan bahan puding dan steamlah kurang lebih 8-10 menit dengan api ukuran kecil saja. Jika masih cair berarti masih belum matang.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Fla Puding Tanpa Telur

Ilustrasi Fla PudingIlustrasi Fla Puding © Commons.wikimedia.org

Selain tanpa bahan tepung maizena, kamu juga bisa membuat fla puding sederhana ini meski pun tanpa menggunkana bahan telur. Penasaran kan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resep cara membuat fla puding tanpa telur di bawah ini.

Bahan:

- 300 ml susu sapi cair
- 50 gram gula pasir
- 1/2 sdt vanili
- 2 sdt tepung maizena

Cara membuat fla puding tanpa telur:

Siapkan susu sapi cair. Campurkan susu cair, tepung maizena, vanili dan gula pasir. Aduk rata dan masak sampai mendidih dan mengental. Vla puding tanpa telur sudah jadi.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Fla Puding Sederhana

Ilustrasi Fla PudingIlustrasi Fla Puding © Wikipedia.org

Cara membuat fla puding sangatlah sederhana kok. Secara umum ketika kamu sudah menyiapkan semua bahannya, proses memasakknya hanya tinggal di masak dalam panci dengan api sedang saja. Simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

- 1/2 kaleng SKM
- 200 ml air
- 2 sendok maizena
- 1 kuning telur
- 1/2 sdt vanili

Cara membuat fla puding sederhana:

Rebus dengan api sedang air dan susu. Aduk hingga mendidih. Masukkan telur yg sudah di kocok secara perlahan-lahan. Tambahkan maizena yang sudah dicampur dgn sedikit air. Angkat dan dinginkan. Fla siap digunakan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Puding Coklat dan Fla

Ilustrasi Fla PudingIlustrasi Fla Puding © Fuelingwithflavour.com

Cairan fla sangatlah cocok disiram di atas puding coklat kenyal yang menyegarkan. Yuk langsung saja simak resep cara membuat puding coklat dan fla di bawah ini.

Bahan:

- 1 saset nutrijell coklat
- 50 gram DCC
- 2 sdm coklat bubuk
- 7 sdm SKM putih
- 5 sdm gula pasir
- 1 butir kuning telur
- 1 sdm munjung tepung maizena
- 200 ml uht plain
- 3 sdm gula pasir
- Vanili secukupnya

  1. Cara membuat puding coklat dan fla:

    Masak semua bahan puding hingga mendidih kemudian taruh di cup atau wadah. Masak uht, sambil menunggu panas, campur kuning telur dengan maizena, lalu ambil sedikit susu hangat untuk mengencerkan telur dan maizena.
  2. Tuang telur dan maizena yg sudah cair kedalam susu yg sedang dimasak lalu masukan gula pasir dan vanilli. Aduk hingga mendidih matikan, tunggu hingga fla agak dingin tuang keatas puding.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Fla Puding Susu Kental Manis

Ilustrasi Fla PudingIlustrasi Fla Puding © Archanaskitchen.com

Apakah kamu tahu, apa yang menjadikan cairan fla sangatlah nikamt dengan aroma sedap manis yang khas? Yap, campuran susu kental manis yang tiada duanya. Simak resep cara membuat fla puding dengan susu kental manis di bawah ini. 

Bahan:

- 1 bungkus agar agar plain
- 7 sdm gula pasir
- 150 ml skm putih
- 800 ml air

Bahan fla coklat:

- 4 sdm susu skm putih larutkan dengan air 200ml aduk smpai larut
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdt tepung maizena
- 2 sdm coklat bubuk
- 1 kuning telur

  1. Cara membuat fla puding susu kental manis:

    Siapkan panci dan campur semua bahan gula pasir, agar agar, dan susu SKM putih. Tambahkan air, rebus hingga mendidih sambil diaduk-aduk. Setelah mendidih, matikan kompor dan cetak sesuai selera.
  2. Buat fla coklat dengan merebus bahan susu, gula pasir, tepung maizena, dan coklat bubuk hingga mendidih. Ambil 1 sendok sayur adonan lalu campurkan dengan kuning telur, kocok hingga rata. Masukkan kembali kedalam rebus masak sambil diaduk hingga mendidih angkat dan dinginkan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat fla puding sederhana yang bisa kamu olah sendiri di rumah. Bagaimana, mudah bukan proses membuatnya? 

Beri Komentar