Resep Cara Membuat Puding Susu Coklat, Jagung, Nutrijell, Oreo, Santan, Hingga Fla Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 27 Januari 2020 17:28
Resep Cara Membuat Puding Susu Coklat, Jagung, Nutrijell, Oreo, Santan, Hingga Fla Sederhana
Kudapan manis yang siap menemani kamu setelah menyantam makanan berat. Yuk simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sih yang nggak tahu kudapan manis yang satu ini? Yap, puding merupakan salah satu kudapan yang bisa menjadi salah satu pilihan kamu setelah menyantap makanan berat. Banyak sekali puding yang bisa kamu nikmati salah satunya adalah puding susu.

Rasa manis dan lembut dari kudapan ini menjadi salah satu alasan mengapa pusing banyak diminati. Lalu, apa bahan yang diperlukan untuk membuat kudapan manis ini? Simak resep selengkapnya dalam cara membuat puding susu di bawah ini yuk!

 

1 dari 7 halaman

Cara Membuat Puding Susu Coklat

Ilustrasi Puding Susu Coklat © Diadona

Puding susu coklat adalah olahan puding pertama yang bisa kamu nikmati di rumah. Selain tekstur yang lembut dan manis susu, juga ada aroma khas coklat yang menggugah selera. Simak resep cara membuat puding susu coklat  selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

- 1 bungkus agar-agar cokelat
- 3 gelas air
- 1 bungkus susu cair cokelat
- 200 gram Dark chocolate (lelehkan)
- 5 sdm gula pasir

Cara membuat puding susu coklat:

  1. Masukkan air dalam panci dan tambahkan agar-agar lalu aduk hingga rata. Tambahkan susu cair dan gula pasir.
  2. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk agar gula larut. Sebelum agar-agar mendidih, masukkan dark chocolate kemudian aduk rata.
  3. Biarkan mendidih lalu segera angkat dan tuang ke dalam cetakan puding. Agar puding segera jadi, masukkan ke dalam lemari es atau diamkan beberapa saat hingga dingin. Puding coklat siap dihidangkan.

2 dari 7 halaman

Cara Membuat Puding Jagung Susu

Ilustrasi Puding Susu Jagung © Diadona

Selian coklat ada pula olahan puding susu jagung yang nggak kalah nikmatnya. Penasaran bagaimana cara memebuatnya? Yuk simak langsung cara membuat puding susu jagung di bawah ini. 

Bahan:

- 1 jagung manis besar
- 1/2 bungkus jelly plain
- 500 ml air
- 125 ml susu cair
- 75 gram gula pasir
- 1 sdm maizena
- Garam secukupnya

Cara membuat puding susu jagung:

  1. Haluskan jagung dengan blender lalu saring. Campur semua bahan dan masak di atas api kecil sampai tak ada yang menggumpal.
  2. Masak sampai mendidih, setelah adonan agak kental matikan api. Tuang puding dalam cetakan. Dinginkan dan siap disajikan.

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Puding Susu Nutrijell

Ilustrasi Puding Susu Nutrijell © Diadona

Cara membuat puding susu cukup sederhana loh. Kamu tentunya juga bisa mengaplikasikan bahan nutrijell bubuk sebagai bahan pelengkapnya. Simak resep cara membuat puding susu nutrijell di bawah ini.

Bahan:

- 1 bungkus nutrijel cokelat
- 100 gram batang cokelat lelehkan
- 750 ml susu cair, bisa cokelat bisa susu putih
- 3 sdm susu kental manis cokelat
- Gula pasir secukupnya

Cara membuat puding susu nutrijell:

  1. Campurkan bubuk nutrijell, susu cair, susu coklat dan coklat leleh ke dalam wadah baskom. Tambahkan gula secukupnya kemudian aduk rata hingga semua bahan larut.
  2. Masak semua bahan hingga mendidih.
    Jika sudah, angkat kemudian cetak ke dalam cetakan.
  3. Tunggu hingga dingin atau masukkan ke dalam lemari pendingin. Agar sajiannya makin menarik, tambahkan strawberry atau buah lainnya di atas puding.

 

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Fla Puding Susu Kental Manis

Ilustrasi Puding Susu Fla © Diadona

Jika kamu penggemar olahan dari bahan fla, maka kamu tentunya juga bisa menambahkan cairan fla ini dalam puding yang telah kamu buat sebelumnya. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat puding susu dengan siraman fla nikmat berikut ini.

Bahan:

1 kaleng kental manis
1 bungkus agar-agar
Gula pasir sesuai selera
Vanila secukupnya
Nata de coco sesuai selera
1 liter susu putih cair

Bahan-bahan fla puding rasa vanila:

- 300 ml susu cair
- 60 gram gula pasir
- 1 kuning telur
- Tepung maizena secukupnya
- 1/2 sdt garam
- Essens vanilla

Cara membuat puding susu kental manis dengan fla:

Siapkan panci lalu masukan satu persatu semua bahan-bahan yang sudah disiapkan tersebut terkecuali nata de coco. Nyalakan kompor dengan bara api kecil. Kemudian aduk-aduk hingga merata dan gula tidak lengket pada panci.

Masak semua adonan selama kurang lebih 15-17 menit hingga adonan benar-benar mendidih atau matang. Ketika memasaknya pastikan kamu terus mengaduk-ngaduknya dengan perlahan.

Diamkan adonan beberapa saat hingga panasnya berkurang. Apabila adonan sudah hangat, kamu bisa memasukan adonan pada cetakan. Simpan atau taburkan nata de coco yang sudah disiapkan di atasnya.

Masukkan ke dalam lemari es atau lemari pendingin. Hal ini bertujuan agar ketika disajikan puding terasa lebih lezat dan menyegarkan. Puding siap disajikan dengan siraman fla.

Cara membuat fla puding rasa vanila:

  1. Campurkan tepung maizena dengan air hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Rebus susu cair dengan api yang kecil.
  2. Masukan gula pasir, kuning telur, garam, essens vanilla, dan larutan tepung maizena ke dalamnya. Aduk hingga merata dan mengental.
  3. Jika adonannya sudah meletup-letup, angkat lalu dinginkan dengan cara mengaduk-aduknya kembali. Fla puding vanilla ini bisa langsung dicampurkan dengan puding atau disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas.

5 dari 7 halaman

Cara Membuat Puding Oreo Susu

      View this post on Instagram

Credit from @yulia.ratnasari - Anakku belum mau minum susu formula/susu uht. Pasti cm dicicipin sdkit, trs geleng2 ga mau -_- Tapi kalo susu nya aku olah jd puding, pst lahap makannya. . Puding Oreo ???? Bahan: - 1250ml Susu uht plain - 1bks Nutrijel plain - 1bks Agar agar plain - 150 gr Gula Pasir atau sesuai selera - 1bks Oreo (sisihkan isiannya) kemudian hancurkan. Cara membuat: -Campurkan semua bahan kecuali Oreo, kemudian didihkan. -Siapkan cetakan, taburi cetakan dengan remahan Oreo. -Tuang puding yg sdh mendidih tadi ke cetakan. Dinginkan -Masukan kulkas -puding siap dimakan kapanpun ???? . Makasih bunda resepnya silpia_19 ???? . #puding #pudingoreo #pudingcoklat #pudingsusu #pudingsusuoreo #reseppuding #reseppudingoreo #reseppudingoreosusu #mpasisehat #mpasipuding #mpasi1tahun #resepmpasi1tahun #oreocheesecake #oreodessert #bikinpuding

A post shared by mpasiid snack (@mpasiid.snack) on

Kamu yang suka olahan puding dengan sensasi kranci juga bisa membuatnya dengan bahan campuran oreo. Biskuit oreo yang dihancurkan ini akan menambah nikmat puding susu yang kamu buat di rumah. Penasaran kan bagaimana cara membuat pudng susu oreo? Simak resep selengkapnya berikut.

Bahan:

- 1250 ml susu uht plain
- 1 bungkus nutrijel plain
- 1 bungkus agar agar plain
- 150 gram gula pasir
- 1 bungkus oreo sisihkan isiannya kemudian hancurkan

Cara membuat puding susu oreo:

  1. Campurkan semua bahan kecuali Oreo, kemudian didihkan. Siapkan cetakan, taburi cetakan dengan remahan Oreo.
  2. Tuang puding yang sudah mendidih tadi ke dalam cetakan. Dinginkan dan masukkan dalam kulkas. Puding siap untuk disajikan.

6 dari 7 halaman

Cara Membuat Puding Santan Susu

Ilustrasi Puding Susu Santan © Diadona

Puding susu yang kamu buat juga bisa diolah dengan campuran santan. Rasa gurih santannya akan semakin nikmat dengan perpaduan manis gula dan susu. Simak resep cara membuat puding susu dengan santan berikut ini.

Bahan:

- 1 bungkus agar-agar plain
- 200 ml santan
- 200 ml susu cair
- 150 gram gula pasir
- 400 ml air
- 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat puding susu santan:

  1. Masukkan air dalam panci kemudian campurkan agar-agar sambil diaduk-aduk sampai larut. Tambahkan vanili, gula, susu cair, dan santan lalu aduk sampai rata.
  2. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk dan angkat. Siapkan cetakan dan tuang adonan puding. Dinginkan dalam kulkas. Keluarkan dari cetakan dan beri toping sesuai dengan selera.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Puding Susu Sederhana

Ilustrasi Puding Susu © Diadona

Jika kamu ingin membuat puding susu tanpa bahan campuran perasa lainnya juga bisa kok. Puding ini sangan cocok bagi kamu yang memang menyukai olahan susu murni. Simak resep selengkapnya cara membuat puding susu sederhana di bawah ini.

Bahan:

- 1 kaleng susu kental manis putih
- 1 liter susu putih cair UHT
- 1 bungkus agar-agar
- Gula putih sesuai selera
- Koktail secukupnya
- Nata de Coco atau buah sesuai selera
- Vanila secukupnya

Cara membuat puding susu sederhana:

  1. Campur semua bahan (kecuali nata de coco) lalu masak dengan api kecil. Aduk terus hingga semua bahan tercampur dan gula tidak lengket di panci.
  2. Masak kurang lebih 15-17 menit hingga adonan puding mendidih. Pastikan untuk terus mengaduk dan segera angkat jika puding sudah matang.
  3. Diamkan beberapa saat hingga panas pada puding cukup berkurang lalu cetak pada cetakan yang diinginkan. Taburkan nata de coco di atasnya atau topping lain yang diinginkan.

Nah, itulah beberapa olahan kudapan puding susu yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Cara membuat puding susu terbilang mudah karena bahan yang disiapkan sebelumnya juga terseda di toko dan aneka bahan kue terdekat. Bagaimana pengalaman kamu dalam menikmati hidangan puding manis, lembut, dan kenyal ini? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar