Cara Membuat Mie Lidi Goreng dan Mentah Sendiri di Rumah, Jajanan Jadul yang Pedasnya Nendang

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 7 Desember 2020 23:05
Cara Membuat Mie Lidi Goreng dan Mentah Sendiri di Rumah, Jajanan Jadul yang Pedasnya Nendang
Cara membuat mie lidi bisa kamu mulai cuman dengan sebungkus spagetti lho

Cara membuat mie lidi sendiri bisa kamu temukan dengan mudah di internet. Tapi, yang mana nih yang bakalan berhasil?

Unuk kamu anak tahun 90-an pasti tahu bangt deh jajanan ini. Seperti namanya, ini adalah jajanan yang berbentuk seperti mie namun tegak dan kaku bagaikan lidi. Teksturnya garing kriuk dan renyah dengan rasa pedas dari bumbu cabe yang berwarna merah. Biasanya nih yang jadi favorit adalah mie lidi dengan bumbu pedas yang nampol banget.

Cuman karena namanya jajanan yang dibeli nih, pasti ada kekhawatiran dong apakah bahan yang digunakan tak mengandung pewarna, pengawet atau penguat rasa? Nah kalau gitu gimana kalau misalnya kita coba cara membuat mie lidi sendiri di rumah? Dengan begitu kita nggak akan khawatir deh dengan keberadaan bahan-bahan yang nggak diinginkan.

Dikutip dari berbagai sumber, yuk simak gimana cara membuat mie lidi berikut ini.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Mie Lidi Goreng

Cara Membuat Mie Lidi © Diadona

Yang sering kita ketahui, mie lidi adalah jajanan khas anak-anak. Namun ternyata yang disebut dengan mie lidi adalah juga merupakan mie yang bisa diolah menjadi berbagai bentuk masakan layaknya mie bihun, mie so'un dan lainnya. Bentuknya bisa kamu lihat dalam gambar berikut ini nih.

Mie lidi ini berasal dari daerah Sumatera Utara dan diproduksi dalam berbagai macam ukuran untuk berbagai kebutuhan. Mie lidi ini biasanya dimasak untuk membuat mie goreng, mie gomak dan olahan lainnya. Cara membuat mie lidi goreng misalnya, menjadikannya mirip dengan masakan mie Aceh. Pernah mencicipinya nggak nih?

Dikutip dari akun cookpad Hasnul Habiba, berikut resep dan cara membuat mie lidi goreng:

Bahan

Mie Lidi

Bumbu dihaluskan

- 3 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 2 butir kemiri
- Garam

Bahan Tambahan

- Daun bawang
- Seledri
- Kecap manis secukupnya
- Saus tiram secukupnya
- Potongan ayam yang sudah dilumuri jeruk nipis

Cara membuat mie lidi goreng

Pertama, rebus mie sampai lunak, trus rendam dengan air dingin. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak dalam air rebusan untuk mencegah mie saling lengket satu sama lain. Kenapa kudu direndam dengan air dingin? Biar mie lidi nggak mengalami pelunakan lebih lanjut lagi.

Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus dengan potongan ayam. Trus masukkan mie, tambahkan saus tiram dan kecap.

Aduk mie sampai merata namun dengan hati-hati jangan sampai cara membuat mie lidi goreng ini terlalu benyek ya karena akan merusak penampilannya.

Cara membuat mie lidi goreng lainnya juga bisa kamu contek dari resep Yana Kellen berikut ini:

Bahan:

- 2 buah tomat potong sesuai selera
- 2 batang bawang pre diiris halus
- 5 batang daun sop diiris halus
- 2 siung bawang merah diiris
- 250 gram toge
- 250 gram kol potong sesuai selera

Bumbu dihaluskan

- 10 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 2 cm jahe
- 5 butir kemiri
- 50 gram cabai merah
- 10 cabai kering
- Kecap manis dan kecap asin
- Garam
- Secukupnya lada

Cara membuat mie lidi goreng diawali dengan merebus mie lidi sampai matang, trus tiriskan dan siram dengan air bersih sampai air kuningnya mengalir.

Lalu panaskan wajan, masukkan minyak secukupnya. Setelah minyak panas, bawang yang sudah diiris dimasukkan dalam minyak tersebut trus masukkan bumbu yang udah dihaluskan.
Oseng sampai bumbu menjadi harum. Lalu masukkan sayuran dimulai dari yang paling keras.
Saat sayuran sudah matang, masukkan mie, bawang pre dan daun sop. Aduk sampai bumbu merata trus tambahkan kecap manis atau kecap asin.

Dan, jadi deh! Cara membuat mie lidi goreng sudah selesai dan mie siap disajikan.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Mie Lidi Sendiri

Cara Membuat Mie Lidi © Diadona

Camilan mie lidi yang pedas dan gurih tersebut bisa kamu bikin sendiri di rumah lho. Meskipun cara membuat mie lidi ini agak ribet layaknya membuat mie mentah, tapi kamu bisa mengontrol bahan apa saja yang kamu masukkan sehingga menghindari penggunaan bahan tambahan pangan yang tak kamu kehendaki.

Bahan:

- 250 gr tepung terigu protein tinggi, contohnya merk Cakra Kembar
-60 ml air
- 2 butir putih telur
- 30 gr tepung sagu
- 1/4 sendok teh Penyedap rasa
- 1/2 sendok teh baking powder

Bahan Taburan

- 1 sendok Bubuk balado
- 1 sendok Bubuk cabai
- 25 gr Tepung sagu

Bubuk balado dan bubuk cabai dalam cara membuat mie lidi tersebut bisa kamu dapatkan di toko bahan makanan

Cara Membuat Mie Lidi

Pertama, campur bahan tepung terigu, tepungs agu, baking powder, penyedap rasa juga garam dalam satu wadah terus aduk sampai merata.

Selanjutnya amsukkan putih telur, tambahkan tepung terigu dan ueni sampai rata. Tambhakn air sedikit demi sedikit sampai tercampur rata, diamkan sekitar 15 menit.

Tambahkan air, uleni lagi sampai tercampur rata. Selanjutnya diamkan sampai 15 menit.
Adonan digiling menggunakan mesin penggilingan dengan ketebalan antara nomor 1 sampai nomor. Sebelum mengganti ketebalannya, pasytikan untuk menggilingnya 2-3 kali di masing-masing ketebalan. Misalnya nih pada keteblan 1, lakukan penggilingan sampai 3 kali, pada ketebalan kedua, lakukan penggilingan sampai tiga kali begitu seterusnya untuk mendapatkan adonan yang rata dan mulus.

Selanjutnya, masukkan ke dalam mesin penggilingan khusus untuk mie lidi sehingga menghasilkan bentuk seperti lidi, lalu potong dengan panjang sekitar 10 sentimeter. Bila alat yang kamu miliki nggak tersedia dalam mode tersebut, maka kamu harus memotongnya secara manual.

Lalu panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Usahakan menggunakan wajan besar sehingga mie lidi tetap lurus ketika digoreng. Goreng mie sampai matang.

Cara membuat mie lidi selanjutnya yakni dengan menaburkan bahan taburan secara merata ke dalam mie. Dan, jadi deh!

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Mie lidi dari Spagetti

Mie lidi © Diadona

Males ribet? Nggak punya alat untuk menggiling adonan? Tenang aja, kamu bisa mencoba cara membuat mie lidi menggunakan spagetti kok.

Bahan yang digunakan:

- 1 bungkus La fonte pronto spagetti
- Minyak goreng
- Bumbu cabe atau Bon Cabe

Cara membuat Mie Lidi dari spagetti ini gampang banget kok, tinggi goreng spagetti La Fonte di api sedang sampai terendam seluruhnya. Goreng sampai kecoklatakan, trus segera angkat dan tiriskan.

Usahakan agar tak ada sisa minyak dari mie lidi tersebut dengan memberikan alas berupa tissue untuk menyerap sisa minyak, lalu taburi dengan bumbu. Mie lidi untuk camilan siap dinikmati deh!

Beri Komentar