Cara Membuat Gelato Tanpa Mesin Es Krim di Rumah, Mudah Anti Ribet

Reporter : Kurnia
Senin, 27 September 2021 09:24
Cara Membuat Gelato Tanpa Mesin Es Krim di Rumah, Mudah Anti Ribet
Es krim classik dari Italia

Apa sih bedanya es krim biasa sama gelato dari Italia?

FYI nih, Gelato itu adalah salah satu kata dari bahasa Italia untuk es krim dengan tekstur yang lebih padat dan halus daripada es krim dari Amerika. Selain itu, Gelato juga memiliki jumlah lemak yang lebih rendah karena komposisi susu versus krim yang lebih tinggi dan diaduk lebih lambat dari es krim pada umumnya yang memasukkan lebih sedikit udara. 

Nah, karena itulah Gelato lebih kaya rasa dengan tekstur sangat lembut dengan krim yang lebih sedikit. Nggak heran deh kalau Gelato bisa langsung meleleh di mulut pada foodies.

1 dari 5 halaman

Bahan dasar dari gelato adalah custard krim yang terbuat dari susu murni dan terkadang juga ditambahkan kuning telur untuk memberikan warna kekuningan cerah pada es krim. 

Selain itu, Gelato disajikan pada suhu yang lebih hangat daripada es krim biasanya. Karena hal itu, Gelato juga membutuhkan bahan yang berbeda untuk mencegahnya meleleh terlalu cepat yang diperkaya dengan susu bubuk untuk menjaga stabilitas.

Nggak perlu jauh-jauh ke Italia atau pergi ke kafe untuk menicipi lembutnya Gelato klassik, kamu bisa bikin sendiri di rumah lho. Daripada semakin ngiler, yuk intip resep dan ikuti cara membuatnya.

2 dari 5 halaman

Bahan-bahan:

- 2 ½ cangkir (20 ons) susu murnia

- 1 sdm ekstrak vanilla

1/3 cangkir (3 ons) gula halus

- ¼ cangkir (2 ons) susu bubuk skim

- 4 kuning telur besar

Dilansir dari thespuceeats.com, ikuti cara mudah membuat Gelato berikut ini ya Diazens.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Custard

1. Pertama-tama, hangatkan susu dalam panci besar dengan satu sendok the ekstrak vanilla, 2 sendok the gula halus, dan susu bubuk. Aduk perlahan sampai rata.

2. Kecilkan api dan didihkan selama 5 menit. Angkat dari atas kompor dan biarkan meresap sambil menyiapkan bahan selanjutnya.

3. Tempatkan kuning telur ke dalam mangkuk mixer. Tambahkan sisa ekstrak vanilla dan gula. Kocok selama 10 menit sampai telur menjadi lebih ringan, mengembang, dan volumenya meningkat.

4. Letakkan mangkur pencampur yang cukup besar untuk menampung custard ke dalam freezer atau dinginkan mangkuk dengan es batu.

5. Panaskan kembali campuran susu sampai hangat tetapi tidak terlalu panas atau bahkan sampai mendidih untuk menghindari mengentalkanya custard.

6. Tuang cairan perlahan di atas telur sambil dikocok dengan mixer dengan kecepatan sedang. Lakukan secara perlahan dan santai.

7. Kembalikan puding ke dalam panci dan letakkan di atas api kecil. Aduk terus dan masak perlahan dan perlahan sampai campuran cukup mengental untuk melapisi bagian belakang sendok logam.

8. Tuang custard ke dalam mangkuk dingin dan terus aduk sampai custard dingin.

4 dari 5 halaman

Langkah membuat Gelato

1. Tuangkan Gelato ke dalam bak plastik dengan penutup yang pas. Masukkan ke dalam freezer selama 30 menit.

2. Keluarkan custard dan kocok dengan garpu, pengocok tangan, atau mixer tangan elektrik untuk memecah custard menjadi konsistensi yang halus. Lakukan ini 3 atau 4 kali setiap 30 menit.

3. Simpan Gelato dalam bak plastik dengan penutup yang pas.

4. Keluarkan Gelato dari kulkas 10 menit sebelum disajikan.

Beri Komentar