Cara Membuat Bawang Hitam dengan Magic Com, Rice Cooker dan Tradisional secara Mudah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 21 Desember 2020 16:42
Cara Membuat Bawang Hitam dengan Magic Com, Rice Cooker dan Tradisional secara Mudah
Carq membuat bawang hitam sama sekali nggak ribet, cuman memerlukan kesabaran yang super lebar aja kok.

Cara membuat bawang hitam ternyata nggak sesederhana membakarnya sampai gosong dan berubah warna. Ternyata, bawang hitam didapat dari proses fermentasi bawang putih biasa lho.

Makanan ini sedang populer banget dengan manfaat kesehatannya. Di Korea dan Thailand, bawang hitam sudah dikenal sejak dulu lho akan manfaat kesehatan yang dikandungnya, dan makin meluas hingga ke negara di Asia, Eropa dan Amerika. Di Indonesia sendiri, kepopulerannya meningkat baru-baru ini.

Bawang hitam punya kandungan antioksidan tang tinggi banget dan nutrisi lain yang lebih banyak ketimbang bawang putih biasa. Dikutip dari live Strong, black garlic punya kandungan flavonoid, senyawa fenolik dan antioksidan lainnya yang lebih tinggi ketimbang bawang putih biasa serta kandungan karbohidrat yang lebih rendah karean berkurang selama cara membuat bawang hitam.

Kandungan polifenol pada black garlic 9,3 kali lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih segar. Sedangkan tingkat S-allyl-sistein dalam bawang putih hitam meningkat 4,3 sampai 6,3 kali lipat selama pemrosesan. S-allyl cysteine ??(SAC) sendiri adalah suatu senyawa organik dalam bawang putih yang melindungi terhadap stres oksidatif dan peradangan.

Bawang ini bisa dikonsumsi langsung layaknya camilan atau ditambahkan pada makanan sebagai penyedap. Cari tahu yuk gimana cara membuat bawang hitam dari berbagai sumber yang udah dikumpulkan Diadona berikut ini:

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Bawang Hitam

Cara Membuat Bawang Hitam © Diadona

Bawang hitam sebenarnya tidak dibuat dengan proses fermentasi karena tidak melibatkan mikroorganisme. Hanya saja, bawang putih ditempatkan pada suhu hangat tertentu selama beberapa waktu. Nggak ada trik khusus dalam cara membuat bawang hitam tersebut. Pemberian panas sekitar 60 derajat celcius selama lebih dari 4 minggu selama kurun waktu tertentu bakalan mengubah bawang putih segar menjadi bawang putih hitam akibat terjadinya reaksi maillad.

Apakah itu?

Reaksi maillard adalah reaksi yang menimbulkan warna coklat pada bahan makanan akibat adanya reaksi antara gula pereduksi dengan gugus asam amino bebas dari asam amino. Reaksi maillaird bisa dengan mudah ditemukan pada banyak makanan misalnya kentang goreng yang berwarna kecoklatan, dan lainnya.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Bawang Hitam dengan Magic Com

Membuat bawang hitam bisa dilakukan dengan kotak yang memberikan suhu hangat secara merata dalam waktu yang lama. Beberapa peralatan yang bisa kamu manfaatkan adalah magic com.

Membeli kotak fermentasi dalam cara membuat bawang hitam adalah jenis investasi kesehatan yang bagus. Tapi untuk langkah yang lebih hemat dan sederhana, kamu bisa menggunakan peralatan yang sudah ada di rumah seperti magic com atau rice cooker. Prosesnya mudah kok, meskipun memerlukan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang manis.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Bawang Hitam dengan Rice Cooker

Cara Membuat Bawang Hitam © Diadona

Selain dengan Magic Com, cara membuat bawang hitam juga bisa dilakukan dengan menggunakan rice cooker. Ikuti langkahnya berikut:

Pertama, bersihkan kotoran dari umbi bawang putih dengan menggosok umbi secara lembut menggunakan spons yang bersih dan tidak terpakai.Jangan mencabut siung dari umbi plus jangan mencuci atau membasahi umbi karena ini akan mengganggu prosesnya

Setel rice cooker dalam mode 'warm'. Pengaturan ini bakalan ngasih suhu dan kelembaban yang tepat untuk proses dalam cara membuat bawang hitam.

Masukkan umbi bawang putih yang utuh dan nggak dikupas ke dalam panci rice cooker. Jangan sampai terlalu penuh ya, sisakan ruang yang cukup anatr umbi biar nggak bersentuhan, trus tutup rice cooker.

jalankan proses tersebut sampai bawang menjadi hiitam dan lunak, kira-kira 2-3 minggu. Selama cara membuat bawang hitam tersebut, periksa rice cooker sesekali untuk memastikan pengaturannya masih 'warm', dan tersambung.

Kalau bawang hitam udah siap nih, simpan di dalam wadah kedap udara. Bawang hitam ini bisa bertahan sampai tiga bulan lho. Saat akan mengkonsumsinya, cukup ambil siung seperlunya.

Karena cara membuat bawang hitam dilakukan di dalam rice cooker, gimana kita tahu kapan bawang htam sudah siap dikonsumsi?

Gini, pada minggu pertama dalam cara membuat bawang hitam, kamu mungkin akan melihat bagian bawah umbi bawang putih yang berwarna kecoklatan seperti hangus. Ini adalah efek panas yang mengenai kulitnya yang tipis. Trus setelah sekitar 2 minggu, umbi ini bakalan berwarna hitam dan keras. Selama satu minggu kemudian, umbi bawang putih bakalan mengerut sehingga lapisan kulit luarnya terlepas. Di saat inilah kamu bisa memeriksa kematanganya.

Tekan apakah daging bawang putih ni sudah cukup lunak. Bawang putih hitam yang udah matang bakalan lembut kayak spons dan kenyal, mirip seperti kurma.

Dan satu hal yang harus kamu perhatian dalam cara membuat bawang hitam adalah keberadaan aroma bawang yang akan sangat mengganggu di waktu-waktu awal proses pembuatannya. Untuk itu, kamu bisa menyiasatinya dengan meletakkan rice cooker di ruangan dengan ventilasi yang baik.

Selain itu penting juga nih untuk membungkus bawang dengan menggunakan aluminium foil sampai benar-benar tertutup seluruhnya. Ini untuk mencegah bawang mengering dan mempertahankan kelembaban alami bawang.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Bawang Hitam Tradisional

Cara Membuat Bawang Hitam © Diadona

Cara membuat bawnag hitam dengan tradisional berarti menggunakan peralatan dan sumber panas alami. Peralatan yang kamu butuhkan hanyalah wajan tebal atau teflon serbaguna dan alas dandang yang berlubang-lubang.

Cara membuat bawang hitam tradisional diawali dengan menyusun bawang putih di atas alas dandang, trus tempatkan di dasar wajan.

Selanjutnya tutup wajan, tempatkan di atas kompor dengan api lilin menyala. No, bukan menggunakan lilin ya melainkan api kompor paking kecil yang berbentuk seperti lilin. Proses 'pemasakan ini akan berlangsung selama kurang lebih 20 hari.

Secara umum nih untuk menghasilkan bawang hitam dengan kualitas terbaik, cara membuat bawang hitam dilakukan selama kurang lebih 80-90 hari. Semakin lama, konon nutrisi yang didapatkan semakin baik, meski banyak juga yang melakukan proses pemanasan tersebut selama 40 hari aja.

Beri Komentar