Blue Java Banana, Pisang Unik Berwarna Biru yang Rasanya Seperti Es Krim Vanila, Mau Coba?

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 24 Februari 2020 06:00
Blue Java Banana, Pisang Unik Berwarna Biru yang Rasanya Seperti Es Krim Vanila, Mau Coba?
Kalau pisang biasanya berwarna hijau atau kuning, tapi ternyata ada juga pisang berwarna biru yang tumbuh subur di daerah tropis.

Siapa yang nggak kenal dengan buah pisang. Buah yang banyak ditemui di Indonesia ini mnemang banyak yang suka karena rasanya yang manis dan teksturnya lembut. Pisang sangat tumbuh subur di daerah tropis.

Jika kita mengenal pisang biasanya berwarna hijau atau kuning, namun kali ini kita akan melihat pisang yang berwarna biru tosca. Namanya Blue Java Banana. Salah satu varietas pisang dengan warna biru yang unik.

1 dari 3 halaman

Buah Tropis

Pisang Biru Jawa © Diadona

Blue Java Banana sebenarnya bukanlah jenis varietas pisang baru. Jenis pisang ini telah ditanam oleh para petani pisang di Hawaii sejak tahun 1920-an.

Apakah pisang ini berasal dari Pulau Jawa? Ternyata enggak. Meskipun punya nama tengah Java, pisang biru ini bukan berasal dari pulau Jawa Indonesia. Pisang ini berasal dari Hawaii dan memang bisa tumbuh dengan baik di daerah iklim tropis yang cenderung dingin.

Meskipun tumbuh di daerah tropis, namun Blue Java ini adalah tanaman yang tahan dengan suhu dingin. ukurannya juga sangat besar mirip pisang kepok.

2 dari 3 halaman

Punya Rasa Mirip Es Krim Vanila

Ilustrasi Ice Cream Vanilla © Diadona

Blue Java Banana ini juga dikenal dengan sebutan Ice Cream Banana atau pisang es krim karena punya rasa yang mirip es krim dan tekstur lembut seperti es krim. Pisang ini cocok sebagai campuran bahan makanan, smoothies, ataupun jadi toping dan makanan manis lainnya.

3 dari 3 halaman

Harga

Untuk harganya sendiri memang berbeda dengan pisang pada umumnya. Biasanya satu sisir pisang kepok dijual dengan harga sekitar Rp 17.000. Kalau pisang biru ini dijual dengan harga mencapai Rp 175 ribu. Hmm, memang lebih mahal sih. 

Nah, tertarik untuk mencoba pisang unik ini? Silahkan tulis di kolom komentar, ya.

Beri Komentar