Bentuknya Mirip, Ini lho Perbedaan Kunyit, Jahe, Kencur dan Lengkuas yang Sering Salah Kaprah!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 4 Agustus 2020 16:20
Bentuknya Mirip, Ini lho Perbedaan Kunyit, Jahe, Kencur dan Lengkuas yang Sering Salah Kaprah!
Siapa nih yang masih salah?

Indonesia merupakan surga bagi rempah-rempah. Tak heran jika zaman dulu bangsa Portugis rela jauh-jauh dari Eropa ke Indonesia hanya untuk bisa mendapatkan rempah-rempah.

Hingga saat inipun, rempah-rempah masih sering kita temui di pasar. Tapi, pernah nggak sih kamu salah mengira jenis-jenis rempah ini? Bisa nggak kamu bedain mana yang jahe, mana lengkuas, mana kunyit, dan mana kencur?

Kali ini, diadona.id akan membahas tentang perbedaan keempat rempah-rempah ini. Apa aja itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

1. Jahe

Ilustrasi Jahe © Diadona

Jahe memiliki bentuk seperti jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Jahe memiliki rasa yang pedas yang ditimbulkan dari senyawa keton 'zingeron'. Jahe sering dijadikan bahan serbuk kering untuk minuman tradisional.

2 dari 5 halaman

2. Kunyit

Kunyit © Diadona

Kunyit ata kunir dalam bahasa jawa juga terkenal sebagai rempah yang sering digunakan sebagai campuran minuman herbal. Kunyit memiliki warna oranye kecoklatat dengan warna terang agak kuning kehitaman.

Warna dagingnya oranye kekuningan dengan bau khas dan rasa agak pahit pedas. Rimpang kunyit umumnya bercabang dan membentuk rumpun. Kunyit memiliki nama ilmiah curcuma domestica dan berasal dari zingiberaceae dan genus curcuma.

3 dari 5 halaman

3. Kencur

Ilustrasi Kencur © Diadona

Kencur juga merupakan salah satu rempah yang sering digunakan sebagai obat tradisional. Kencur banyak digunakan sebagai obat batuk yang bisa mengencerkan dahak.

Kencur memiliki kulit berwarna putih, coklat muda hingga coklat tua. Akar serabut biasanya tumbuh dari rimpang. Bentuk rimpang bulat, bagian tengah berwarna putih dan pinggirnya coklat kekuningan. Ukuran rimpang juga pendek, bercabang-cabang dan berbau harum. Kencur punya rasa yang pedas dan khas.

4 dari 5 halaman

4 Lengkuas

Lengkuas © Diadona

Lengkuas atau laos kerap digunakan sebagai pelengkap masakan. Rimpang lengkuas cukup tebal, berdaging, berbentuk silindris, dengan diameter sekitar 2-4 cm dan bercabang.

Bagian luar rimpang memiliki warna coklat kemerahan. Daging rimpang tua memiliki serat kasar. Rasanya tajam dan pedas dengan sensasi bau harum dari minyak atsirinya.

Beri Komentar