Asal-usul Es Laksamana Mengamuk dan Resepnya yang Simple plus Gampang

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 1 November 2023 11:29
Asal-usul Es Laksamana Mengamuk dan Resepnya yang Simple plus Gampang
Es yang bisa marah-marah ya cuma Es Laksamana Mengamuk ini~

Es Laksamana Mengamuk adalah salah satu kuliner Indonesia yang namanya cukup unik. Alih-alih sebuah nama sebuah es, ini lebih ke sebuah informasi jika ada seseorang yang sedang beraksi atas hal yang tidak disukai terus mengamuk.

Nama minuman ini semakin naik daun setelah menjadi minuman yang disajikan Presiden Jokowi saat menjamu Capres di Istana Negara. Lantas, seperti apa sih es Laksamana Mengamuk ini?

Asalnya dari mana, cara membuatnya seperti apa, dan yang nggak kalah penting, sejarah di baliknya seperti apa sih? Yuk simak ulasannya di bawah ini ya, Diazens.

1 dari 4 halaman

Sejarah Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk © Diadona

Melansir dari berbagai sumber, tidak ada catatan sejarah yang menuliskan terkait Es Laksamana Mengamuk ini. Adanya, hanya cerita rakyat dari mulut ke mulut yang beredar di masyarakat Melayu di Provinsi Riau.

Ya, Es Laksamana Mengamuk ini adalah minuman asli dari Riau. Minuman ini sudah menjadi minuman orang Melayu secara turun temurun. Lantas, dari mana asal nama Es Laksamana Mengamuk ini?

Jadi, nama ini datang dari cerita rakyat yang sudah beredar cukup lama. Ceritanya, seorang Laksamana dikisahkan mengamuk di perkebunan mangga kweni. Konon, ia mengamuk karena konflik keluarga yang terjadi.

2 dari 4 halaman

Laksamana tersebut mengamuk karena istrinya dibawa lari pemilik kebun mangga kuweni itu. Kemudian sang laksmana menebaskan pedangnya ke seluruh penjuru sampai puluhan buah mangga kweni hancur akibat kemarahannya.

Nah, lalu, setelah sang Laksamana pergi, orang di sekitar kebun bingung harus berbuat apa melihat begitu banyak manga kweni yang banyak tercecer tersebut. Hingga kemudian ada seorang wanita mencampurkan buah mangga kweni dengan santan, serta gula merah maka jadilah minuman segar yang langsung dinikmati seluruh masyarakat kampung.

Dari situlah lahir nama es Laksamana Mengamuk, Diazens. Sudah tahun kan sekarang gimana asal-usul atau sejarah dari minuman asli Melayu ini.

3 dari 4 halaman

Resep Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk © Diadona

Rasanya kurang afdhol kalau tahu asal-usul sebuah khazanah kuliner baik itu makanan atau minuman tapi tidak mencoba membuatnya. Jadi, langsung saja mari kita membuat Es Laksamana Mengamuk dengan resep di bawah ini.

Bahan Isian:

500 g mangga kweni matang, potong dadu 1 cm
200 g daging buah kelapa muda, keruk memanjang
1 sdt biji selasih, rendam dalam air hingga mengembang, tiriskan
es batu

Bahan Kuah Santan:

600 ml santan dari 1 butir kelapa
½ sdt garam
3 lembar daun pandan, ikat simpul
250 ml air

Bahan Sirup Gula:

250 g gula pasir
¼ sdt garam
2 lembar daun pandan, ikat simpul

Cara Membuat:

Kuah santan: Rebus santan, garam dan daun pandan dalam panci, sambil ditimba-timba hingga mendidih. Angkat, kemudian dinginkan.

Sirup gula: Rebus air, gula pasir, garam dan daun pandan hingga mendidih dan gula larut. Angkat, dan kemudian dinginkan.

Penyajian: Masukkan mangga, kelapa muda dan selasih dalam gelas saji, tambahkan sirup gula dan es batu sesuai selera. Siram dengan kuah santan. Es Laksamana Mengamuk siap dinikmati deh.

Beri Komentar