Salgam, Es Campur Turki yang Isiannya Malah Wortel Sampai Kubis!

Reporter : Nasa
Rabu, 29 April 2020 06:35
Salgam, Es Campur Turki yang Isiannya Malah Wortel Sampai Kubis!
Ini merupakan minuman unik dari Mersin dan Adana, Turki.

Salgam merupakan minuman yang sangat populer di bagian tenggara Turki, seperti di Mersin dan Adana. Tidak seperti minuman lain yang menggunakan buah-buahan manis, salgam ini justru menggunakan sayur-sayuran. Mulai dari wortel sampai dengan kubis.

Uniknya, salgam sendiri dikenal dengan warna identik keunguan. Warna unik tersebut dihasilkan oleh wortel ungu yang diolah bersamaan dengan tepung gandum, garam, dan juga ragi. Wah jadi kebayang ya, rasanya pasti asem-asem gimana gitu.

2 dari 4 halaman

Menyadur dari laman Doyouknow Turki, biasanya orang Turki lebih suka meminum salgam dalam keadaan dingin. ?algam dingin biasanya akan diminum dengan potongan wortel ungu panjang yang biasa disebut dengan ‘tane’.

Ada juga yang mencampurnya dengan sayur-sayuran, seperti wortel, kubis, sampai dengan mentimun. Namun demikian, terdapat banyak cara untuk mengonsumsi salgam ini. Seperti di Adana, penduduk di sana biasa meminumnya sebagai minuman pendamping kebab.

4 dari 4 halaman

Selain itu, salgam juga disebut merupakan minuman pendamping dari alkohol tradisional khas Turki, yakni raki. Namun ?algam sendiri juga bisa dikonsumsi dalam kondisi hangat atau sedikit panas. salgam hangat biasanya diberi sesendok lada merah, agar menghasilkan kehangatan ekstra.

Wah jadi penasaran nih gimana rasanya si salgam ini, kayaknya cocok nih jadi es buat buka puasa.

Beri Komentar