12 Makanan Prancis Terlezat dan Paling Terkenal di Dunia

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 28 April 2020 12:55
12 Makanan Prancis Terlezat dan Paling Terkenal di Dunia
Menggiurkan sekali ya cita rasanya.

Siapa yang tak tahu negara Perancis. Negara dengan ikon terkenalnya Menara Eiffel serta julukan sebagai salah satu tempat paling romantis di dunia. Tak heran jika negara ini menjadi salah satu negara yang selalu dikunjungi banyak wisatawan mancanegara. Daya pikat Perancis bukan hanya berasal dari Menara Eiffelnya, tapi juga kuliner khasnya yang sudah terkenal akan kelezatannya. Makanan Perancis selain memanjakan lidah juga memanjakan mata karena tampilan penyajiannya yang menarik dan artistik

 

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Prancis

Negara dengan ibukota Paris ini selain dikenal sebagai kota mode juga dikenal sebagai pusat kuliner terbaik di benua Eropa. Hidangan khas Perancis terkenal bukan hanya karena cita rasanya, namun juga tampilannya yang artistik. Berikut ini beberapa pilihan makanan Perancis yang terkenal dan harus anda cicipi saat berlibur kesana.


Escargot

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Piggies TO ???? (@piggies_to) on

 


Bisa dibilang, makanan Perancis yang pertama ini sangatlah populer. Namun, kepopuleran dari kuliner ini lebih dikarenakan keunikan bahannya yakni menggunakan siput atau bekicot.

Kuliner asal Perancis yang dikenal dengan nama “escargot” ini digemari bukan hanya karena rasanya yang unik, namun karena cukup bergizi,kaya akan protein, vitamin B2, asam amino yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.


Coq Au Vin

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Joanne | Food & Photography (@theoliveandmango) on

 


Dalam bahasa Perancis, kuliner ini memiliki arti “ayam jantan di wine” dan sesuai dengan namanya ini,Coq au Vin memang merupakan olahan paha ayam yang dimasak dengan anggur merah atau wine bersama beragam bumbu lainnya.

Proses pembuatan makanan Perancis satu ini cukup lama dengan tujuan memastikan rasa dari semua bumbu masakan benar-benar meresap kedalam daging ayam. Tak heran jika kuliner asal Perancis ini menawarkan rasa yang sangat kaya dan lezat.

Confit de Canard

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by La Petite Bette ???? (@lapetitebette) on

 

 

Confit de Canard adalah panganan khas Perancis yang cocok untuk kamu penggemar olahan daging bebek. Dibumbui dengan beragam bumbu-bumbu khas masakan Perancis, daging bebek kemudian di marinasi 24 jam dimatangkan selama paling tidak 36 jam sebelum kemudian dipanggang atau digoreng.

Proses memasak yang panjang ini membuat rasa bumbu yang gurih dan aromanya yang nikmat benar-benar terserap hingga ke dalam daging bebek.

Foie Gras

 

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Chef, Yep! (@chefyep) on

 


Makanan Perancis selanjutnya ini merupakan hidangan yang telah digemari sejak abad pertengahan dan bisa dikatakan sebagai salah satu kuliner paling tua di daratan Eropa.

Terbuat dari bahan utama hati angsa atau bebek, Foie Grass dimasak. dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar bersama bumbu dan saus khas dan terkenal akan rasanya yang sangat gurih.

Sampai saat ini, makanan Perancis ini masih bisa kamu temukan meskipun umumnya dijual dengan harga yang cukup mahal.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Prancis Ratatouille

      View this post on Instagram      

A post shared by lillith (@lillith_k) on

 

 

Tak kalah terkenal dari makanan Perancis sebelumnya, Ratatouille adalah olahan sayur-sayuran yang dibumbui sebelum kemudian dipanggang.

Dahulu, makanan ini dikenal sebagai panganan para petani di musim panas. Namun, kini Ratatouille telah dikenal luas dan kerap disajikan bersama roti, kentang, ataupun nasi dengan bumbu dan bahan yang dimodifikasi.

3 dari 4 halaman

Makanan Prancis yang Terkenal

Untuk kamu yang memiliki rencana untuk berlibur ke Eropa, Perancis jelas menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang tak boleh dilewatkan. Negara yang beribukota di Paris ini memiliki banyak sekali tujuan wisata romantis yang sangat digemari para wisatawan.

Namun, diluar itu Perancis juga menawarkan ragam kuliner khas yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Perancis. Dengan cita rasa khas, beberapa makanan asal Perancis bahkan telah mendunia, lho.

Tertarik cicipi langsung makanan Perancis? Berikut rekomendasi makanan Perancis yang terkenal dengan cita rasa mendunia!

Soupe a l’oignon

 

      View this post on Instagram      

A post shared by @avec.eli on

 

 


Dibuat dari kuah kaldu sapi yang kaya dan diolah bersama bawang putih, parutan keju, dan juga daging ayam, Soupe a L’oignon adalah makanan sup khas Perancis yang memiliki tekstur kental dan rasa gurih.

Sama seperti makanan Perancis sebelumnya, Soupe a L’oignon juga telah dikenal sejak zaman romawi dan kini telah menyebar hingga ke negara-negara lainnya. Umumnya, hidangan khas Perancis ini disajikan berasama garlic bread.

Bouillabaisse

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Johannes King (@johannes_king) on

 


Buat kamu penggemar olahan seafood, makanan Perancis selanjutnya ini bisa jadi pilihan untuk dicicipi. Bouillabaisse sendiri dahulu merupakan makanan olahan para nelayan di Goudes untuk memanfaatkan ikan hasil tangkapan mereka yang tak terjual.

Dicampur dengan kerang dan dimasak bersama sedikit kuah dan berbagai bumbu lainnya, makanan asal Perancis ini kini menjadi salah satu kuliner terkenal yang banyak dicari penggemar kuliner, khususnya pecinta seafood.

Beef Burguignon

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ROBBIE THOMPSON (@_robbiethompson) on

 

 

Beef Burguignon adalah makanan Perancis selanjutnya yang sekilas terlihat seperti kuliner khas Padang, rendang. Tak berbeda dari rendang, kuliner asal Perancis ini juga berbahan daging sapi yang dibumbui dengan beragam bumbu-bumbu.

Salah satu yang membuatnya unik adalah tambahan anggur merah atau wine dalam campuran bumbunya. Kemudian Beef Burguignon dimasak hingga bumbu benar-benar meresap dan daging memiliki tekstur lembut dan lezat.

Farci poitevin

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Aaina Dutt (@aaid_lcb) on

 

 

Berasal dari daerah Poitou-Charentes, Farci poitevin adalah makanan Perancis yang terbuat dari beragam sayur-sayuran dan bahan serta bumbu lainnya yang dibungkus ke dalam kubis.

Umumnya dihidangkan sebagai hidangan pembuka, makanan Perancis satu ini juga kerap dilengkapi sepotong roti sebagai pelengkap. Tertarik mencoba?

4 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Khas Perancis

Sebagai negara dengan destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan panoramanya, Perancis tak lupa untuk memanjakan para wisatawan dengan kelezatan cita rasa makanan khasnya. Apalagi kalau dinikmati dengan menikmati suasan kota yang menarik. Yuk, cari tahu makanan dan minuman khas Perancis yang bisa kamu nikmati saat kamu berkunjung kesana berikut ini.

 

Langue de boeuf

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by seiko k (@sei5517) on

 

 

Terbuat dari bahan utama yang tak kalah unik, Langue de Boeuf adalah makanan Perancis berbahan dasar lidah sapi yang diiris tipis dan dimasak bersama bumbu-bumbu rempah serta potongan sayuran.

Tekstur lembut dan sedikit kenyal berpadu dengan bumbu yang gurih membuat Langue de Boeuf patut untuk dicicipi saat kamu bertandang ke Kota Mode ini.

 

Crème brulee

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ???? L α u ? i α n n ? ???? (@perleensucre) on

 


Untuk hidangan penutup, kamu bisa mencoba Crème brulee yang terbuat dari campuran susu, vanila, dan buah-buahan. Bahan-bahan ini kemudian dimasak menggunakan oven dengan tambahan bumbu pelengkap lainnya, menghasilkan kuliner lembut dengan cita rasa manis yang menyegarkan.

Crepes

 

      View this post on Instagram      

A post shared by CREPESnSHAKES.LA (@crepesnshakes.la) on

 

 


Siapa yang tak kenal panganan asal Perancis satu ini? Crepes yang memiliki tektur renyah berpadu lembut dari adonan tipis dan kerap dilengkapi berbagai macam pilihan topping ini kini telah sangat mudah ditemui di bebagai tempat di dunia.

Beberapa makanan Perancis tersebut tentu sudah pernah kamu dengar karena memang kelezatan cita rasa kuliner Perancis telah mendunia. Makanan Perancis mana yang paling ingin kamu cicipi?

Beri Komentar