Sama-Sama Dipakai Makan, Sumpit Jepang, Korea dan China ternyata Beda, lho!

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 6 Agustus 2020 15:20
Sama-Sama Dipakai Makan, Sumpit Jepang, Korea dan China ternyata Beda, lho!
Apa, ya bedanya?

Sumpit memang dikenal sebagai alat makan yang banyak digunakan oleh orang China, Jepang dan Korea. Mereka kerap menggunakannya sebagai alat makan nasi, mie atau pun memakan makanan padat lainnya.

Sumpit ternyata sudah ada sejak 5.000 tahun lalu dari China. Kemudian alat makan ini mulai menyebar ke Jepang dan juga Korea pada 500 Masehi.

Meskipun sama-sama memakai sumpit. Tahu nggak sih, kalau sumpit yang berada di China, Jepang, dan juga Korea ternyata sangat berbeda. Apa sih bedanya? Melansir dari Pogogi, berikut adalah ulasannya!

1 dari 4 halaman

China

Ilustrasi Sumpit © Diadona

China adalah negara pertama yang menemukan sumpit lebih dari 5.000 tahun lalu. Sumpit sebagian besar terbuat dari kayu yang belum selesai dan memiliki bentuk persegi panjang dengan ujung yang tumpul. Sumpit di China ini lebih panjang dan lebih tebal daripada sumpit di negara Korea dan Jepang.

Karena sumpit di China disajikan dalam restoran berkelas dengan meja yang lebih besar, maka dari itu, masyarakat di China juga membutuhkan sumpit yang lebih panjang untuk mengambil makanan yang agak jauh. Selain itu, sumpit di China juga tidak meruncing di ujungnya seperti sumpit di Jepang dan Korea.

2 dari 4 halaman

Korea

Ilustrasi Sumpit © Diadona

Jika di biasanya sumpit terbuat dari kayu, sumpit di Korea lebih banyak menggunakan stainless steel. Karena stainless steel lebih licin, maka ujung sumpit dibuat kasar. Selain itu, sumpit di Korea lebih pendek daripada sumpit di Korea dan Jepang.

Ternyata ada alasan di balik warga Korea memakai sumpit stainless steel. Dulu, sumpit perak murni banyak digunakan oleh raja Korea. Bahan p[erak akan berubah warna ketika ada yang berusaha meracuni makanan raja.

3 dari 4 halaman

Jepang

Ilustrasi Sumpit © Diadona

Di Jepang bentuk sumpit lebih beragam. Jepang memiliki banyak model sumpit yang digunakan untuk tujuan yang berbeda. Ada yang untuk memasak, makan makanan tertentu, dan lain sebagainya.

Bahan yang digunakan juga cukup beragam, mulai dari plastik, kayu, tulang, logam, bahkan gading. Bentuk sumpit Jepang umumnya bulat di ujungnya dan lebih pendek dari model China. Sumpitnya juga lebih berwarna dan bervariasi serta dirancang dengan banyak detail.

Beri Komentar