5 Wisata Kuliner Surabaya yang Buka Malam, Khas Enak dan Murah Meriah

Reporter : Hevy Zil Umami
Sabtu, 28 Desember 2019 12:21
5 Wisata Kuliner Surabaya yang Buka Malam, Khas Enak dan Murah Meriah
Berkunjung ke Kota Pahlawan ini, tentu akan mengingatkan kembali, bagaimana perjuangan para pahlawan kita dahulu. Namun tak hanya itu, Surabaya akan menyuguhkan kuliner yang akan menggoyang lidahmu.

Surabaya punya banyak sekali sejarah, dari sejarah perang, sampai sejarah makanan. Maka tak heran, jika kota yang dijuluki Kota Pahlawan ini, punya banyak sekali ragam wisata makanan, yang pantut untuk dicicipi. Berikut beberapa tempat makan di Surabaya yang khas, dan enak yang bisa kamu coba.

1 dari 4 halaman

Kuliner Malam Surabaya

Ilustrasi Bubur Ayam Surabaya © Diadona

Lapar kadang tidak mengenal waktu, bisa saja datang saat malam hari. Jika kebetulan kamu sedang berada di Surabaya, jangan takut akan kelaparan di malam hari, karena masih banyak tempat makan yang bukanya malam hari, ini dia.

1. Bubur Ayam Mang Dudung
Bubur ayam ini berlokasi di Jalan Kedungdoro Nomor 107, Kedungdoro, Tegalsari. Kamu akan menemukan gerobak bubur ayam bernama Mang Dudung di sana. Kuliner Surabaya yang ada di malam hari ini buka mulai jam 11 malam, dengan cita rasa buburnya yang khas, dan bisa menghangatkan tubuh saat lapar malam-malam. Dijamin enak dan murah meriah.

2. Bakso Omen
Bakso adalah kuliner yang sangat memanjakan lidah, apalagi dimakan saat malam hari. Jika kamu tiba-tiba ngidam bakso di malam hari, mampirlah ke Bakso Omen, yang terletak di Jalan Raya Darmo Baru Barat 19, tepat berada di depan GKI Dasa, Surabaya. Jenis bakso yang disediakan juga banyak, seperti keju, jamur, urat, dan sebagainya. Kamu bisa mengambil dan mengombinasikannya sendiri. Tempat makan bakso ini mulai buka pukul 20.00 WIB.

3. Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng
Malam hari memang sangat nikmat makan sesuatu yang hangat dan berkuah. Nasi rawon adalah salah satu pilihan menu yang menggoda. Jika kamu sedang berada di sekitaran stasiun Gubeng, kamu bisa datang menikmati nasi rawon di Warung Pojok Moro Seneng, Jalan Pucang Anom No. 17, Kertajaya, Gubeng. Tempat makan ini buka mulai pukul 21.00 WIB.

4. Penyetan Padin
Bagi kamu pecinta pedas dan sedang berada di Surabaya, tidak ada salahnya untuk menantang diri merasakan sambal di Penyetan Padin, yang bisa kamu nikmati dengan banyak sekali jenis lauk yang disediakan. Tempat makan ini berlokasi di Jalan Kranggan No. 26, Bubutan, dan buka 24 jam, lho.

5. Sego Sambel Mak Yeye
Arti dari nama tempat makan ini ialah Nasi Sambal Mak Yeye. Jadi seperti namanya, kamu akan disuguhkan dengan sepiring nasi dengan lauk seperti ayam, tempe dan telur, lalu akan diberikan sambal yang bukan main pedasnya. Jika kamu tidak tahan pedas, tenang saja, kamu bisa sesuaikan level pedasnya dengan seleramu.

Lokasinya berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan Nomor 12, Jagir, Wonokromo. Sego Sambel Mak Yeye buka mulai pukul 21.00 hingga subuh.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Surabaya

Ilustrasi Soto Ayam Lamongan © Diadona

Jika sudah lelah mengunjungi tempat bersejarah di Surabaya, kini saatnya kamu memanjakan lidah, dengan wisata kuliner Surabaya, dengan cita rasa yang akan menggoyang lidahmu.

1. Soto Ayam Lamongan Cak Har
Tempat wisata kuliner soto ayam ini ialah di sekitaran ITS. Tak hanya untuk kalangan mahasiswa, pengunjung dari berbagai kalangan juga datang berbondong-bondong ke Jalan dr. Ir. H. Sokearno (Merr) Surabaya, untuk menikmati kuliner Surabaya yang satu ini. Pasalnya, soto ayam yang dihidangkan selalu berhasil membuat ketagihan dan ramah kantong dengan harga hanya sekitar Rp20.000,00-an.

2. Es Krim Zangrandi
Cuaca Surabaya yang panas, akan sangat impas jika kamu makan yang dingin-dingin. Es krim agaknya adalah pilihan yang tepat. Cobalah untuk mencicipi es krim di Zangrandi. Kedai es krim ini konon sudah ada sejak 1930, dan masih menggunakan resep es krim yang sama hingga saat ini. Tempat kedai es krim ini ialah di Jalan Yos Sudarso, No. 15, Surabaya.

3 dari 4 halaman

Kuliner Khas Surabaya

Ilustrasi Lontong Balap Surabaya © Diadona

Walaupun makin banyak kuliner modern yang hadir, kuliner Surabaya tetap punya banyak kuliner khas andalan. Kuliner Surabaya yang khas ini pun tetap memiliki penggemar setia, makanya tetap dipertahankan. Jika kamu sedang wisata ke Surabaya, tak ada salahnya jika mencicipi aneka kuliner Surabaya ini.

1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut
Kuliner Surabaya satu ini sudah sangat melegenda di Kota Pahlawan. Berdiri sejak 1958 sampi sekarang, sudah menjadi bukti kerja keras dan konsistensi akan standar rasa, dan kualitas bahan yang digunakan. Tempat buka lontong balap Pak Gendut ini ialah di Jalan Prof. Dr. Moestopo 11, Surabaya.

2. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih
Kuliner Surabaya satu ini berupa sate daging sapi, yang dilumuri kelapa parut, sebelum akhirnya dibakar seperti sate pada umumnya. Sudah terbayangkan rasa wangi dan gurih khas kelapa, yang akan memenuhi mulut. Tempat sate klopo Ny. Asih ini berlokasi di Jalan Walikota Mustajab No. 36, Ketabang, Genteng, Surabaya.

3. Rujak Cingur Ahmad Jais
Masih di daerah Genteng, ada satu tempat yang menjual rujak cingur populer. Tempat ini menjual rujak cingur yang konon punya rasa yang khas. Maka jangan kaget jika kamu akan menemukan antrian yang panjang, saat ada ke sana. Lokasi rujak cingur Ahmad Jais ialah di Jalan Achmad Jais No. 40, Peneleh, Genteng, Surabaya.

4 dari 4 halaman

Tempat Kuliner di Surabaya

Ilustrasi Rawon Setan Surabaya © Diadona

Belum habis sampai di situ, ini dia kuliner Surabaya yang sedang hits, yang bisa kamu coba. Selain bisa menambah pengalaman mengecap rasa bagi lidah, mungkin wisata kuliner Surabaya bisa kamu jadikan ajang pamer bagi teman-teman di media sosialmu.

1. Rawon Setan Mbak Endang
Istilah rawon setan, mungkin sudah sering kamu temui di banyak tempat. Namun kuliner rawon satu ini, adalah tempat rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia.

Selain daging dengan kuah khas rawon, kamu bisa menambah lauk lainnya seperti telur asin, perkedel kentang, tempe, atau empal. Harga untuk seporsi rawon setan ini mulai dari Rp25.000.

2. Depot Bu Rudy
Sambal Bu Rudy sudah sangat populer di kalangan pecinta kuliner Surabaya. Beruntunglah kamu yang sedang berada di Surabaya, karena Depot Bu Rudy berlokasi di Jalan Dharmahusada, No. 140, Surabaya.

Seporsi nasi udang empal, dan sambal bawang Bu Rudy yang terkenal itu, menjadi andalan di tempat ini. Selain sambal bawang, varian sambal seperti sambal terasi, atau sambal ikan peda juga bisa kamu nikmati.

3. Nasi Cumi Waspada
Jika kamu ingin menikmati kuliner Surabaya khas kaki lima, yang berada di pinggir jalan, namun tetap menyuguhkan rasa yang enak dan menggoyangh lidah, kamu bisa mencoba Nasi Cumi Waspada. Tempat kuliner ini ialah di Jalan Wasapada, Pabean, Cantikan, Surabaya, tepatnya di belakang Pasar Atom. Warung ini buka 24 jam.

Beri Komentar