5 Resep Cara Membuat Semur Daging Sapi yang Enak, Kambing, dan Ayam Khas Betawi

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 9 April 2020 23:20
5 Resep Cara Membuat Semur Daging Sapi yang Enak, Kambing, dan Ayam Khas Betawi
Olahan semur daging dengan bumbu rempah yang lezat ini memang nggak bisa ditolak begitu saja. Coba deh buat sendiri di rumah!

Semur merupakan salah satu masakan yang banyak disukai semua kalangan. Ada beberapa bahan yang bisa diolah menjadi sajian nikmat semur dengan khas kuah warna hitam pekat ini, diantaranya seur tahu dan tempe. Tapi, ada salah satu semur yang memang 'the best' dan menjadi rekomendasi masakan keluarga. Yap, semur daging yang lezat dan empuk mampu membuat kita semua tergugah dan ingin segera mencicipinya. 

Cara membuat semur daging cukuplah mudah. Tentunya kamu harus menyiapkan bumbu halus dan beberapa bahan rempah seperti sereh, daun salam, laos, kayu manis, jinten, lada, pala dan jahe. Bumbu rempah inilah yang menjadikan masakan semur daging memiliki aroma dan cita rasa bumbu yang kuat.

Nah, jika kamu termasuk pencinta kuliner Nusantara, maka wajib banget untuk membuat sendiri olahan semur daging ini di rumah. Yuk, nggak boleh mager, segera bergegas ke dapur dan menyiapkan bahan-bahan dari resep cara membuat semur daging yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Semur Daging Sapi yang Enak

Ilustrasi Semur Daging Sapi yang Enak © Diadona

Siapa sih yang bakal bisa menolak kelezatan dari sajian semur daging sapi ini? Nggak perlu ribet dan mahal kok jika hanya sekedar ingin menikmati olahan enak. Kamu bisa banget membuat sendiri semur daging sesuai kreasi dan selera. Yuk simak langsung resep cara membuat semur daging yang enak berikut ini.

Bahan:
- 1 kg daging sapi cuci bersih
- 2 ruas lengkuas iris, geprek
- 2 buah batang serai, geprek, buat simpul
- 3 lembar daun salam
- Secukupnya garam dan gula pasir
- 1 bulatan sedang gula jawa
- Secukupnya kecap manis
- Sedikit masako sapi
- 3 gelas belimbing air

Bumbu halus:
- 1 sdm ketumbar
- 1/2 sdt merica
- 6 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 1 1/2 butir kemiri
- 1 ruas jahe
- 1 buah tomat sedang

Cara membuat semur daging sapi yang enak:

a. Buang bagian lemak daging dan iris tipis sedang berlawan arah dengan tekstur daging. Haluskan semua bumbu. Panaskan minyak goreng di atas wajan lalu tumis semua bumbu halus.

b. Tambahkan irisan tomat, tunggu harum dan tomat layu. Masukkan lengkuas, serai, dan daun salam. Aduk-aduk sebentar kemudian masukan air, masako, gula jawa dan gula pasir.

c. Tunggu gula jawa meleleh dan masukkan daging sapinya. Tambahkan kecap manis aduk lagi lalu tutup wajannya. Jangan laduk masakan agar matang merata.

d. Setelah setengah asat, tambahkan garam lalu aduk lagi. Cicipi masakannya dan cek tekstur daging sebelum matang. Setelah air dirasa cukup menguap. Matikan kompor dan semur daging sapi siap dihidangkan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Semur Daging Betawi

Ilustrasi Semur Daging Betawi © Diadona

Berikut ini merupakan resep cara membuat semur daging Betawi yang sangat pas kamu hidangkan sebagai menu hidangan keluarga. Cara membuat semur daging Betawi ini sangatlah mudah kok. Selengkapnya simak resep berikut ini. Selamat berkreasi!

Bahan:
- 1 kg daging sapi
- 275 ml kecap
- 5 sdm minyak sayur
- Penyedap rasa

Bumbu halus:
- 1 sdm jinten
- 1 sdm lada
- 1 potong pala
- 1 ruas jahe ukuran 5 cm
- 3 siung bawang putih

Bumbu lainnya:
- 3 cm sereh
- 3 lembar daun salam
- 3 cm laos
- 3 cm kayu manis
- 5 siung bawang merah, iris tipis

Cara membuat semur daging Betawi:

a. Rendam daging dan cuci hingga bersih. Masukkan berturut-turut ke dalam panci yang berisi daging, bumbu halus, minyak sayur, bawang merah iris dan kecap. Remas-remas daging hingga bumbu meresap, lalu masukkan bumbu lainnya tanpa menambahkan air.

b. Masak daging semur dengan api kecil, jangan lupa diaduk hingga mendidih, apabila setelah mendidih, dan kuah mengental tetapi daging belum empuk, maka tambahkan air panas. Masak terus hingga kuah meresap dan daging empuk, kemudian beri penyedap rasa sesuai selera. Semur siap disajikan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Semur Daging kambing

Ilustrasi Semur Daging Kambing © Diadona

Selain semur daging sapi, kamu juga bisa membuat olahan semur dengan menggunakan bahan daging kambing. Yap, daging kambing yang umumnya memiliki aroma anyir ini akan memiliki cita rasa yang lezat setelah diolah menjadi sajian semur yang menggoda. Simak saja selengkapnya resep cara membuat semur daging kambing berikut ini.

Bahan:
- 500 gram daging kambing, potong agak tebal 1,5 cm
- 5 siung bawang putih
- 8 siung bawang merah
- 1 sdt lada hitam, sangrai
- 2 butir cengkeh, sangrai
- 1/2 ruas jari jahe
- 1 sdt ketumbar, sangrai
- 10 sdm kecap manis bango
- 1 tangkai serai, memarkan
- 2 lembar daun salam
- Secukupnya kaldu sapi royco
- Secukupnya garam
- Secukupnya minyak untuk menumis
- Secukupnya bawang merah goreng untuk taburan

Cara membuat semur daging kambing:

a. Haluskan 5 siung bawang merah, 8 siung bawang putih, 1 sdt lada hitam sangrai, 2 butir cengkeh sangrai, 1/2 ruas jari jahe, 1 sdt ketumbar sangrai, dan garam. Tumis bumbu halus bersama serai dan daun salam hingga harum kemudian masukkan daging, tumis hingga berubah warna dan tidak berair.

b. Tambahkan air, kecap dan kaldu sapi secukupnya. Aduk rata dan masak hingga daging lunak dengan api sedang. Tes rasa dan kematangan daging. Semur daging kambing siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Semur Daging Ayam

Ilustrasi Semur Daging ayam © Diadona

Selain daging kambing, kamu juga bisa memanfaatkan bahan daging ayam yang sering kita temui. Daging ayam yang merupakan salah satu bahan pilihan karena murah dan ekonomis ini bisa banget kamu olah menjadi semur daging dengan bumbu rempah yang lezat. Sayang banget jika kamu melewatkannya untuk hidangan keluarga. Simak langsung resep mudah cara membuat semur daging ayam berikut ini.

Bahan:
- 1/4 kg ayam
- 1 buah kentang
- 1 buah wortel ukuran kecil
- 3 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- Secukupnya daun bawang
- Secukupnya seledri
- Secukupnya merica
- Secukupnya garam
- Secukupnya gula
- Secukupnya kecap
- 1 potong kecil jahe
- 3 lembar daun salam

Cara membuat semur daging ayam:

a. Rebus ayam hingga mendidih dan tiriskan. Potong-potong ayam menjadi ukuran sedang untuk lauk satu kali makan atau sesuai keinginan. Goreng ayam sampai berwarna keemasan setengah matang lalu sisihkan.

b. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Tumis hingga harum, masukkan air ke dalam panci yang digunakan untuk menumis bumbu. Tambahkan garam, gula, kecap, daun salam, dan jahe yang sudah dimemarkan.

c. Masukkan kentang dan wortel yang sudah dipotong-potong. Tunggu hingga air mendidih. Masukkan ayam, aduk hingga bumbu tercampur rata. Tunggu hingga ayam dan sayur matang, kemudian taburkan irisan daun bawang dan seledri. Semur ayam kecap siap disajikan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Semur Daging Sapi Empuk

Ilustrasi Semur Daging Sapi yang Empuk © Diadona

Resep cara membuat semur daging sapi yang empuk bisa banget kamu praktikkan sendiri di rumah. Dijamin kamu akan menyukai teksturnya yang empuk dengan bumbu rempah semur yang nggak pelit dan meresap sempurna dalam serat daging. Kamu bisa menggunakan bahan nanas madu yang dbiblender halus untuk membantu melunakkan daging. Simak langsung resep cara membuat semur daging sapi empuk berikut ini.

Bahan:
- 1/2 kg daging sapi
- 1/2 buah nanas madu, blender halus
- 2 belas air

Bumbu:
- 6 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 biji kemiri
- 2 cm lengkuas, geprek
- 2 cm jahe, geprek
- 1 batang serai, geprek
- 2 lembar daun salam
- 1/2 sdt ketumbar
- Sejumput lada bubuk
- Secukupnya kaldu jamur dan sapi bubuk
- Secukupnya gula merah
- Secukupnya kecap manis
- Secukupnya garam

Cara membuat semur daging sapi empuk:

a. Bersihkan daging sapi, iris tipis dan rendam dengan pure nanas selama 30 menit, lalu cuci bersih, sisihkan. Haluskan semua bumbu, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan lengkuas, jahe, serai, ketumbar dan daun salam. Aduk-aduk, lalu tambahkan air.

b. Masukkan gula merah, kecap, kaldu bubuk, lada, dan garam, koreksi rasa. Masukkan daging, aduk dan tutup rapat. Masak dengan api kecil agar cepat empuk. Tunggu hingga air menyusut. Koreksi rasa dan tingkat kematangan. Setelah air menyusut dan daging empuk, matikan api dan siap dihidangkan.

Nah, itulah tadi beberapa resep lezat cara membuat semur daging sapi yang enak, kambing, dan ayam khas betawi. Cocok banget kamu hidangkan sebagai menu istimewa untuk keluarga tercinta di rumah. Atau mungkin kamu bisa memasak semur daging ini untuk pacar dan gebetan. Siapa tahu besoknya kamu langsung jadian atau dilamar. Hehe...

Yuk nggak boleh mager dan rebahan mulu! Buat saja langsung di dapur dengan resep cara membuat semur daging lezat ini. Semoga berhasil!

Beri Komentar