5 Resep Cara Membuat Sop Ayam Bening dengan Ceker Sederhana yang Enak

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 6 April 2020 17:51
5 Resep Cara Membuat Sop Ayam Bening dengan Ceker Sederhana yang Enak
Hujan-hujan tuh memang enak makan sensasi olahan yang hangat-hangat. Nge-sop ayam yuk! Coba deh resep mantul berikut ini.

Saat hujan memang kondisi kurang menyenangkan, dongkol dong pastinya kalau kamu sudah mem-planning kegiatan bareng doi ke taman, eh malah hujan lebat. Apalagi doi udah mangkir di depan rumah dan siap berangkat bareng, kan jadi 'syebel'. Eits, udah nggak perlu marah ya, kamu bisa mengubah planning jalan ke luarnya untuk memasak saja di rumah. Coba deh masakain doi dengan menu hangat sop ayam yang cocok dinikmati saat hujan-hujan gini. Hem, tambah sayang dong doi ke kamu. Cocok banget kamu buat, berasa jadi calon istri potensial dan sambil caper-caper gitu ke doi. Barang kali besoknya langsung dilamar, #eh.

Cara membuat sop ayam sanagtlah mudah, kok. Dengan bahan sederhana sop pada umumnya, serta dengan tambahan bahan rempah seperti jahe, kamu bisa menikmati sajian sop ayam sederhana yang hangat dan tentunya lezat buatan sendiri di rumah. Nggak perlu ribet, yuk langsung saja simak resep cara membuat sop ayam yang telah Diadona ulas selengkapnya berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Sayur Sop Ayam

Ilustrasi Sayur Sop Ayam © Diadona

Sayur sop ayam yang hangat ini memang sangat cocok dinikmati. Semua kalangan akan menyukai olahan ayam ini, apalagi ditambah dengan bahan sayuran sop. Hem, semakin nikmat, tuh. Yuk simak saja resep mudah cara membuat sop ayam sayur berikut ini.

Bahan:
- 3 batang daun bawang
- 2 buah tomat
- 400 gram daging ayam, cuci bersih, tiriskan
- 2 buah kentang
- 8 batang buncis
- 2 batang wortel
- 3 lembar daun kol
- 3 batang seledri
- 2 cm jahe di geprek

Bumbu halus:
- 4 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- Secukupnya air
- Secukupnya merica bubuk
- Secukupnya garam
- Secukupnya penyedap rasa
- Secukupnya minyak untuk menumis
- Secukupnya bawang goreng

Cara membuat sayur sop ayam:

a. Siapkan semua bahan dan potong sesuai selera. Masak air hingga mendidih masukkan ayam tunggu 3 menit, angkat ayam, buang airnya, sisihkan.

b. Panaskan air sampai mendidih, masukkan ayam, tunggu sampai mendidih kembali, masukkan 2 batang daun bawang, 2 batang seledri, dan 2 cm jahe geprek.

c. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga matang, masukkan ke dalam rebusan daging ayam, berturut turut, kentang, buncis, wortel, dan masak hingga matang.

d. Tambahkan merica bubuk, garam, penyedap rasa, tes rasa, masukkan tomat iris, kol iris, angkat. Sajikan sayur sop ayam, taburi irisan seledri, dan bawang goreng.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Sop Ayam yang Enak

Ilustrasi Sop Ayam yang Enak © Diadona

Nggak perlu dibikin ribet deh kalau hanya untuk membuat olahan enak dan sederhana di rumah. Buat saja langsung olahan sop ayam yang tentunya cocok dinikmati semua aggota keluarga di rumah. Simak resep selengkapnya cara membuat sop ayam yang enak berikut ini.

Bahan:
- 250 gram ayam, potong dadu
- 2 buah wortel
- 1 buah kentang
- Secukupnya kubis
- 1 1/2 tomat berukuran kecil
- 2 batang daun seledri
- 2 buah sereh digeprek
- 2 cm kayu manis
- 2 lembar daun salam
- 2 ruas jahe digeprek
- 5 lembar daun jeruk buang tangkainya
- Secukupnya gula, garam, kaldu bubuk

Bahan halus:
- 5 siung bawang putih
- 1 sdm merica
- 1 sdt garam kasar

Cara membuat sop ayam yang enak:

a. Haluskan bahan bawang putih, merica dan garam kasar. Potong wortel, kentang, kubis, daun seledri dan tomat sesuai selera. Potong dadu ayam, sisihkan.

b. Tumis bahan halus di atas panci hingga harum. Masukkan sereh, daun salam, daun jeruk, dan jahe. Tumis hingga harum. Masukkan ayam lalu tumis hingga empuk.

c. Masukkan air secukupnya dan kayu manis. Masak hingga mendidih, masukkan wortel dan kentang, rebus selama 7 menit.

d. Masukkan tomat dan sayur kubis. Tambahkan garam, kaldu bubuk, dan gula. Koreksi rasa. Masak hingga matang, sebelum diangkat masukkan daun seledri.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Sop Ayam Sederhana

Ilustrasi Sop Ayam Sederhana © Diadona

Cukup dengan bahan isian ayam, sayur wortel, buncis, kol, dan kentang, kamu sudah bisa membuat olahan sayur sop sederhana di rumah. Kamu tentunya akan menyukai aroma sedap dan kuah ayamnya yang menggoda. Simak langsung resep cara membuat sayur sop ayam sederhana di bawah ini.

Bahan:
- 4 potong ayam ukuran sedang
- 1 buah wortel
- 7 buah buncis
- 1/4 bonggol kol
- 1 buah kentang ukuran sedang
- Secukupnya daun bawang dan seledri
- Garam, gula, dena penyedap rasa

Bumbu halus:
- 2 siung bawang putih
- Merica secukupnya
- Buah pala secukupnya
- 5 siung bawang merah, iris

Cara membuat sop ayam sederhana:

a. Cuci ayam lalu masak dalam air dengan garam secukupnya hingga mendidih. Siapkan bumbu halus lalu masukkan dalam ayamyang sudah mendidih dan masak hingga bumbu matang.

b. Setelah bumbu matang baru masukkan wortel, kentang, buncis, daun kol. Tumis irisan bawang merah dengan sedikit minyak goreng hingga kecoklatan dan wangi.

c. Saat sayuran matang masukan irisan daun bawang dan seledri serta tumisan bawang merah tadi. Tes rasa sesuai selera dan tambahkan garam, gula, bila perlu penyedap masakan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Sop Ceker Ayam

Ilustrasi Sop Ceker Ayam © Diadona

Selain daging ayam, kamu tentunya juga bisa menikmati olahan ceker ayam untuk dijadikan sayur sop dengan kuah hangat yang sedap. Pas banget kamu hidangkan sebagai menu makan keluarga. Simak saja resep cara membuat sop ayam ceker berikut ini.

Bahan:
- 1/4 kg ceker ayam, bersihkan
- 2 buah kentang, potong dadu
- 2 buah wortel, potong bulat
- 5 siung bawang merah, iris tipis
- 4 siung bawang putih, iris tipis
- 4 tangkai daun bawang, ambil bagian putihnya saja, iris tipis
- 1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
- Secukupnya garam
- Secukupnya kaldu bubuk

Bahan pelengkap:
- 6 buah cabe rawit, rebus dan blender
- Secukupnya bawang merah goreng
- 1/2 buah jeruk nipis

Cara membuat sop ceker ayam:

a. Rebus ceker ayam selama 10 menit, buang busa bekas rebusan hingga bersih. Selama merebus ceker, tumis bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan bawang bombay hingga layu dan harum.

b. Masukkan tumisan, garam dan kaldu bubuk ke dalam rebusan ceker. Tambahkan air apabila air terlalu sedikit, masukkan kentang dan wortel ke dalam rebusan.

c. Tunggu hingga ceker setengah matang, kemudian masukkan kentang dan wortel. Masak hingga benar benar empuk sesuai keinginan, tes rasa sesuai selera.

d. Sajikan dengan cabe rawit yang sudah direbus dan diblender, jeruk nipis dan sedikit bawang goreng. Sop ceker ayam siap disajikan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Sop Ayam Bening

Ilustrasi Sop Ayam Bening © Diadona

Jika kamu suka olahan kuah yang bening-bening, tentunya juga bisa dibuat pada olahan sop ayam ini. Nggak perlu ribet, langsung saja berkreasi di dapur dengan resep mudah cara membuat sop ayam bening berikut ini.

Bahan:
- 1/4 ekor ayam bagian paha
- 1 buah wortel
- 1 buah kentang
- 1 iris kol
- Secukupnya buncis
- 1 helai daun sop
- 1 batang daun bawang
- 1 sdm garam
- 1/4 sdm gula
- Penyedap rasa sesuai selera
- 2 sdm minyak goreng untuk menumis
- 1 batang kayu manis

Bumbu halus:
- 6 buah bawang merah
- 4 buah bawang putih
- 2 cm jahe

Cara membuat sop ayam bening:

a. Siapkan bahan, potong ayam dan sayuran sesuai selera dan haluskan bumbu halus. Didihkan air, rebus ayam hingga ayam setengah matang, masukan wortel dan kentang.

b. Tumis bumbu halus hingga bumbu matang, masukan bumbu beserta kayu manis ke dalam air rebusan ayam. Masak hingga ayam dan wortel kentang matang. Masukan buncis dan kol, beri garam dan gula, koreksi rasa sesuai selera.

c. Masukkan daun bawan,  matikan kompor lalu masukan daun sop. Aduk rata, sop ayam bening siap disajikan.

Nah, itulah tadi beberapa resep mudah cara membuat sop ayam bening dengan ceker sederhana yang enak. Cocok banget sebagai menu makan keluarga, apalagi disajikan dalam keadaan hangat. Kuah ayamnya yang sedap dan enak, bisa menjadi penghilang hawa dingin saat hujan. Sop ayam juga bisa menjadi pilihan menu untuk kamu yang sedang flu. Yuk, berkreasi di dapur dengan resep cara membuat sop ayam sederhana dan enak ini.

Baca juga yuk: 10 Resep Cara Membuat Soto Betawi Santan Sederhana Dengan Daging, Ayam, Mie, Dan Babat Yang Enak

Beri Komentar