5 Resep Cara Membuat Semur Ayam Kecap yang Enak dan Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 6 April 2020 21:10
5 Resep Cara Membuat Semur Ayam Kecap yang Enak dan Sederhana
Semur ayam kecap yang manis dengan bumbu rempah bisa banget kamu nikmati di rumah. Yuk simak resep selengkapnya berikut ini!

Semur adalah salah satu hidangan daging rebus yang diolah dalam kuah berwarna coklat pekat dari bahan kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala, dan cengkih. Selain berbahan daging sapi dan kentang, semur juga bisa diolah dari beberapa bahan seperti tahu, tempe, telur, ikan, ayam dan bahan lainnya sesuai selera. Nah, dalam resep kali ini akan dipaparkan cara membuat semur ayam yang enak dan mudah.

Olahan ayam memang menjadi salah satu bahan yang kerap kali menjadi bahan olahan makanan keluarga Indonesia. Apalagi bahan ayam yang diolah menjadi masakan semur, rasa dan aromanya yang kental, manis dan khas rempah-rempahnya nggak bisa ditolak. Kamu temtunya harus mencoba membuat olahan semur ayam ini di rumah. Nah, berikut resep selengkapnya cara membuat semur ayam yang telah Dadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Semur Ayam Kecap

Ilustrasi Semur Ayam Kecap © Diadona

Semur ayam kecap ini memang lezat, rasa manis dan bumbu khas rempah-rempahnya sangat pas dan menggoda. Jika kamu pencinta kuliner Indonesia, maka nggak boleh melewatkan olahan semur satu ini. Yuk, buat saja sendiri dengan berkreasi dengan resep cara membuat semur ayam kecap berikut ini.

Bahan:
- 500 gram ayam potong
- 2 bh kentang (potong cukup besar)
- 1/2 bh tomat
- 1 sdt garam
- 1 sdt lada
- 3 sdm kecap asin
- 70 ml kecap manis
- 1 butir bawang bombay

Bumbu halus:
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 butir kemiri

Cara membuat semur ayam kecap:

a. Haluskan bahan bumbu halus dengan cara diulek agar rasanya lebih keluar. Tumis bumbu halus sampai wangi. Setelah itu masukkan ayam yang telah dicuci ke dalam tumisan tersebut.

b. Tambahkan air hingga semua ayam terendam. Tunggu sampai mendidih. Setelah itu tambahkan sebagian kecap manis, lada, garam, kentang dan bawang bombay.

c. Masak hingga bumbu dan kecap meresap ke dalam ayam. Segera koreksi rasa. Setelah air menyusut, segera tambahkan sisa kecap yang tadi. Masak sebentar, kemudian tambahkan tomat.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Semur Ayam yang Enak

Ilustrasi Semur Ayam yang Enak © Diadona

Semur ayam yang enak dengan aroma bumbu rempah ini memang sangat cocok menjadi sajian makan keluarga tercinta di rumah. Jika kamu bingung untuk mengolah bahan ayam, maka bisa banget untuk membuatnya menjadi ayam semur yang enak menggoda. Berikut resep selengkapnya cara membuat semur ayam yang enak.

Bahan:
- Ayam setengah potong2 sedang
- 2 Bawang merah
- 4 Bawang putih
- 1 sdt Ketumbar
- 2 Kemiri
- 2 Daun salam
- secukupnya Garam,gula,kaldu ayam
- Kecap manis

Cara membuat semur ayam yang enak:

a. Uleg bawang putih, bawang merah, ketumbar dan kemiri. Goreng bumbu yang diuleg tadi sampe wangi dan masukkan ayam yang sudah dipotong.

b. Masukkan air 200 ml kalau kurang boleh tambah dan masukkan garam, gula, kaldu ayam secukupnya, kecap manis dan daun salam.

c. Ungkep sampai matang dan tes rasa sesuai selera. Ungkep sampai air setengah dan ayam empuk dengan api kecil. Angkat dan sajikan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Semur Ayam Sederhana

Ilustrasi Semur Ayam Sederhana © Diadona

Cara membuat semur ayam sangatlah sederhana. Dengan bahan ayam dan beberapa bahan bumbu rempah seperti serai, jahe, ketumbar dan merica, kamu sudah bisa menikmati sajian ayam semur yang nendang di lidah. Yuk langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat semur ayam sederhana berikut ini.

Bahan:
- 1 ekor ayam
- 1 batang serai
- 1 batang jahe
- 1 sdt masako
- 1 sdt gula pasir
- 1 butir kemiri
- 1 bungkus kecap manis
- 1/4 sendok garam
- 1/4 sendok ketumbar bubuk
- 2 siung bawang putih
- 3 lembar daun jeruk
- 5 siung bawang merah
- Sejumput merica kasar

Cara membuat semur ayam sederhana:

a. Potong ayam dengan potongan 10 ukuran sedang, cuci bersih dan geprekan jahe, sisihkan. Uleg halus semua bumbu dan tumis dengan minyak goreng yang telah panas.

b. Aduk bumbu dalam wajan, tuang 1 per 1 ayam kemudian aduk agar bumbu merata, masukan daun jeruk, dan serei. Tambahkan air dan tutup, biarkan ayam mendidih dan air menyusut.

c. Jika ayam telah menyusut, masukkan masako dan gula, aduk rata, tuang kecap, kecilkan api, biarkan ayam menyusut sedikit dan semua bumbu meresap.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Semur Ati Ayam

Ilustrasi Semur Ati Ayam © Diadona

Bahan ati dan ampela dari ayam juga bisa kamu olah menjadi semur yang enak. Sama dengan membuat semur pada umunya, kamu bisa menambahkan bahan daun salam, sereh, lengkuas, kunyit, kayu manis, kemiri, merica dan ketumbar. Yuk, langsung saja deh simak resep mudah cara membuat semur ayam ati berikut ini.

Bahan:
- 5 buah ati ampela ayam
- Segelas air
- Daun salam
- 1 batang sereh
- lengkuas, geprek
- Kunyit
- Kecap manis
- Secukupnya gula merah

Bumbu halus:
- 4 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- Garam
- 2 butir kemiri
- Merica
- Ketumbar
- 5 buah cabe merah

Cara membuat semur ati ayam:

a. Cuci bersih ati ampela ayam. Rebus dengan daun salam dan sereh. Setelah matang kemudian tiriskan dan goreng sebentar.

b. Siapkan panci, beri sedikit minyak untuk menumis bumbu halus. Tumis bumbu halus sebentar masukkan daun salam, sereh dan lengkuas. Kemudian tambahkan air, kecap, dan gula merah.

c. Setelah mendidih, masukkan ati ampela yang sudah disiapkan. Tunggu sampai bumbu meresap atau air menyusut. Koreksi rasa dan siap disajikan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Semur Ayam Tahu

Ilustrasi Semur Ayam Tahu © Diadona

Selain ati ampela, kamu juga bisa menambahkan bahan tahu dalam olahan semur ayam yang enak ini. Yap, nggak perlu dibikin ribet dan susah untuk menyajikan olahan makanan yang enak. Buat saja sajian semur ayam dengan tambahan bahan tahu ini di rumah. Berikut resep selengkapnya cara membuat semur ayam tahu. Selamat berkreasi!

Bahan:
- 250 gram ayam
- 2 balok tahu
- 1 batang sereh, geprek
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- Secukupnya kecap manis
- Secukupnya gula
- Secukupnya garam
- Secukupnya air

Bumbu halus:
- 6 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 buah cabai merah besar
- 3 buah cabai kecil
- 1 ruas kunyit
- 1 ruas jahe
- 1 sdt ketumbar bubuk
- 2 butir kemiri
- Secukupnya lada bubuk
- Sedikit pala

Cara membuat semur ayam tahu:

a. Tumis bumbu halus bersama dengan serai, daun jeruk, dan daun salam hingga harum. Masukkan ayam, aduk hingga bumbu membalur semua permukaan ayam, tambahkan kecap, gula, dan garam secukupnya.

b. Tambahkan air hingga ayam terendam. Saat ayam mulai empuk, masukkan tahu goreng, koreksi rasa. Masak hingga bumbu meresap dan ayam matang sempurna.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat semur ayam kecap yang enak dan sederhana sendiri di rumah. Dijamin kamu pasti akan suka dan bakal ketagihan dengan rasa dan aroma khas bumbu rempahnya. Yuk segera persiapkan bahan-bahan resep cara membuat semur ayam ini, ya!

Baca juga yuk: 10 Cara Membuat Nugget Ikan Tongkol, Lele, Tuna, Patin, Tenggiri, Bandeng, Gabus, Nila Dan Kakap

Beri Komentar