5 Resep Cara Membuat Pempek Tanpa Ikan dengan Telur Panggang Sederhana Khas Palembang

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 24 April 2020 21:18
5 Resep Cara Membuat Pempek Tanpa Ikan dengan Telur Panggang Sederhana Khas Palembang
Pempek sederhana tanpa bahan ikan bisa Moms buat di rumah dengan mudah. Simak langsung resep selengkapnya berikut ini.

Pempek merupakan makanan khas Palembang yang umumnya dibuat dengan bahan ikan giling dan tepung kanji. Beberapa komposisi bahan lainnya seperti telur, bawang putih, penyedap rasa dan garam merupakan baan tambahan wajib untuk menciptakan perpaduan rasa enak dan sedap.

Pempek nggak hanya ada dan dijual di daerah Palembang saja, kini hampir seluruh kota di Indonesia sudah ada para pedagang yang menjajakan olahan ini. Mulai dari pedagang lapak, kedai, dan restoran pun sudah menjajakannya karena rasa pempek merupakan olahan yang banyak dan umumnya disukai semua kalangan.

Moms tentunya juga bisa membuat pempek sendiri di rumah. Meski tanpa meggunakan bahan campuran ikan, pempek tentunya tetap bisa diolah dengan mudah dan rasanya nggak akan kalah enak dengan pempek ikan pada umumnya. Yuk Moms langsung saja simak resep cara membuat pempek tanpa ikan yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Pempek Adaan Tanpa Ikan

Ilustrasi Pempek Adaan Tanpa Ikan © Diadona

Salah satu pempek yang bisa Moms buat di rumah adalah adaan tanpa ikan. Cara membuatnya simple dan mengguanan bahan-bahan sederhana. Selengkapnya langsung saja simak resep cara membuat pempek tanpa ikan berikut ini.

Bahan:
- 1/4 kg tepung terigu
- 1/4 kg sagu
- 1 sachet royco ayam
- Secukupnya garam
- 10 siung bawang putih
- 4 batang daun bawang
- 5 siung bawang merah
- Air putih mendidih
- 1 butir telur
- Secukupnya lada halus

Cara membuat pempek adaan tanpa ikan:

a. Beri tepung terigu dengan royco, aduk rata dan sisihkan. Siram air mendidih sambil aduk dan tambahkan telur. Uleni hingga kalis dan menjadi adonan.

b. Haluskan bawang putih dan iris bawang merah. Iris juga daun bawang dan masukin bawang putih, bawang merah, daun bawang, dan lada. Aduk-aduk hingga rata.

c. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit hingga bisa dibentuk bulat. Goreng di api sedang, angkat dan tiriskan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Pempek Telur Tanpa Ikan

Ilustrasi Pempek Telur Tanpa Ikan © Diadona

Membut pempek dengan bahan sederhan telur juga bisa menjadi pilihan di rumah. Nggak perlu ribet, langsung saja coba buat dengan melihat resep cara membuat pempek tanpa ikan dengan telur berikut ini.

Bahan:
400 gram tepung tapioka

Bahan biang:
- 250 gram tepung terigu segitiga
- 2 bungkus kaldu ayam bubuk
- 2 sdt gula pasir
- 2 sdt garam halus
- 2 sdt vetcin
- 4 butir telur ayam
- 500 ml air

Cara membuat pempek telur tanpa ikan:

a. Didihkan air dan masukkan semua bumbu untuk bahan biang kecuali telur dan terigu. Masukkan terigu sambil diaduk hingga rata dan dinginkan.

b. Kocok dengan mixer adonan terigunya, tambahkan 1 butir telur. Setelah tercampur rata masukkan 1 butir telur lagi. Kocok hingga adonan lembut dan halus.

c. Masukkan tapioka sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan centong plastik untuk nasi. Jangan di uleni terlalu kuat karena pempek bisa keras.

d. Ambil adonan secukupnya atau sesuai selera, bentuk lonjong memangjang. Lakukan hingga adonan habis.

e. Siapkan air di panci, tuang 2-3 sdm minyak goreng agar setelah matang pempek tidak nempel satu sama lain. Setelah mendidih rebus pempek hingga mengambang, angkat dan tiriskan. Goreng pempek hingga matang dan siap disajikan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Pempek Panggang Tanpa Ikan

Ilustrasi Pempek Panggang Tanpa Ikan © Diadona

Nggak melulu direbus, Moms juga bisa membuat pempek sederhana dengan cara dipanggang. Nggak perlu bingung, lagsung saja simak resep cara membuat pempek tanpa ikan dengan pengolahan dipanggang berikut ini.

Bahan biang:
- 125 gram terigu
- 250 ml air matang
- 2 sdt garam

Bahan pempek:
- 200 gram sagu
- 2 butir telur

Bahan isi:
- Ebi, sangrai
- Kecap manis
- Cabe rawit

Cara membuat pempek panggang tanpa ikan:

a. Buat bahan biang dengan cara campur dalam panci air matang dan garam, didihkan. Masukan tepung aduk cepat hingga kalis dan matang, angkat dan biarkan dingin.

b. Masukkan sagu sedikit demi sedikit ke dalam biang sambil mixer kecepatan rendah. Masukkan telur satu per satu dan mixer hingga rata.

c. Uleni sebentar sampai kalis dan mudah dibentuk. Bentuk bulat sesuai selera dan pipihkan, beri sagu agar tidak lengket

d. Buat bahan isian dengan cara sangrai ebi. Blender ebi bersama cabe rawit, campur dengan kecap manis.

e. Panggang pempek, setelah matang belah 2 lalu isi dengan bahan isian. Pempek panggang yang lezat siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Pempek Sederhana Tanpa Ikan

Ilustrasi Pempek Sederhana Tanpa Ikan © Diadona

Olahan berbahan dasar tepung ini memang menjadi pilihan tepat untuk makan dan sebagai camilan. Pempek sederhana yang nikmat disajikan dengan kuah cuko ini memang menggoda lidah. Moms harus mencoba membuatnya di rumah dengan melihat resep cara membuat pempek sederhana tanpa ikan berikut ini.

Bahan:
Bahan biang pertama:
- 200 gram Tepung terigu
- 400 ml Air
- 2 sdt Garam
- 1 bungkus Royco ayam

Bahan biang kedua:
- 400 gram Tepung tapioka
- Balput 3 siung (haluskan)
- 1 butir telur ayam
- Dan 2 butir telur ayam (utk isian pempek)

Bahan kuah cuko:
- 2 Balok Gula merah
- 3 Biji cabe keriting (sesuai selera)
- 5 Biji cabe rawit (sesuai selera)
- 3 Biji Asam jawa
- 500 ml air
- secukupnya Gula pasir dan garam
- Minyak goreng

Bahan pelengkap: Timun

Cara membuat pempek sederhana tanpa ikan:

a. Ambil panci masukkan bahan biang pertama seperti tepung terigu, garam, rocyo, dan masukan air sambil aduk merata. Nyalakan api sedang kemudian aduk hingga tepung masak berwarna kekuningan seperti pasta. Matikan api dan sisihkan di dalam wadah.

b. Diamkan 10 menit tambahkan bahan biang kedua dengan masukkan bawang putih yang dihaluskan dan 1 buah telur ayam. Aduk rata dan masukkan sedikit demi sedikit tepung tapioka kita uleni sampai

c. Siapkan 2 butir telur untuk isian pempek kapal selam. Tambahkan garam dan lada sedikit kemudian aduk merata.

d. Bentuk adonan pempek bulat agak lonjong dan kasih bolongan di bagian tengah menggunakan jempol tangan. Tuangkan setengah telur kocok kedalam isian pempek dan tutup rapat jangan sampai tumpah dan bocor.

e. Rebus air hingga matang dan mendidih agar pempek matang sempurna. Beri  minyak goreng sedikit agar pempek tidak lengket. Masukkan pempek dan tutup rapat jika pempek mengapung artinya isian telur pempek matang. Diamkan 10 menit agar memastikan telur matang sempurna. Angkat dan tiriskan pempek.

f. Buat kuah cuko dengan cara haluskan cabe keriting, cabe rawit, garam, gula di ulek. Masak air, cabe halus, asam jawa, dan gula merah sampai larut. Tes rata sesuai selera, kuah cuko siap digunakan. Goreng pempek hingga matang kecoklatan atau sesuai selera. Sajikan dengan kuah cuko.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Pempek Palembang Tanpa Ikan

Ilustrasi Pempek Palembang Tanpa Ikan © Diadona

Pempek enak yang merupakan makanan khas Palembang ini memang merupakan salah satu olahan berbahan dasar tepung yang nikmat. Nggak melulu diolah dengan bahan campuran ikan, Moms juga bisa membuatnya dengan mudah di rumah menggunakan bahan sederhana. Simak saja langsung resep cara membuat pempek Palembang tanpa ikan berikut ini.

Bahan:
- 25 sdm tepung tapioka
- 2 buah telur
- 25 sdm tepung terigu
- 250 ml air
- 2 siung bawang putih, geprek atau haluskan
- Garam secukupnya

Bahan kuah:
- 5 siung bawang putih
- 1/2 ons cabe rawit
- 4 bungkus asam jawa
- Secukupnya garam dan gula merah

Cara membuat pempek Palembang tanpa ikan:

a. Rebus air dan masukkan bawang putih halus. Setelah mendidih kecilkan api, masukkan tepung tapioka dan aduk hingga rata lalau angkat.    

b. Masukkan telur, garam dan aduk menggunakan sendok atau spatula. Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu. Bentuk adonan sesuai selera.

c. Belender bahan kuah lalu rebus setengah mendidih, angkat dan saring. Sajikan pempek dengan kuah.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat pempek tanpa ikah yang praktis dan sederhana. Yuk, coba buat sendiri di rumah. Segera persiapkan bahan-bahannya ya Moms.

Beri Komentar