15 Makanan Khas Banjarmasin yang Enak, Menggugah Selera dan Cocok Dijadikan sebagai Oleh-Oleh

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 24 April 2020 20:10
15 Makanan Khas Banjarmasin yang Enak, Menggugah Selera dan Cocok Dijadikan sebagai Oleh-Oleh
Wenak Poollll

Pergi berlibur ke suatu kota tentu tidak lengkap kalau kamu tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut, kan?

Apalagi, kuliner khas daerah bukan cuma soal urusan mengenyangkan perut dan memanjakan lidah, tapi juga sangat berkaitan erat dengan budaya yang dimiliki wilayah tersebut.

Karena itu, kamu yang sudah berencana akan mengunjungi Banjarmasin jelas harus menikmati kuliner khas kota tersebut.

Soalnya, selain terkenal akan kawasan pesisir pantainya, sebenarnya ada banyak makanan khas Banjarmasin yang perlu kamu cicipi minimal sekali seumur hidup, lho!

1 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Makanan Khas Banjarmasin

Berburu oleh-oleh ternyata masih menjadi salah satu tradisi berlibur yang tak boleh dilewatkan. Pasalnya, setiap destinasi memiliki keistimewaan masing-masing, begitu pula dengan Banjarmasin. Ada banyak oleh-oleh makanan khas Banjarmasin yang bisa kamu temukan di Ibu kota provinsi Kalimantan Selatan ini.

Jika bingung menentukannya, tim Diadona telah merangkum beberapa pilihan oleh-oleh makanan khas Banjarmasin yang bisa kamu jadikan buah tangan. Mari simak rekomendasinya!


Kue rangai

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Novi Purfrida Sari (@novipurfrida) on

 


Ini dia makanan khas Banjarmasin yang tak boleh kamu lewatkan adalah kue rangai. Makanan yang juga dikenal dengan sebutan kue sagon ini merupakan sajian khusus saat hari Lebaran. Namun, kamu tetap bisa mencicipi serta menjadikan kue rangai sebagai oleh-oleh makanan khas Banjarmasin di hari-hari biasa.

Kue dengan rasa manis dan gurih ini merupakan hasil olahan kelapa dan tepung sagu yang dipanggang. Saat mencicipinya, kamu akan merasakan tekstur sagu yang lembut dan lumer di mulut. Tertarik untuk mencobanya? Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp20.000 untuk sebungkus kue sagon khas Banjarmasin.


Amplang

 

      View this post on Instagram      

A post shared by MAK FRIDA (@fridajoincoffee) on

 

Keberadaan Sungai Martapura sebagai salah satu lambang Banjarmasin menjadi berkah tersendiri bagi penduduk setempat. Pasalnya, sungai tersebut menjadi habitat dari berbagai jenis ikan air tawar. Jadi, jangan heran jika kamu menemukan banyak makanan berbahan dasar ikan di Banjarmasin.

Salah satu produk olahan ikan yang menjadi oleh-oleh favorit wisatawan adalah amplang. Camilan sejenis kerupuk ini merupakan campuran dari tepung dan adonan ikan. Uniknya, oleh-oleh ini juga dikenal dengan nama kuku macan karena bentuknya yang pipih dan kecil.


Umumnya, amplang dibuat dengan bahan dasar ikan tenggiri. Namun, amplang khas Banjarmasin justru terbuat dari ikan pipih, salah satu jenis ikan tawar yang hidup di sungai atau rawa. Jika tertarik untuk membelinya, kamu bisa mendapatkan amplang di berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di Banjarmasin. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, mulai dari Rp30.000 - Rp60.000.


Sambal acan

 

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by MumsCity (@mumscity) on

 

Sambal menjadi salah satu makanan khas yang dimiliki banyak daerah di Indonesia, tak terkecuali Banjarmasin. Khusus di Kota Seribu Sungai, kamu bisa mencicipi sambal acan. Rasa yang dihasilkan sambal pun cukup unik karena berasal dari campuran mangga muda dan terasi. Sebagai oleh-oleh favorit wisatawan, sambal ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh makanan khas Banjarmasin.

Salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Sambal Raja Banjar. Biasanya, Sambal Raja Banjar dijual seharga Rp20.000 di berbagai toko oleh-oleh. Namun jika menginginkan harga yang lebih terjangkau, kamu bisa menuju Rumah Makan Raja Banjar di Jalan RE Martadinata No 20. Sambal acan di sini dijual dengan harga sekitar Rp15.000 saja.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Banjarmasin Kalimantan Selatan

Memiliki julukan sebagai kota seribu sungai, Banjarmasin memiliki perjalanan sejarah yang tak lepas dari Kerajaan Banjar. Namun, bukan hanya nilai sejarah dan juga topografi wilayah yang bersungai-sungai saja yang membuat ibukota di Kalimantan Selatan ini menjadi kota yang menarik. Kekayaan makanan khas Banjarmasinjuga sudah tersohor akan kelezatannya hingga ke berbagai daerah di Nusantara, lho.

Ingin tahu cita rasa khas dari ragam makanan-makanan tradisional Banjarmasin? Intip pilihan makanan khas Banjarmasin paling populer berikut

Soto Banjar

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Rini Hasrita (@rinihasrita) on

 

Soto merupakan salah satu panganan khas Nusantara yang sangat populer. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto khas-nya masing-masing, termasuk di Banjarmasin yang terkenal akan Soto Banjar-nya.

Makanan khas Banjarmasin ini memiliki kuah yang kaya akan rempah dan dilengkapi dengan telur asin, ayam suwir, lontong, dan berbagai bahan-bahan lainnya. Ditambah dengan perasan jeruk nipis, membuat Soto Banjar tak cuma mengenyangkan, namun juga menyegarkan.

Nasi Itik Gambut

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Edosasmita (@sasmitaedo) on

 

Makanan khas Banjarmasin selanjutnya adalah Nasi Itik Gambut. Sesuai namanya, makanan asal Banjarmasin ini merupakan olahan nasi dan itik yang dimasak dengan berbagai bumbu khas. Dengan cara pengolahan dan bumbunya, membuat cita rasa pedas manis dari bumbu kuliner Banjarmasin ini menyerap hingga ke dalam daging itik.

Biasanya makanan khas Banjarmasin ini dijajakan dalam bungkusan daun pisang, menambah aroma sedap dari masakan ini.

Cacapan Asam

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Della Suzura (@dellasuzura) on

 


Cacapan asam adalah makanan khas Banjarmasinselanjutnya yang memiliki cita rasa sangat khas. Terbuat dari ragam buah-buahan yang dicincang dan dicampur bersama bumbu lain seperti asam jawa, bawang merah, cabai rawit, dan garam, membuat makanan khas Banjarmasin ini terasa menyegarkan.

Kuliner asal Banjarmasin ini memiliki perpaduan cita rasa manis, asam, pedas, dan gurih yang kerap dijadikan sebagai pendamping berbagai hidangan khas Banjarmasin lainnya.

Lontong Orani

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Banjarmasin Food | mimin&mimoy (@banjarmasinfood) on

 

Meskipun rasa dari lontong Orani khas Banjarmasin tak berbeda jauh dengan lontong pada umumnya, masakan asal Banjarmasin ini memiliki bentuk unik yang berbeda daripada lontong-lontong yang umumnya ditemukan di daerah lain di Nusantara.

Selain itu, yang membuat makanan khas Banjarmasin ini lebih khas adalah hidangan pendamping dari irisan labu, buncis, ikan gabus, serta telur yang dimasak dengan bumbu kemerahan dan disirami kuah santan yang gurih.


Sop Mutiara

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by kuliner surabaya - kuliner SBY (@foo.ga) on

 


Pilihan makanan khas Banjarmasin unik lainnya adalah Sop Mutiara. Nama Mutiara sendiri didapatkan dari bahan daging ayam yang digiling dan dibuat menjadi adonan bulat-bulat layaknya bakso. Bersama bahan-bahan dan bumbu lain, bakso ayam ini kemdian dimasak dengan kuah susu yang sangat gurih. Ditemani dengan sepiring nasi, hidangan khas Banjarmasin ini sangat lezat disantap saat cuaca tengah dingin.

Sayur Kemang Tigarun

 

 
Makanan khas Banjarmasin satu ini memang tergolong unik karena bahan masakannya yang cukup sulit ditemukan, yakni Kembang Tiguran. Diolah bersama beragam bumbu, hidangan Sayur Kembang Tiguran memiliki perpaduan rasa pahit seperti bunga pepaya dan gurih dari beragam bumbu dapur.


Sate Tulang

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Natanael (@koh_aming) on

 

 

Meskipun bernama sate tulang, makanan khas Banjarmasin tidaklah benar-benar terbuat dari tulang, melainkan bahan lainnya yang kerap tidak digunakan sebagai bahan masakan seperti leher ayam, kulit, dan juga lemak.

Bahan-bahan ini kemudian digiling dan dibumbui dengan bumbu habang yang memiliki cita rasa manis pedas sebelum dibakar dan disantap layaknya sate pada umumnya.


Ketupat Kandangan

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Edosasmita (@sasmitaedo) on

 

Makanan khas Banjarmasinselanjutnya adalah Ketupat Kandangan. Tak cuma di daerah Kalimantan Selatan, masakan asal Banjarmasin ini juga cukup populer di Kalimantan Tengah.

Sajian Ketupat khas Banjarmasin ini dilengkapi dengan sirama kuah yang menyerupai kuah opor dan lauk ikan serta telur.

Patin Baubar

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Ane Jumpun (@anejumpun) on

 

Untuk kamu penggemar kuliner ikan, Patin Baubar bisa jadi makanan khas Banjarmasin selanjutnya yang bisa kamu cicipi. Kunci kelezatan dari makanan khas Banjarmasin ini adalah bumbu rempah melimpah yang dipepes bersama daging ikan patin terlebih dahulu sebelum kemudian dibakar di tungku.

Proses memasak inilah yang membuat gurihnya dan aroma dari bumbu meresap hingga ke dalam daging dan menjadikan cita rasa makanan khas Banjarmasin ini lezat.


Mandai

 

Berbahan dasar dari kulit buah cempedak yang diawetkan, Mandai adalah makanan khas Banjarmasin yang cukup populer sebagai oleh-oleh asal kota ini. Perpaduan rasa gurih dan asam dari makanan ini sangat unik yang wajib untuk kamu cicipi.

Gangan Paliat

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by acil_ay (@aya_nurhidayati) on

 


Alternatif sajian khas Banjarmasin berbahan ikan selanjutnya adalah Gangan Paliat yang terbuat dari ikan baung. Disirami dengan kuah santan kental berwarna kekuningan seperti opor, makanan khas Banjarmasinini sangat lezat menjadi santapan bersama sepiring nasi hangat.

 

3 dari 4 halaman

Makanan Ringan Khas Banjarmasin

Tak hanya makanan berat saja yang mampu menggoyang lidah, makanan ringan khas banjarmasin juga bisa bikin kamu keagihan lho. Yuk, simak berbagai macam makanan ringan khas Banjarmasin yang bisa kamu nikmati saat berkunjung kesana!

 


Mandai

 

      View this post on Instagram      

A post shared by CookingMomMajo (@cooking.mommajo) on

 


Berbahan dasar dari kulit buah cempedak yang diawetkan, Mandai adalah makanan khas Banjarmasin yang cukup populer sebagai oleh-oleh asal kota ini. Perpaduan rasa gurih dan asam dari makanan ini sangat unik yang wajib untuk kamu cicipi.

 

Bubur Baayak

      View this post on Instagram      

A post shared by KUMPULAN RESEP MASAK (@kumpulanresepmasak) on

 

Dibuat dari olahan tepung beras, gandum, dan juga air, Bubur Baayak adalah kuliner bubur khas asal Banjarmasin yang terkenal akan rasanya yang manis dan gurih. Dengan tekstur kental dan buliran lembut dari adonan tepung membuat makanan khas Banjarmasin ini semakin terasa unik.


Itulah beragam cita rasa lezat yang bisa Toppers dapatkan dengan mencicipi ragam makanan khas Banjarmasin. mau mencicpi yang mana dulu nih?

4 dari 4 halaman

Beri Komentar