5 Resep Cara Membuat Lasagna Kukus dan Panggang Sederhana Tanpa Oven

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 4 Maret 2020 15:01
5 Resep Cara Membuat Lasagna Kukus dan Panggang Sederhana Tanpa Oven
Lasagna dengan keju melting nikmat bisa banget kamu buat sendiri di rumah. Simak resep selengkapnya cara membuat lasagna di bawah ini!

Olahan lasagna bisa menjadi salah satu menu pilihan menikmati waktu ngobrol bareng keluarga. Lasagna merupakan olahan khas italia dengan bahan pasta yang dipanggang dalam oven dengan campuran umumnya adalah daging. Lasagna ini juga bisa diolah dengan bahan campuran lain seperti sayuran, ayam, dan ikan laut.

Lasagna yang nikmat bisa kamu buat sendiri di rumah dengan bahan dan alat yang sederhana. Nggak perlu kamu menggunakan alat oven, lasagna simple bisa kamu buat dengan menggunakan kukusan atau teflon sederhana yang kamu miliki di rumah. Penasarankan, bagaimana sih cara membuat lasagna italia yang enak ini? Yuk, langsung saja deh simak resep cara membuat lasagna kukus dan panggang enak simple dan sederhana yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Lasagna Kukus

Ilustrasi Lasagna Kukus © Diadona

Olahan lasagna pertama yang bisa kamu buat sendiri di rumah adalah dengan menggunakan alat kukusan simple yang kamu miliki di rumah. Bahan-bahan yang harus kamu persiapkan adalah berupa bahan kulit, bahan saos keju, dan saos daging. Langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat lasagna kukus berikut ini.

Bahan:
- 4 lembar lasagna sheet, sanremo
- 1 sdt minyak goreng
- 1/2 sdt garam
- Keju cheddar parut
- Keju kraft quick melt parut
- Oregano
- sheet air untuk merebus lasagna
- Cup aluminium foil

Bahan saos keju:
- 500 ml susu full cream UHT, ultra milk
- 2 sdm tepung terigu
- 2 sdm butter/margarine
- 2 sdm keju cheedar
- 1 sdm keju quick melt, kraft
- 2 sdm keju oles, procis
- 1/2 sdt pala bubuk

Bahan saos daging:
- 100 gram daging sapi giling
- 2 buah bawang bombay ukuran kecil
- 1 bungkus saos instan lafonte bolognise
- 1/2 sdt pala bubuk
- 1/2 sdt merica bubuk

Cara membuat lasagna kukus:

  1. Rebus lasagna dengan ditambah minyak dan garam, sampai aldente. Buat saos kejunya dengan cara lelehkan butter atau margarine. Masukkan tepung terigu, aduk cepat sampai larut, tuang susu, aduk jangan sampai menggumpal, tambahkan perkejuannya. Tambahkan merica dan pala bubuk, aduk sampai mengental, masukkan oregano dan aduk sebentar, matikan api, sisihkan.
  2. Buat saos daging dengan cara tumis bawang bombay sampai layu, masukkan daging sapi giling aduk sampai berubah warna, masukkan saos instan, tambahkan merica dan pala bubuk, jika sudah meletup-letup test rasa dan matikan api.
  3. Panaskan dandang, olesi cup aluminium foil dengan mentega, susun dengan urutan lasagna sheet, saos keju, saos daging, diulang sampai lasagna sheet ke empat dan terakhir setelah saos daging taburi keju cheedar parut lalu taburi keju kraft quick melt, taburi oregano. Kukus sampai keju meleleh, angkat, sajikan dengan saos sambal.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Lasagna Tanpa Oven

Ilustrasi Lasagna Tanpa Oven © Diadona

Selain dengan menggunakan kukusan sederhana, kamu juga bisa membuat olahan lasagna simple menggunakan teflon rumahan. Nggak perlu khawatir, rasanya akan tetap enak dan nggak kalah dengan lasagna olahan resto terkenal Italia, kok. Langsung saja intip resep selengkapnya cara membuat lasagna berikut ini.

Bahan:
- 5 sdm tepung terigu, segitiga biru
- 1 sdm mentega, blueband
- 1 butir telur
- Secukupnya air matang

Isian:
- 2 sdm Kornet sapi
- 30 grm Keju parut, kraft
- Keju Mozarella
- 2 sdm Bumbu Spagheti, La fonte
- 2 siung/setengah Bawang bombay atau bawang putih
- 1 sdm Mentega, blueband
- 2 sdm Susu kental manis

Cara membuat lasagna tanpa oven:

  1. Masak dahulu isiannya, yaitu bawang putih atau bawang bombay yang sudah diiris kecil, kornet, bumbu spagheti, keju dan susu. Masukan mentega ke wajan, setelah mencair masukan bawang bombay atau bawang putih.
  2. Setelah harum masukan Kornet sampai matang. Selanjutnya masukan bumbu spagheti, susu dan keju yang sudah diparut. Kalau kental tambahkan air matang agar tingkat kentalnya berkurang. Tes rasa, jika kurang asin bisa ditambahkan sesuai selera. Matikan api dan angkat.
  3. Selanjutnya buat adonan dengan cara masukkan ke dalam wadah yaitu terigu, telur dan margarin. Aduk, jika kurang air maka tambahkan sedikit demi sedikit sampai adonan kental dan tidak encer. Tes rasa, jika tidak ada rasa maka kasih tanbahkan garam sampai terasa sedikit gurih.
  4. Lalu panaskan teflon, masukan adonan tadi (seperti membuat kulit risol) tipis-tipis. Angkat lalu balur dengan bumbu yang sudah dimasak tadi. Ulangi hingga beberapa lapis sesuai selera.
  5. Terakhir untuk toping bisa ditambahkan keju parut bagian atas. Note: jika ingin memakai keju leleh atau mozarellah, keju di taruh saat di atas adonan yang di teflon. Jadi bisa meleleh sewaktu diangkat kepiring.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Kulit Lasagna

Ilustrasi Kulit Lasagna © Diadona

Cara membuat lasagna bisa dikatakan susah-susah gampang. Kulit lasagna yang umumnya dibuat dengan tekstur yang lembut dengan keju melting ini bisa kamu olah dengan bahan dan cara yang sederhana. Cukup dengan menggunakan bahan terigu, susu bubuk, minyak dan telur, kamu bisa membuat olahan kulit lasagna yang nikmat dan disukai keluarga tercinta di rumah. Langsung saja simak resep cara membuat lasagna untuk kulit dan sausnya di bawah ini. 

Bahan:
Bahan saos daging:
- 250 gram daging giling
- 100 ml saos tomat
- 2 buah tomat
- 1/2 bawang bombai
- 4 siung bawang putih
- Oregano
- Air secukupnya
- Lada
- Garam
- Gula

Bahan saos keju:
- 400 ml susu
- 50 gram keju cedar
- 2 sdm terigu
- 2 sdm mentega
- 1 sdt gula
- Sedikit Lada

Bahan kulit lasagna:
- 1 kuning telur
- 1 sdm susu bubuk
- 150 gram terigu
- 275 ml air
- 1 sdm minyak

Toping:
- Keju quickmelt/mozarela

Cara membuat lasagna untuk kulit:

  1. Buat saos dagingnya dengan cara cincang bawang putih, bawang bombai, dan tomat. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum kemudian masukkan daging, orak arik agar daging tidak menggumpal. Masukan saos tomat, tomat, air, lada, garam, gula, dan oregano. Tes rasa dan masak dengan api kecil agar daging empuk air sesuai kebutuhan hingga dirasa daging sudah empuk.
  2. Buat kulit lasagna dengan cara masukkan semua bahan kulit kecuali air, tuang sedikit demi sedikit sambil diaduk biar tidak bergerindil. Panaskan teflon tuang 2 sendok sayur adonan, ratakan. Lakukan sampai adonan habis. Setelah itu potong kulit lasagnanya sesuai ukuran dengan tempat yang mau di pakai ini saya pakai cetakan kecil, jadi saya potong sesuai dengan cetakan.
  3. Buiat saus keju dengan cara panaskan mentega setelah leleh masukan terigu dan aduk. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk biar tidak gerindil. Masukan keju, lada dan sedikit gula. Masak sampai meletup-letup, matikan api dan angkat.
  4. Layer 1 beri kulit lasagna oles saus keju kemudian saos daging tutup lagi dengan kulit lasagna. Layer 2 lakukan hal yang sama sampai penuh. Terakhir atasnya diberi taburan keju guickmelt. Panaskan oven panggang sampai keju meleleh.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Lasagna Panggang

Ilustrasi Lasagna Panggang © Diadona

Lasagna yang terbuat dari pasta ini memang secara umum dibuat dengan cara dipanggang. Kamu tentunya bisa membuat olahan lasagna ini di rumah dengan mudah dan simple yang tentunya anti gagal. Dijamin, semua anggota keluarga akan menikmati sensasi nikmat keju dan saus bolognese yang khas ini. Simak saja langsung resep cara membuat lasagna panggang sederhana berikut.

Bahan:
- 5 lembar lasagna instan
- 100 gram keju mozarella
- 1 pcs alumunium cup (diameter bawah 10cm x 5,2cm)

Bahan saus bolognese:
- 315 gram saus bolognese kemasan
- 100 gram daging sapi giling
- 1/2 buah bawang bombay cincang
- 2 siung bawang putih cincang
- 100 ml air panas
- 1/2 sdt oregano bubuk
- 1/2 sdt gula pasir
- 1/2 sdt garam himalaya
- 1 sdm margarin

Bahan saus bechamel:
- 1 sdm margarin
- 2 sdm tepung terigu
- 500 ml susu cair plain
- 1/2 sdt kaldu jamur
- 1/2 buah bawang bombay, cincang
- 100 gram keju cheddar
- Secukupnya lada bubuk
- 1/4 sdt biji pala, parut
- 1/2 sdt gula pasir
- Secukupnya garam himalaya
- Secukupnya oregano bubuk

Cara membuat lasagna panggang:

  1. Panaskan margarin lalu tumis bawang putih dan bawang bombay. Setelah harum tumis daging giling hingga berubah warna lalu masukkan saus bolognese, aduk rata kemudian tambahkan air. Masukkan oregano bubuk, gula dan garam. Angkat dan pindahkan ke wadah.
  2. Panaskan margarin lalu masukkan tepung terigu, aduk hingga rata lalu tambahkan susu sedikit demi sedikit lalu masukkan bawang bombay. Masukkan keju parut, kaldu jamur, dan lada bubuk aduk rata hingga mengental.
  3. Masukkan 1/4 sdt pala halus, gula dan garam. Terakhir tambahkan oregano bubuk. Rebus 5 menit lasagna instan di air mendidih yang telah diberi sedikit minyak goreng. Setelah matang sisihkan ke wadah yang berisi air dingin.
  4. Isi alumunium cup dengan sedikit saus bechamel lalu susun lasagna instan kemudian saus bolognese dan bechamel. Terakhir tambahkan keju mozzarela diatasnya dan sedikit oregano, panggang pada suhu 180 derajat menggunakan api atas bawah selama 30 menit. Matang dan sajikan selagi hangat.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Lasagna Sederhana

Ilustrasi Lasagna Sederhana © Diadona

Lasagna sederhana dengan saos bolognese serta parutan keju ini bisa kamu nikmati dengan keluarga di rumah. Nggak perlu lagi beli mahal di resto terkenal, kamu bisa berkreasi dengan bahan sederhana ala italia ini. Yuk simak resep cara membuat lasagna sederhana berikut ini.

Bahan:
- 4 lembar lasagna pre cooking merk lafonte
- Minyak goreng untuk menumis
- 1/2 bawang bombay
- 1 siung bawang putih
- 200 gram daging sapi giling
- Saos bolognese merk del monte
- 1 sdt kaldu jamur
- 1 sdt gula pasir
- Sejumput garam
- Sejumput lada
- Air secukupnya
- 1/4 kotak keju parut cheddar
- 1/2 kotak keju parut milky soft (kraft)

Cara membuat lasagna sederhana:

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih, kemudian masukan daging giling. Setelah kering masukan saos bolognese delmonte, masukan air, kaldu jamur, lada, garam gula, dan parutan keju cheddar, aduk hingga matang.
  2. Siapkan loyang kemudian masukan lembaran lasagna (tidak perlu di rebus), siram dengan daging hingga tertutup semua, taburi parutan keju milky soft. Panggang pada suhu 150° selama 50 menit. Perlahan tapi pasti. Kemudian sajikan. Lasagna siap di santap.

Nah, itulah beberapa resep mudah dan simple cara membuat lasagna dengan kukusan dan teflon yang tentunya anti ribet. Bagaimana, tertarik untuk membuat oalahan lasagna modern khas Italia? Yuk, segera persiapkan bahan dan perlengkapannya, ya. 

Beri Komentar