16 Makanan Khas Bengkulu Paling Populer dan Siap Menggugah Seleramu

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 17 Januari 2020 13:33
16 Makanan Khas Bengkulu Paling Populer dan Siap Menggugah Seleramu
Kamu belum dikatakan berkunjung ke Bengkulu kalau belum mencicipi Pendap sebagai makanan khas Bengkulu.

Bengkulu adalah sebuah daerah di Pulau Sumatera yang terkenal dengan julukan Bumi Rafflesia. Disana, banyak berjejer peninggalan-peninggalan bersejarah seperti bentang peninggalan inggris. Dari sejarah panjang berdirinya yang banyak dipengaruhi oleh kebudayaan ingris, Bengkulu hadir sebagai surganya kuliner dengan cita rasa yang berebeda dengan daerah lain. Akan sangat rugi kalau kamu tak menyempatkan waktu untuk mencicipi makanan khas Bengkulu saat berkunjung kesana.

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Daerah Bengkulu

Bengkulu mempunyai banyak objek wisata alam yang begitu mengagumkan. ontohnya adalah Pantai Tapak Paderi, Pantai Jakat, Pulau Baai, dan Danau Dendam Tak Sudah. Nah, setelah puas menikmatii indahnya alam Bengkulu yang begitu memukau, jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan khas Bengkulu. Apa sajakah itu? simak info berikut mengenai makanan khas daerah Bengkulu.

1.Makanan Khas Bengkulu Lempuk Durian

Ilustrasu Lempuk DurianIlustrasu Lempuk Durian © https://www.lazada.co.id/

Bengkulu juga terkenal dengan pemandangan pohon durian di sepanjang jalannya, makanya tak heran Bengkulu juga menjadi daerah dengan olahan durian terbaik. Salah satunya adalah makanan khas Bengkulu satu ini.

Lempuk durian adalah olahan makanan khas Bengkulu berbahan dasar tepung gandum dan buah durian. Sekilas akan mirip dengn dodol yang lumayan terkenal di pulau Jawa. Nah, kalau kamu mau mencobanya langsung saja datang ke alamat di Jalan Soekaarno Hatta, Kota Bengkulu. Kamu akan menemukan sederet toko yang menjajakan makanan khas Bengkulu satu ini.

2.Makanan Khas Bengkulu Kue Tat

Ilustrasi Kue TatIlustrasi Kue Tat © https://www.tokopedia.com/


Dahulu, makanan khas Bengkulu satu ini hanya bisa dinikmati oleh sgeolongan orang dari kalangan Raja dan Ningrat saja. Namun, sekarang kamu bisa dengan mudah menemukannya di Bengkulu. Umumnya Kue Tak juga disajikan sebagai camilan khas saat hari raya Idul Fitri. Makanan khas Bengkulu satu ini memiliki cita rasa legit, gurih dan empuk, cocok banget untuk dijadikan camilan saat bersantai.

3.Makanan Khas Bengkulu Gulai Kemba'ang

Ilustrasi Gulai Kemba'angIlustrasi Gulai Kemba'ang © blog.kulina.id



Nah, kalau makanan khas Bengkulu satu ini berasal dari Kabupaten Mukomuko. Gulai Kemba'ang adaalah makann khas Bengkulu yang terbuat dari iga sapi yang dimasak dengan bumbu khas Bengkulu. Makanan khas Bengkulu satu ini akan muncul saat bulan puasa atau menjelang hari raya Idul Fitri.

Dengan olahan iga sapi yang lembut dan bumbunya yang masuk hingga ke dalam, dijamin deh makanan khas Bengkulu satu ini akan menggugah seleramu.

4.Makanan Khas Bengkulu Tempoyak

Ilustrasi TempoyakIlustrasi Tempoyak © https://www.gotravelly.com/


Selain mejadi makanan yang cukup populer di daerah Lampung, Tempoyak juga menjadi salah satu makanna khas Bengkulu. Buat ka,u yang belum tahu, tempoyak adalah makanan yang terbuat dari buah durian yang sudah difermentasi. Nah, orang Bengkulu biasa menyantapnya dengan lauk tambahan ikan patin. Mau mencobanya?

5.Makanan Khas Bengkulu Bagar Hiu

Ilustrasi Bagar HiuIlustrasi Bagar Hiu © travelingyuk.com



Konon katanya, makanan khas Bengkulu Satu ini adalah makanan favorit Presiden Sukarno saat diasingkan pada tahun 1938 hingga 1942. Sesuai namanya makanan khas Bengkulu satu ini berbahan dasar daging ikan hiu yang dicampur dengan bumbu khas dan direbus hingga matang. Setelah makanan ini matang, kamu akan menikmati daging ikan hiu yang lembut dengan rasa bumbu yang begitu melekat.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Provinsi Bengkulu

Bukan hanya memliki ragam destinasi wisata yang memukau saja, Bengkulu juga menawarkan sensasi pengalaman asik menikmati makanan khasnya. Sekali kamu mencobanya, kamu akan diajak menikmati nikmatnya cita rasa yang tiada tara. Siap mencoba makanan khas provinsi Bengkulu? intip infonya di bawah ini ya.

1.Makanan Khas Bengkulu Lepek Biniti

Ilustrasi Lepek BinitiIlustrasi Lepek Biniti © Facebook.com/Mirna Azshafi Anra Aima


Kalau kamu baru melihat makanan khas Bengkulu satu ini, mungkin kamu akan menyamakannya dengan makanan tradisional nagasari. Namun ada sedikit perbedaan antar kedua makanan ini, Lepek Biniti terbuat dari tepung ketan, garam, santan, daun salam dan bahan-bahan lainnya. Dari capuran bahan-bahan tersebut, akan memunuculkan cita rasa yang legit dan gurih.

2.Makanan Khas Bengkulu Rebung Asam Undak Liling

Ilustrasi Asam Undak LilingIlustrasi Asam Undak Liling © http://wargakaur.blogspot.com/



Kalau ini, merupakan makanan khas Bengkulu yang punya cita rasa paling mantap dan sangat digemari oleh masyarakat lokal. Asam undak liling terbuat dari keong hitam dan bambu muda yang biasa disebut rebung. Proses pembuatannya cukup lama dan masih tradisional karena harus direndam selama beberapa hari agar rasa asam dari rebung bisa keluar. Setelah direndam, rebung tersebut akan dimasak bersama liling atau keong hitam yang biasa hidup di sawah.

Dengan cita rasa unik, makanan khas Bengkulu ini wajib banget kamu cicipi.

3.Makanan Khas Bengkulu Mie Terbang

Ilustrasi Mie TerbangIlustrasi Mie Terbang © https://zingganusantara.com/

Mie terbang ini nggak seperti bayanganmu ya, mienya nggak terbang seperti burung kok. Namun, karena saking enaknya cita rasa makanan khas Bengkulu ini, siapapun yang mencobanya akan dibikin terbang saking enaknya. Makanan khas Bengkulu ini, populer karena merupakan sajian dari warung makan Salman yang beralamat di Jalan Rafflesia, Kota Bengkulu. Dengan harga 15 ribuan saja, kamu sudah bisa menikmati cita rasa mie terbang yang gurih dan lezat. Top markotop banget pokoknya.

4.Makanan Khas Bengkulu Lemang Tapai

Ilustrasi Lemang TapaiIlustrasi Lemang Tapai © https://pesona.travel.com

Lemang tapai adalah makanan khas Bengkulu yang berbahan dasar beras ketan dan santan. Lemang matang diolah dengan cara dibakar di atas bara api dalam seruas bambu muda, tapai ketan hitam dibubuhkan sebagai pelengkap penyajian.

Selain dengan tapai, masyarakat Bengkulu biasa menyantap makanan khas Provinsi Bengkulu ini dengan Durian. Makanan khas Bengkulu yang rasanya gurih dan bertekstur legit ini pasti akan membuatmu ketagihan!

5.Makanan Khas Bengkulu Gulai Pisang

Ilustrasi Gulai PisangIlustrasi Gulai Pisang © https://www.tripelaketoba.com/


Jika didaerah lain gulai identik dengan daging ikan, sapi, atau ayam, namun jika di Bengkulu kamu akan meneumkan sajian Gulai dengan bahan dasar buah pisang. Sangat unik bukan? Penasaran? langsung saja booking tiket dan datang langsung ke Bengkulu untuk menikmati lezatnya makanna khas Bengkulu satu ini.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Bengkulu Selatan

Mungkin banyak dari kalian yang kurang mengenal Provinsi Bengkulu, padshal Bengkulu menyimpan begitu banyak wisata yang tak akan mengecewakan. Salah satunya adalah wisata kulinernya yang khas. Karena dikelilingi oleh wilayah geografis yang berdekatan dengan pantai, maka sebagian besar makanan khas Bengkulu berbahn baku ikan laut. Mau tau apa saja makanan khas Bengkulu Selatan? berikt infonya untuk mu.

1.Makanan Khas Bengkulu Lemang

Ilustrasi Jadah LemangIlustrasi Jadah Lemang © wego.co.id

Lema merupakan makanan khas Bengkulu yang terbuat dari adonan rebung atau bambu muda cincang yang dicampur dengan ikan air tawar. Jika tak ada ikan air tawar, masyarakat Bengkulu biasa menyajikan makanan khas Bengkulu ini dengan liling. Lema memiliki cita rasa asam dan aroma yang sangat kuat. Worth it banget untuk dicoba.

2.Makanan Khas Bengkulu Lontong Tunjang

Ilustrasi Lontong TunjangIlustrasi Lontong Tunjang © http://drmoechiel.blogspot.com/

Makanan khas Bengkulu satu ini biasanya disajikan sebagai menu sarapan saat pagi hari. Seporsi lontong tunjang ini terdiri dari irisan lontong, gulai nagka, dan buncis, serta tak lupa irisan tunjnag tau kikil. Kamu juga bisa menmbahkan telur rebus sebagai lauk tambahan. Lembutnya tekstur lontong yang dipadukan dengan gurihnya kuah gulai dan kikil akan membuatmu menemukan energi lebih sebelum memulai aktifitas. Daripada makin penasaran, langsung aja datang ke Kedai Lontong Tunjang yang berada di Jalan Bakti Husada No. 13A, Lingkar Barat, Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Bengkulu.

3.Makanan Khas Bengkulu Bubur Sekai

Ilustrasi Bubur SekaiIlustrasi Bubur Sekai © nyero.id/@meily_syaiful

Makanan khas Bengkulu satu ini terbilang cukup unik karena dibuat dengan bahan biji jewawut. Bubur sekai juga jadi makanan yang bisa ditemui hanya saat bulan ramadhan saja. Karena rasanya yang gurih dan manis orang Bengkulu biasa menyajikannya sebagai hidangan berbuka puasa.

4.Makanan Khas Bengkulu Gulai Ayam Undak Teghung

Ilustrasi Gulai Ayam TeghungIlustrasi Gulai Ayam Teghung © resepkoki.id

Sepertinya orang Bengkulu sangat menyukai makanan gulai. Salah satuny adalah gulai ayam unduk teghung. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar potongan dagig ayam dan terong bulat. Paduan rasa gurih dari kuah santan, daging ayam, dan juga terong pada menu ini akan membuatmu merasakan sensasi menyantap gulai dengan rasa yangg berbeda. Mau mencobanya?

5.Makanan Khas Bengkulu Gulai Bungo Sesilo

Ilustrasi Gulai Bungo SesiloIlustrasi Gulai Bungo Sesilo © resepkoki.id

Satu lagi olahan variasi makanan gulai yang ada di Bengkulu. Namanya, Gulai Bunga Sesilo. Berbeda dengan gulai pada umumnya dengan rasa yang gurih, makanan khas Bengkulu satu ini menyajikan rasa pahit karena berbahan dasar bunga pepaya.

Tapi tenang saja, bagi kamu yang tak terlalu menyukai rasa pahit, penglahan bunga pepaya biasanya direbus dengan daun jambu biji terlebih dahulu. Proses ini dimaksudkan agar mengurangi rasa pahit dari daun pepaya tersebut. Nah, masyarakat Bengkulu biasanya juga akan menyantap makanan ini dengan menu tambahan berupa ikan teri sehingga rasanay akan semakin nendang. Jangan samapai kelewatan untuk mencicipinya ya.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Bengkulu Pendap

Ilustrasi PendapIlustrasi Pendap © https://pesona.travel.com

Olahan ikan khas Bengkulu yang satu ini merupakan salah satu menu tradisional yang banyak difavoritkan oleh masyarakat Bengkulu. Masakan ini memadukan cita rasa bumbu rempah dan cabe giling dengan parutan kelapa muda yang kemudian dikukus bersama sepotong ikan yang dibungkus daun talas.

Sekilas mirip dengan pepes ikan hanya saja sebelum dibungkus dengan daun pisang, potongan ikan dan bumbu dibungkus terlebih dahulu dengan daun talas hingga beberapa lapis. Proses memasak hidangan ini pun cukup lama hingga makan waktu sekitar 6-8 jam.

Dengan proses pematangan yang begitu lama, pendap bisa bertahan hingga lima hari. Tidak mengherankan jika sensasi rasa dari hidangan para raja dan bangsawan Bengkulu ini cukup menggoda.

Pasalnya selain kaya akan bumbu dan rempah nusantara, hidangan ini akan mengajak kamu untuk menikmati kombinasi rasa yang unik. Yaitu dari daun keladi, bumbu, dan kemudian daging ikan yang lembut hingga ke tulangnya.

Untuk menikmati seporsi pendap nan lezat silakan datang ke Rumah Makan Marola di kawasan Pantai Panjang, Bengkulu.

Kamu juga bisa langsung datang ke rumah Ibu Fatmawati atau Cik Timah yang berada di Jalan Enggano, Pasar Bengkulu RT 05/RW 02 No. 25, Kota Bengkulu yang merupakan salah satu pembuat pendap legendaris di Bengkulu.

Jadi kapan akan berkunjung ke Bengkulu? Siapkan bujet dan waktu yang pas ya agar bisa menikmati makanan khas Bengkulu sesegera mungkin. Kalau kamu mau mencoba makanan khas Bengkulu yang mana dulu? Tulis di kolom komentar ya.

Beri Komentar