15 Makanan Khas Jepang yang Ringan dan Halal, Cocok untuk Oleh-Oleh

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 21 Januari 2021 17:30
15 Makanan Khas Jepang yang Ringan dan Halal, Cocok untuk Oleh-Oleh
Makanan khas Jepang ada banyak banget dengan cita rasa yang menggiurkan.

Makanan khas Jepang dikenal dengan ragamnya yang kreatif dan mampu bikin lidah bersenang-senang. Sebut aja ramen yang saking populernya, tersedia dalam bentuk instan dan tersebar di seluruh dunia. Kamu juga pernah makan, kan?

Jangan lupakan sushi dan juga onigiri, nasi kepal Jepang yang kini bisa kamu temui dengan harga murah meriah di Indonesia. Tapi makanan ringan ala Jepang apa ya yang patut dicoba bila sedang bertandang ke negeri Sakura?

Temukan daftarnya di ulasan Diadona berikut ya!

1 dari 5 halaman

Makanan Khas Jepang

Empat makanan khas Jepang ini pasti sudah familiar denganmu. Meskipun kamu bisa menemukan ketiganya di Indonesia dengan rasa dan harga yang bervariasi.

Onigiri

Makanan Khas Jepang - Onigiri © Diadona

Dengan isian beraneka rasa, onigiro adalah cara yang kreatif dan simple banget untuk camilan cepat atau bekal makan siang yang sederhana. Makanan khas Jepang ini adalah contoh yang keren banget buat nunjukin gimana inovatifnya orang-orang Jepang. Setuju nggak?

Ramen

Makanan Khas Jepang - Ramen © Diadona

Mie kenyal dengan kaldu yang kaya rasa, siapa yang tak tertarik mencobanya? Sebenarnya nggak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk mencicipi makanan ini karena kamu bisa mendapatkannya dalam ebntuk instan di supermarket. Tapi tak tertarikkah mencobanya di negara asalnya?

Sushi

Makanan Terenak di Dunia - Sushi © Diadona

Ada yang belum pernah ngerasain sushi? Yah sayang banget deh. Di Indonesia sushi banyak dijual dengan ragam harga, rasa dan isian.

Shabu-Shabu

Makanan Khas Jepang - Shabu-Shabu © Diadona

Shabu Shabu adalah hot pot gaya Jepang yang populer dimana daging dan berbagai macam sayuran dimasak dalam kaldu beraroma. Dan semua yang berada di meja makan ambil bagian dalam memasak dan menikmatinya dengan celupan saos. Shabu-shabu adalah makanan khas Jepang yang bikin kamu bisa makan dengan santai dan menyenangkan.

2 dari 5 halaman

Oleh-Oleh Makanan Khas Jepang

Bingung mau bawa oleh-oleh apa setelah perjalan ke Jepang? Mungkin daftar yang Diadona lansir dari CNN berikut bisa jadi inspirasimu.

Tokyo Banana

Makanan Khas Jepang - Tokyo Banana © Diadona

Tokyo Banana adalah kue bolu berbentuk pisang yang ringan dan lembut dengan isian krim custard pisang. Pola yang dicetak di permukaan kue nunjukin seperti apa rasa di dalamnya.

Teh Jepang

Makanan Khas Jepang - Teh Jepang © Diadona

Dikenal dengan tehnya, pasti pada seneng banget deh nerima oleh-oleh teh asli dari Jepang kan? Ukuran kemasan oleh-oleh ini nggak akan erepotkan kamu dalam perjalanan, jadi kamu bisa beli banyak untuk dibagikan ke banyak orang.

Tokyo Arare

Makanan Khas Jepang - Tokyo Arare © Diadona

Arare adalah camilan khas Jepang yang terbuat dari beras ketan, dipotong-potong dibalut dengan kacang panggang atau kecap. Racikan kecapnya duah disesuaikan untuk menampilkan rasa terbaik yang banyak disukai semua orang. Makanan khas Jepang ini halal kok.

3 dari 5 halaman

Makanan Ringan Khas Jepang

Selain makanan berat untuk pengisi perut, jangan lewatkan juga makanan ringan khas Jepang berikut ini:

Okonomiyaki

Makanan Khas Jepang - Okonomiyaki © Diadona

Dibuat dari tepung terigu yang diencerkan bersama dengan kol dan isian lain seperti daging sapi, cumi-cumi dan juga kerang serta udang. Adoann dimasak dengan cara dipanggang diatas teppan dan diolesi mayonaise, saus okonomiyaki serta ditaburi aonori.

Gimana rasa makanan ringan kahs Jepang ini? Bentuknya emang serupa pancake tapi gurih banget dengan paduan adoann dan saos okonomiyaki, mayonnaise creamy, dan katsuoboshi yang gurih. Aduh, jadi ngiler nih!

Takoyaki

Makanan Khas Jepang - Takoyaki © Diadona

Kamu pasti sudah familiar dengan makanan khas Jepang ini ya kan? Jajan takoyaki berbentuk bulat yang dibuat dari adonan tepung dan berisi potongan gurita di dalamnya. Di Indonesia, jajan ini biasanya disajikan hangat-hangat dan dimakan dengan menggunakan tusuk gigi. Isian takoyaki pun dibuat bermacam, mulai dari isi keju, ayam, sosis dan masih banyak lagi.

Dorayaki

Makanan Khas Jepang - Dorayaki © Diadona

Kamu pasti tahu makanan khas Jepang ini dari film kartun Doraemon kan? Dorayaki adalah kue tradisional Jepang dengan bentuk yang bulat dan sedikit menggembung di bagian tengah. Ini karena dalamnya berisi kacang merah atau aneka rasa lainnya.

4 dari 5 halaman

Taiyaki

Makanan Khas Jepang - Taiyaki © Diadona

Untuk kamu yang suka nonton anime pasti pernah melihat makana khas Jepang yang berebntuk seperti ikan. Bentuknay emang unik banget, tapi ini bukanlah makanan dari ikan melainkan roti.

Taiyaki dicetak dan dipanggang secara terpisah, lalu setelah matang kedua bagian disatukan dengan selai kacang merah. kenapa sih bentuknya ikan? Ini karena zaman dahulu, di Jepang ada tradisi makan ikan kurisi saat ada hal baik datang dan saat memohon nasib baik. Inilah yang kemudian jadi awal kenapa makanan khas Jepang ini berbentuk ikan kurisi.

Penasaran nggak dengan rasanya?

Manju

Makanan Khas Jepang - Manju © Diadona

Meskipun merupakan makana khas Jepang dan yang tertua setelah kue mochi, namun manju sebenarnya bersal dari china. Hanya aja kue manju dari cina punya siian daging, sedangkan manju Jepang adalah kue kukus manis bertekstur lembut dengan isian selai kacang merah. Apa bedanya dengan mochi? Manju punya kosnistensi yang lebih seperti kue ketimbang kenyal seperti halnya kue mochi.

Dango

Makanan Khas Jepang - Dango © Diadona

Bentuknya bulat dan terbuat dari tepung beras. Makanya, teksturnya kenyal lembut namun tegas dengan rasa bervariasi tergantung pada isi makanan khas Jepang satu ini. Dan tahu nggak sih kalau jajanan ini sudah berumur tua banget dan dulunya dijual oleh pedagang kaki lima di dekat kuil di sepanjang jalan Tokaido

5 dari 5 halaman

Mochi

Makanan Khas Jepang - Mochi © Diadona

Untuk kamu yang doyan menjajal panganan dari luar neegri pasti kenal dengan makanan khas Jepang satu ini. Teksturnya yang kenyal diciptakan dari butirn beras atau beras ketan yang dipukul dengan palu kayu hingga menjadi pasta yang fleksibel. Ada beberapa jenis mochi yang semuanya mengandung bahan yang berbeda-beda.

Dan karena tekturnya yang lembut dan kenyal itu banyak yang berangapan aklau makana khas Jepang ini berbahaya kalau sampai tertelan secara utuh.

Kakigori

Makanan Khas Jepang - Kakigori © Diadona

Kakigori ini emang bukan makanan sih, tapi wajib banget masuk dalam daftar sajian Jepang yang kudu kamu coba? Kenapa gitu?

Lihat deh tampilnnya, masak enggak bikin ngiler? Kakigori adalah es serut Jepang yang rasanya tergantung pada siraman sirup di atasnya. Ada kakigori yang dibuat dari es alami dengan rasa yang lembut banget namun ada juga yang renyah dalam gelas cup.

Saat musim panas datang, es ini banyak dijumpai di berbagai toko.

Makanan khas Jepang di atas bikin ngiler dan kepengen kan?

Beri Komentar