12 Manfaat Telur Bebek, Biar Amis Nutrisinya Nggak Kaleng-Kaleng Lho

Reporter : Iwan Tantomi
Rabu, 26 Februari 2020 21:28
12 Manfaat Telur Bebek, Biar Amis Nutrisinya Nggak Kaleng-Kaleng Lho
Salah satu contoh yang gampang ditemui adalah manfaat telur bebek yang banyak digunakan untuk melengkapi ramuan jamu tradisional.

Menjaga kesehatan bisa dilakukan lewat berbagai cara, salah satunya memilih bahan makanan yang tepat. Telur bebek telah lama dipercaya mampu menyehatkan tubuh. Salah satu contoh yang gampang ditemui adalah manfaat telur bebek yang banyak digunakan untuk melengkapi ramuan jamu tradisional.

Untuk membedakan telur bebek dengan telur ayam pun cukup mudah. Selain cangkang telur bebek yang lebih tebal dan ukurannya lebih besar, kandungan gizinya pun berbeda, lho. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1 dari 7 halaman

1. Kaya Omega 3

ilustrasi © Diadona

Selain kaya protein, manfaat telur bebek lainnya yang tak kalah penting adalah sebagai sumber asam lemak omega-3. Bermanfaat untuk mengurangi kepikunan, menjaga kesehatan kulit, nutrisi penting ini juga menjaga kesehatan jantung dan mengurangi peradangan. Bukan hanya baik bagi orang dewasa, rutin konsumsi telur bebek membantu anak-anak meningkatkan daya ingat dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Lebih Padat Nutrisi

Telur memang dikenal sebagai bahan makanan bernutrisi yang mudah ditemukan dan cukup terjangkau harganya. Khususnya untuk telur bebek, bukan hanya tinggi kandungan gizinya tapi juga rendah kalori. Manfaat telur bebek inilah yang banyak dicari oleh mereka yang sedang menjalani pola makan rendah karbohidrat atau ketogenik.

Per 70gram telur bebek, terdapat total 130 kalori, 10gram lemak, 9gram protein dan 1gram karbohidrat. Bandingkan dengan nutrisi dalam telur ayam yang mengandung 71 kalori, 5gram lemak, dan 6gram protein. Bedanya, kolesterol telur bebek pun lebih tinggai sehingga bagi penderita kolesterol tinggi sebaiknya membatasi konsumsinya.

2 dari 7 halaman

3. Tinggi Vitamin B12

ilustrasi © Diadona

Satu telur bebek atau sekitar 70gram per porsi dapat memenuhi 63% dari kebutuhan harian vitamin B12. Manfaat telur bebek yang satu ini nggak bisa diremehkan karena diperlukan untuk pembentukan DNA dan menjaga kesehatan sel darah merah.

Kadar vitamin B12 yang rendah dapat memicu masalah yang berkaitan dengan sistem saraf, keseimbangan, daya ingat bahkan merasa selalu lelah. Uniknya, kadar vitamin ini dalam telur bebek jumlahnya lima kali lipat dibandingkan telur ayam, lho.

4. Lebih Banyak Vitamin D

Kecukupan vitamin D harian yang direkomendasikan mendukung sehatnya tulang dan kulit serta memperbaiki suasana hati. Uniknya, kadar vitamin D dalam setiap telur bebek bisa berbeda-beda. Penyebabnya ada pada seringnya bebek terkena paparan sinar matahari saat dibiarkan berkeliaran di padang rumput.

3 dari 7 halaman

5. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

ilustrasi © Diadona

Selain kaya vitamin B12, manfaat telur bebek juga baik bagi kesehatan sistem saraf. Kolin dalam telur bebek dapat memenuhi 33% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Konsumsi yang rutin membantu tubuh menciptakan neurotransmitter yang akan membantu kinerja sel-sel saraf di seluruh tubuh.

6. Manfaat Telur Bebek untuk Ibu Hamil

Tinggi nutrisi, manfaat telur bebek pun terbilang baik bagi ibu hamil. Mulai dari perkembangan janin yang lebih sehat berkat asupan protein yang cukup tinggi, kandungan kolin yang mempengaruhi perkembangan otak janin, hingga membantu menjaga kekebalan tubuh ibu hamil.

Tak perlu ragu karena telur bebek aman dikonsumsi ibu hamil, asal pastikan memakannya dalam kondisi matang sepenuhnya. Konsumsi makanan mentah dapat berisiko terkontaminasi bakteri yang dapat mengancam kesehatan ibu dan janin.

Selain itu, batasi konsumsi telur asin yang tinggi garam karena dapat memicu edema atau tekanan darah tinggi. Begitu juga kadar kolesterolnya yang tinggi, sebaiknya konsultasikan pada dokter tentang berapa banyak telur bebek yang boleh dikonsumsi selama masa kehamilan.

4 dari 7 halaman

7. Menjaga Kesehatan Reproduksi

ilustrasi © Diadona

Bukan hanya baik dikonsumsi oleh ibu hamil, manfaat telur bebek pun dapat digunakan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan organ reproduksi. Kandungan selenium yang dapat memenuhi sekitar 36% dari kebutuhan harian ini berperan penting dalam fertilitas, terutama pada pria. Sedangkan bagi perempuan, vitamin E dan B2 dapat menyeimbangkan hormon dan menjaga kesehatan ovum sehingga memastikan masa kehamilan yang lebih sehat.

8. Menambah Stamina

Merasa sering lelah atau lemas di tengah padatnya aktivitas? Bisa jadi kurang tenaga, nih. Coba selipkan menu berbahan telur bebek dalam menu sarapan atau bekal makan siang. Kandungan protein dan kalori yang cukup tinggi dipercaya dapat meningkatkan stamina. Alasan ini juga yang mendorong orang-orang untuk menambahkan telur bebek misalnya pada jamu atau Teh Talua khas Sumatera Barat yang digadang-gadang bisa meningkatkan stamina.

5 dari 7 halaman

9. Menyehatkan Mata

ilustrasi © Diadona

Satu lagi manfaat telur bebek yang lebih baik ketimbang telur ayam. Kandungan vitamin A di dalam 1 telur bebek bisa memenuhi 9% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan atau sekitar 480 IU. Jumlahnya yang dua kali lipat dibandingkan telur ayam ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Tentu saja pengaruhnya akan lebih maksimal jika dikombinasikan dengan asupan sayur dan buah yang kaya vitamin A.

10. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Banyaknya penyakit yang mengancam kesehatan membuatmu was-was setiap kali beraktivitas. Manfaat telur bebek yang kaya nutrisi seperti kandungan protein, zat besi, vitamin A dan E dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar nggak mudah terserang penyakit. Yuk, konsumsi telur

6 dari 7 halaman

11. Biar Manfaat Telur Bebek Makin Optimal

ilustrasi © Diadona

Melihat banyaknya manfaat telur bebek, saatnya rutin memakannya. Bukan hanya dalam bentuk telur asin, tapi ada banyak cara untuk menikmatinya. Untungnya cara memasak telur bebek nggak jauh berbeda dengan telur ayam.

Telur bebek lebih berat dan lebih besar dari telur ayam biasanya akan membutuhkan lebih banyak waktu memasak. Telur bebek juga lebih cocok untuk resep tertentu daripada jenis telur lainnya karena memiliki rasa yang lebih kaya dan kandungan lemak yang lebih tinggi di dalam kuning telur.

Bedanya dengan telur ayam, telur bebek bisa memberikan tekstur kenyal ketika direbus, diaduk atau digoreng. Selain itu, perlu diingat saat mengolah telur bebek harus sepenuhnya matang, yang ditandai dengan perubahan kuning telur dan putihnya menjadi padat. Hal ini sangat penting untuk menghindari kemungkinan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella, pemicu keracunan makanan.

Walau dianggap lebih amis daripada telur ayam, telur bebek cukup populer di kalangan tukang roti atau koki pastry karena memiliki rasio kuning telur dan putih telur yang lebih besar. Jumlah kuning telur yang lebih besar memberi citarasa yang lebih kaya dan teksturnya pun lebih padat. Namun, telur bebek nggak cocok sebagai bahan untuk resep yang diolah secara au bain marie atau terkena panas tidak langsung seperti tiramisu, icing, mayones buatan sendiri atau saus hollandaise.

7 dari 7 halaman

12. Jangan Salah Menyimpan Telur Bebek, ya!

ilustrasi © Diadona

Dalam mendapatkan manfaat telur bebek, perlu diingat cara menyimpan dan penanganan yang tepat. Saat memegang telur bebek misalnya, selalu pastikan tangan, permukaan, dan peralatan yang bersentuhan dengan telur bebek dicuci secara menyeluruh dalam air sabun yang hangat, untuk mencegah agar Salmonella tidak menyebar ke makanan lain. Selain itu, telur bebek juga harus disimpan dalam wadah atau kotak di lemari es yang jauh dari makanan siap saji.

Dibandingkan dengan telur ayam, manfaat telur bebek dianggap lebih baik bagi kesehatan, asal dikonsumsi sesuai kebutuhan. Yuk, nikmati lezatnya telur bebek untuk menu makan sehari-hari!

Beri Komentar