12 Kuliner Pekalongan, Lezatnya Bikin Ketagihan!

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 5 Mei 2020 12:35
12 Kuliner Pekalongan, Lezatnya Bikin Ketagihan!
Kuliner Pekalongan yang nggak ketinggalan adalah nasi megono.

Makanan khas dari suatu daerah menjadi suatu harta berharga bagi setiap daerah yang ada. Sebab makanan khas tersebut dapat menjadi suatu cerminan budaya dan keanekaragaman yang ada di satu daerah tertentu. Dan Indonesia juga menjadi surga untuk keanekaragaman kuliner yang semuanya menggugah selera. Sebagai contohnya adalah daerah Pekalongan yang juga memiliki banyak sekali makanan khas. Makanan khas Pekalongan dapat menjadi destinasi wisata kuliner unggulan bagi kamu.


Kuliner Pekalongan sendiri memiliki banyak macam dengan variasi rasa yang berbeda-beda. Akan tetapi, yang jelas semua makanan khas tersebut pasti memiliki cita rasa yang jempolan dan sangat lezat. Sebelum mengetahui apa saja makanan khas daerah ini, maka kenali dahulu seperti apa Kota Pekalongan itu pada ulasan di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Kuliner Khas Pekalongan

Saat melintasi Kota Batik, Pekalongan, rasanya kurang afdol gitu kalau nggak mampir buat mencicipi kulinernya. Mengingat kuliner di sana merupakan kuliner favorit yang sering dicari wisatawan. Percampuran budaya di Pekalongan membuat cita rasa kuliner Pekalongan jadi beraneka rasa dan unik.

Nah, biar Kamu nggak penasaran, kuliner khas Pekalongan apa yang bisa dicicipi, Kamu harus simak bahasan di bawah ini!

 

Sego Megono

      View this post on Instagram      

A post shared by Oscar Permadi (@oscarpermadi) on

 


Rekomendasi kuliner Pekalongan yang pertama adalah Sego Megono. Menu makanan khas yang satu ini merupakan makanan yang terdiri dari nasi yang dilengkapi oleh sayur olahan nangka muda. Nangka muda yang ada di sego megono ini diiris dengan bentuk yang kecil-kecil.

Makanan sego megono ini biasanya akan digunakan sebagai makanan untuk sarapan bagi masyarakat asli Pekalongan. Akant tetapi menu makanan yang satu ini juga bisa digunakan untuk menu makan siang ataupun menu makan malam. Untuk lauk nya sendiri bisa dilengkapi dengan olahan lain yang lebih bermacam-macam.

 

Tauto

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Nila Adriana (@niladriana) on

 


Kemudian kuliner Pekalongan yang kedua adalah Tauto. Tauto ini merupakan olahan soto akan tetapi dengan tambahan tauco dalam bumbunya. Disinilah letak keunikan dari tauto ini karena menggunakan tauco sebagai tambahan bumbu di olahan tauto ini.

Untuk tauto sendiri karena berbentuk seperti soto, maka daging juga bisa ditambahkan dalam menu ini. Untuk dagingnya sendiri bisa beraneka macam mulai dari daging ayam, sapi, atau bahkan kerbau. Itu semua akan tergantung selera masing-masing. Pelengkap dari Tauto ini adalah sambal yang khas dari Pekalongan dengan rasa yang pedas.

 

Pindang Tetel

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by temankolaborasi (@temankolaborasi) on

 

 

Meskipun memiliki nama pindang, olahan ini justru tidak mengandung ikan sama sekali. Melainkan tetelan sapi. Pindang tetel menjadi salah satu kuliner Pekalongan yang wajib untuk kamu coba ketika mengunjungi kota ini. Saat proses memasak makanan ini, biasanya ditambahkan kluak atau kluwek untuk memberikan warna gelap, persis seperti proses memasak rawon daging pada daerah Jawa Timur.

Hidangan pindang tetel ini akan lebih lengkap jika disajikan dengan tambahan kerupuk warna-warni yang semakin membuatnya menggoda lidah kamu untuk dicicipi.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Pekalongan

Menjadi kota batik dan memiliki sejumlah kuliner yang lezat, kota Pekalongan layak untuk kamu jadikan sebagai destinasi wisata kamu yang berikutnya. Ada banyak kuliner Pekalongan yang lezat untuk kamu coba dan cicipi di sana, terutama makanan khas dari kota tersebut tentunya. Berikut ini adalah beberapa pilihan wisata kuliner Pekalongan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke kota batik tersebut:

 

Kluban

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Hilma Nur Aini (@hilma_menilhappykitchen) on

 

Hidangan kluban mungkin akan hampir sama dengan olahan kulupan seperti yang ada di Jawa Timur. kuliner Pekalongan yang satu ini memadukan sayur kol, kacang panjang, bayam, tauge, serta kangkung yang telah direbus dan kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa. Olahan kluban ini biasanya identik dengan rasa pedas dan akan disajikan pada saat lebaran tiba.

 

Ongol-ongol

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ???????????????????????????? ???????????? (@cynthiahali) on

 

 

Kuliner Pekalongan yang satu ini mungkin akan lebih tepat jika disebut sebagai makanan ringan atau camilan. Hidangan yang satu ini disebut sebagai ongol-ongol. Ongol-ongol ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu yang mana dicampurkan dengan gula merah atau gula jawa sebagai pelengkapnya. Untuk makanan satu ini banyak yang menyukainya karena rasanya yang manis, gurih, dan juga cukup mengenyangkan untuk dinikmati.


Lontong Lemprak

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by ????????????????? ???????????????????? (@myokinor) on

 

Hidangan yang satu ini merupakan menu yang terbuat dari bahan utama yaitu ayam kampung. Ayam kampung yang telah digoreng kemudian diberikan tambahan kuah kental yang memiliki aroma dan bumbu rempah yang sangat kuat. Kuliner Pekalongan yang satu ini mungkin hampir mirip dengan olahan soto pula akan tetapi di Pekalongan menu ini disajikan dengan potongan lontong sebagai pelengkapnya.

3 dari 4 halaman

Tempat wisata Kuliner di Pekalongan

Kamu sudah pasti tidak asing lagi dengan kota ini, Kota Pekalongan merupakan salah satu kabupaten besar yang ada di Jawa Tengah. Kota ini sebenarnya lebih dikenal di mata dunia dan juga dalam negeri sebagai salah satu sentra dari pembuatan batik yang memiliki motif yang sangat beragam dan indah. Padahal, Pekalongan juga memiliki ciri khas lain yang dapat Kita nikmati sebagai contohnya adalah dari keberagaman kuliner Pekalongan yang khas. Lalu apa saja tempat wisata kuliner di Pekalongan yang bisa kamu singgahi? Berikut ulasannya untukmu

 

Sego Rakyat Mbah Ibah

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Segorakyatmbakibah (@segorakyatmbakibah) on

 


Sego megono adalah salah satu kuliner Pekalongan yang jadi daya tarik para wisatawan. Banyak sekali wisatawan yang datang ke Pekalongan mencari makanan khas ini.

Megono adalah kuliner yang berupa nasi dengan campuran sayur berbahan dasar nangka muda yang di cacah dan dicampur dengan parutan kelapa berserta bumbu urap.

Sego megono mbah Ibah yang ada di Taman Sorogenen, Jalan Mawar, Kota Pekalongan merupakan salah satu yang legendaris. Kamu wajib ke sana buat rasakan cita rasa yang authentic. Warung ini buka dari jam 08.00 pagi sampai jam 02.00 dini hari lho.

 

Nasi Uwet H. Zarkasi

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by KULINER JOGJA (@jogjacarimakan) on

 

Saat datang ke Pekalongan rasanya Kamu pun nggak rugi bila menyantap Nasi Uwet di warung pak H. Zarkasi. Nasi Uwet ini adalah kuliner Pekalongan dengan olahan nasi yang dipadu dengan olahan daging kambing berbumbu rempah serta kuah yang gurih. Nasi uwet H. Zarkasi ini terkenal lho di Pekalongan. Kamu bisa menjumpainya di Jalan Sulawesi No. 25 Kelurahan Bendan Kergon, Kecamatan Pekalongan Barat.

 

Warung Garang Asem H. Masduki

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by na'immatul jannah ???? (@naimma_jannah) on

 

Jika Kamu suka sajian berkuah, Kamu bisa mampir ke warung H. Masduki dan menikmati sajian garang asem. Uniknya garang asem di Pekalongan ini nggak pake daun pisang saat menyajikannya. Garang asem ini disajikan dalam mangkok dengan potongan belimbing wuluh, tomat hijau dan cabe rawit. Kamu bisa mendapatkan sajian kuliner Pekalongan satu ini di Jalan Jenderal Sudirman No. 169, Pekalongan. Arah ke Jakarta dari Semarang.

4 dari 4 halaman

Kuliner Malam Pekalongan

Nggak usah khawatir kalau kamu lapar tengah malam di kota Pekalongan. Ada beberapa rekomendasi kuliner Pekalongan yang bisa kamu kunjungi saat malam hari. Rasanya pun sangat menggugah selera, sehingga cocok disntap saat malam untuk memanjakan perut. Penasaran? Silahkan simak beberapa ulasan kuliner malam Pekalongan berikut ini.

 

Rumah Makan Kepiting ‘Gemes’ Pak Mamo

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by CRIZCRUZ WORKSHOP (@joecrizcruz) on

 


Menikmati sajian seafood di Pekalongan juga bisa lho! Di sini menyajikan menu sepecial berupa kepiting. Kamu bisa menikmati kepiting super itu dengan beragam bumbu masakan seperti saus tiram, asam manis dan masih banyak lainnya. Kamu bisa menuju jalan Pantai Sari Pekalongan, Panjang Wetan, Pekalongan Utara. Untuk menikmati Kepiting Gemes Pak Mamo itu. Wajib banget dicoba nih kuliner Pekalongan satu ini.

 

Sop Buntut Bu Leman 

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by RM SOP BUNTUT BU LEMAN PKL (@sopbuntut_buleman) on

 

 

Selain garang asem, Kamu juga bisa menikmati sajian kuliner Pekalongan berkuah lainnya. Seperti Sop buntut satu ini. Duh, rasanya Kamu nggak rela untuk bangun dari kursi kalau udah ketemu Sop Buntut bu Leman ini. Rasa kaldunya yang gurih membuat Kamu ingin terus menikmati setiap suapan. Jika penasaran Kamu bisa langsung datang ke Jalan Dr. Wahidin No. 91 D, Noyontaan, Pekalongan Timur.

 

Nasi Kebuli di RM Puas Pekalongan

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by yes. this is danar. (@isthisdanar) on

 

 

Rumah makan Puas rasanya nggak boleh juga Kamu lewatkan. Rumah makan puas ini, sangat terkenal lho Pekalongan. Letaknya ada di Jalan Surabaya yang terkenal dengan kampung Arab. Sajian nasi kebuli yang ada di sana memanjakan lidah para pengunjung lho! Jadi Kamu harus mampir ke sini deh!

 

Nah, itulah rekomendasi 10 makanan khas Pekalongan yang wajib untuk kamu coba ketika pergi ke Pekalongan. Jangan lupa berwisata kuliner saat di Pekalongan ya

Beri Komentar