Pandemi Pengaruhi Kesehatan Mental Anak, Ini Tips Bantu Mereka Melaluinya

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 20 Januari 2021 15:37
Pandemi Pengaruhi Kesehatan Mental Anak, Ini Tips Bantu Mereka Melaluinya
Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendampingi anak.

Hingga saat ini wabah corona masih menjadi salah satu masalah yang menghantui kita. Mau nggak mau kita harus terus menjalani kehidupan di masa pandemi sampai waktu yang nggak bisa ditentukan.

Perubahan yang terjadi akibat pandemi tentu memengaruhi tumbuh kembang anak kita. Sebelumnya mereka mungkin bisa aktif dan bebas melakukan kegiatan di luar rumah.

Namun kini anak harus bermain dan belajar di dalam rumah. Dilansir dari Fatherly, Royal Children Hospital melakukan polling kesehatan pada bulan Juni 2020 tentang dampak pandemi.

Ternyata sepertiga orang tua melaporkan bahwa pandemi memberikan dampak negatif pada kesehatan mental anak-anak mereka. Hampir setengah dari orang tua menganggap pandemi berbahaya untuk kesehatan mental mereka sendiri.

1 dari 4 halaman

ilustrasi anak sedih © Diadona

Pada Juni 2020, sekelompok peneliti di Inggris menemukan bahwa isolasi sosial dan kesepian bisa memengaruhi kesehatan mental anak yang sebelumnya sehat. Mereka menemukan bahwa isolasi ini meningkatkan risiko depresi dan kemungkinan kecemasan.

Efek tersebut bahkan bisa bertahan sampai beberapa tahun. Bahkan dampak isolasi sosial ini mungkin sangat signifikan dirasakan oleh anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Beberapa orang tua dengan anak tunggal juga menyuarakan kekhawatiran mereka tentang perasaan anak yang kesepian. Sulit untuk menggantikan arti interaksi dengan teman sebaya bagi seorang anak.

Namun, bukan berarti kita nggak bisa membantu anak. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendampingi anak menjalani masa pandemi.

2 dari 4 halaman

Luangkan waktu untuk bermain dengan anak

ilustrasi anak sedih © Diadona

Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan menyediakan waktu setiap hari untuk mengajak anak bermain. Mungkin kedengarannya sulit, tapi hal ini akan sangat membantu mereka.

Tunjukkan pada anak bahwa kita menghargai kehadiran mereka. Hal itu tentu kita lakukan demi kesejahteraan, kesehatan, dan pembelajaran bagi anak.

3 dari 4 halaman

Aturan yang jelas tentang penggunaan gadget

Ilustrasi Anak Sedih © Diadona

Penting untuk menjelaskan pada anak tentang penggunaan media dari teknologi digital yang aman dan bertanggung jawab. Aturan yang jelas tentang penggunaan gadget juga harus diterapkan dengan tegas.

Tapi hal itu juga bisa kita manfaatkan untuk mendorong anak terlibat secara aktif dengan teman-temannya mealalui permainan di gadget. Kita bisa membantu anak berkomunikasi dengan temannya melalui gadget mereka.

4 dari 4 halaman

Menjadi contoh yang baik

Ilustrasi Anak Sedih © Diadona

Seperti yang kita ketahui, anak sering meniru orang tua mereka. Cara terbaik untuk memastikan anak-anak tumbuh sehat dan bahagia adalah dengan menjadi teladan yang baik bagi mereka.

Lebih banyak meluangkan waktu untuk bermain di rumah bersama anak-anak akan baik untuk kesehatan dan kebahagiaan keluarga. Waktu yang berkualitas itu tentu sangat berharga.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

 

Beri Komentar