Tumbuh Sendirian, Ini yang Harus Dilakukan Saat Anak Tunggal Merasa Kesepian

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 2 September 2020 07:37
Tumbuh Sendirian, Ini yang Harus Dilakukan Saat Anak Tunggal Merasa Kesepian
Cara ini bisa dilakukan agar anak tunggal nggak merasa kesepian, Moms!

Terlahir sebagai anak tunggal memang punya sisi positif dan negatif. Sisi positifnya mungkin orang tua jadi bisa lebih fokus dalam mendidik anak. Kita nggak perlu kebingungan membagi kasih sayang pada anak lainnya.

Namun yang jarang disadari adalah sisi negatif yang satu ini. Bukan berarti pilihan kita untuk punya satu orang anak saja akan langsung membuat mereka merasa kesepian. Tapi yang perlu dipahami adalah sangat mungkin anak merasa kesepian karena dirinya hanya sendirian di dalam keluarga.

Dilansir dari Young Parents, ada kalanya anak merindukan rasanya ditemani oleh anak lain seusianya. Hal ini sebenarnya juga terjadi pada anak yang punya saudara laki-laki dan perempuan.

1 dari 4 halaman

ilustrasi anak menangis © Diadona

Bahkan jika mereka bukan anak tunggal, nggak ada jaminan dia dan saudaranya akan bermain bersama dengan baik. Beberapa di antaranya bisa aja merasakan rasa kesepian yang sama.

Tapi, anak tunggal sangat mungkin mengeluh pada kita bahwa dia merasa kesepian. Terutama setelah dia mulai bergaul dengan orang lain di luar rumah.

Setelah itu, anak biasanya menyadari bahwa beberapa anak lain punya saudara laki-laki dan perempuan. Sementara dia nggak punya struktur keluarga yang mirip dengan orang lain.

2 dari 4 halaman

Jika anak mulai memikirkan hal ini, tentu mereka masih belum paham tentang konsekuensi dari punya saudara dalam keluarga. Mereka nggak tahu bahwa punya kakak atau adik akan membuatnya harus mau berbagi perhatian orangtuanya atau bahkan nggak akur dengan saudaranya. 

Untuk itu, saat anak berada dalam fase ini, kita harus mengambil tindakan untuk mengatasinya. Kita bisa mendorong anak untuk lebih banyak melakukan kegiatan dengan teman-temannya.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Kegiatan yang terorganisir dan diawasi oleh orang dewasa tentu menjadi pilihan yang baik untuk anak. Misalnya kita bisa mengajak anak untuk bergabung dengan kelompok hobi seperti melukis atau olahraga. 

Dengan cara ini, anak tunggal akan belajar tentang kepercayaan dan keterampilan sosial. Selain itu mereka juga akan mulai belajar mengatur kegiatan.

Sebagai orang tua, kita harus mencari kelompok hobi yang sesuai dengan umur anak. Akan lebih baik jika kelompok tersebut berada di lingkungan kita dan berisi orang-orang yang kita percaya sehingga kita akan merasa tenang untuk melepaskan anak.

4 dari 4 halaman

Selain cara ini, kita juga bisa membantu anak untuk mengatasi rasa kesepian mereka dengan memanfaatkan sepupu atau teman sebaya mereka. Ajaklah anak-anak untuk bermain di rumah pada akhir pekan.

Bergaul dengan sepupu yang punya usia sama akan sangat menyenangkan bagi anak. Semakin sering dilakukan maka anak akan lebih cepat mengatasi rasa kesepian mereka.

Semoga cara ini bisa menjadi solusi buat kamu ya!

Beri Komentar