Tips Supaya Si Kecil Gak Gampang Sakit di Cuaca yang Tak Menentu

Reporter : Riza Umami
Jumat, 24 Desember 2021 19:17
Tips Supaya Si Kecil Gak Gampang Sakit di Cuaca yang Tak Menentu
Ini caranya Mom.

Cuaca yang tak menentu biasanya membuat anak jadi rentan terkena penyakit seperti batuk, flu dan lain sebagainya. Kalau udah begini, biasanya ibu yang bakalan pusing apalagi kalau si kecil sampai jatuh sakit.

Saat cuaca berganti-ganti seperti ini, tubuh harus menyesuaikan diri dengan pergantian suhu dalam waktu cepat. Selain itu, perubahan cuaca ini juga berpengaruh terhadap air yang digunakan tiap harinya lho.

1 dari 5 halaman

Dilansir dari laman alodokter.com, air akan jadi lebih keruh saat cuaca sedang panas. Udara pun mengandung lebih banyak kotoran dan debu. Sedangkan, di musim hujan biasanya air jadi mudah terkontaminasi dengan bakteri atau kuman yang bisa bikin anak jadi sakit.

Oleh sebab itulah, ibu perlu mengetahui cara supaya si kecil gak gampang sakit di cuaca yang sedang tak menentu seperi itu agar buah hati terhindar dari virus, bakteri atau kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Berikut ini beberapa tipsnya.

2 dari 5 halaman

Menjaga Kebersihan

ilustrasi anak mandiri © Diadona

Ibu perlu membiasakan untuk menjaga kebersihan sedari usianya masih belia karena tempat-tempat yang kotor itu biasanya menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit. Biasakan anak untuk mandi dengan rutin serta cuci tangan sesering mungkin.

3 dari 5 halaman

Olahraga Teratur

Untuk membuat tubuh anak tetap bugar dan sehat, ibu perlu mengajak anak untuk olahraga secara teratur. Ini akan sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus dan bakteri. Ibu bisa mengajak si kecil melakukan olahraga ringan seperti lari atau yang lainnya.

4 dari 5 halaman

Tidur yang Cukup

Ilustrasi anak tidur siang © Diadona

Pastikan anak pun tidur dan mendapatkan istirahat dengan cukup karena bila anak kurang tidur, hal ini bisa menurunkan produksi sitokin yang bertugas untuk menangkal infeksi atau radang. Oleh karena itulah, pastikan anak mendapatkan tidur yang cukup ya Mom.

5 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan Bergizi

Terakhir, untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah sakit, anak perlu banyak makan makanan yang bergizi dan bernutrisi. Pastikan si kecil mendapatkan asupan yang lengkap mulai dari karbohidrat, protein, mineral dan juga berbagai vitamin dari makan-makanan yang bergizi.

Beri Komentar