Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Dot untuk Bayi

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 19 Januari 2021 16:37
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Dot untuk Bayi
Tips membeli empeng atau dot untuk bayi.

Mengisap merupakan salah satu insting yang dimiliki bayi sejak mereka lahir. Semua bayi dilahirkan dengan kebutuhan untuk menyusu pada ibunya.

Kemampuan ini menjadi penting karena bayi membutuhkan refleks mengisap untuk makan dan minum. Beberapa bayi bahkan mengisap untuk menenangkan diri mereka.

Maka dari itu, dot atau empeng bayi menjadi salah satu produk yang cukup populer di masyarakat. Dilansir dari Healthy Children, kita bisa memberikan empeng jika bayi punya keinginan menyusu lebih dari apa yang disediakan ASI atau botol susu.

Tapi kita nggak boleh menggunakan empeng untuk mengganti atau menunda makan. Berikan empeng pada bayi hanya jika mereka nggak lapar.

1 dari 4 halaman

ilustrasi empeng bayi © Diadona

Healthy Children juga memberikan beberapa tips sebelum membeli empeng untuk bayi. Dot biasanya tersedia dalam berbagai ukuran.

Kita juga akan menemukan berbagai bentu dot dari versi 'ortodontik' persegi hingga tipe botol standar. Dalam hal ini, dibutuhkan proses untuk mencoba berbagai jenis hingga kita menemukan jenis mana yang disukai bayi.

2 dari 4 halaman

ilustrasi empeng bayi © Diadona

Cari sebuah model dengan dot yang empuk. Lebar pelindung setidaknya 1.5 inci sehingga bayi nggak bisa memasukkan seluruh empeng ke dalam mulutnya.

Selain itu, pelindung harus terbuat dari plastik kokoh dengan lubang udara. Pastikan empeng terbuat dari bahan yang aman setelah dicuci.

3 dari 4 halaman

Anak Ngempeng © Diadona

Ikuti petunjuk yang ada pada produk dan rendam dalam air panas untuk membuatnya steril sebelum digunakan oleh bayi. Setelah itu, pastikan untuk mengeringkan empeng agar bayi nggak kepanasan saat menggunakannya.

Membersihkan empeng dengan air panas harus dilakukan secara rutin agar bayi nggak terkena kuman. Setelah direndam dengan air panas, cuci dengan sabun dan bilas dengan air jernih.

4 dari 4 halaman

Anak Ngempeng © Diadona

Kita juga bisa membeli beberapa dot atau empeng tambahan. Biasanya benda kecil ini suka jatuh ke lantai gampang hilang.

Perlu juga kita pahami bahwa kita nggak bisa menggunakan dot dari botot bayi sebagai empeng. Jika bayi mengisap dengan keras, bagian dot bisa keluar dari ring dan mencekiknya.

Dot juga bisa rusak seiring dengan berjalannya waktu. Beberapa produsen bahkan mencantumkan tanggal kadaluwarsa pada empeng, untuk itu jangan lupa untuk memeriksanya ya!

 

Beri Komentar