Tips Cegah Sakit Punggung dan Leher pada Anak Selama Kelas Online

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 23 Desember 2020 07:37
Tips Cegah Sakit Punggung dan Leher pada Anak Selama Kelas Online
Yuk, bantu anak merasa nyaman selama kelas online!

Wabah corona masih menghantui kita hingga saat ini. Hal ini menyebabkan pandemi masih terus berlanjut dan belum diketahui secara pasti kapan akan berakhir.

Sementara itu, anak-anak harus terpaksa melanjutkan kegiatan sekolah mereka di rumah. Mau nggak mau anak-anak harus terbiasa menjalani sekolah secara online di masa pandemi.

Tentu akan banyak perubahan yang terjadi pada anak saat menjalani sekolah dari rumah. Salah satunya adalah rasa nggak nyaman saat terlalu lama duduk di depan layar selama kelas online.

Hal ini seringkali menyebabkan masalah sakit punggung hingga leher pada anak kita. Untuk itu, dilansir dari Times of India, berikut beberapa tips mencegah kondisi tersebut.

1 dari 4 halaman

Perbaiki posisi duduk anak

ilustrasi anak belajar © Diadona

Akan lebih baik jika meja belajar di rumah punya pola yang sama dengan di ruang kelas. Selain itu jangan membuat anak harus membungkuk atau berbaring saat melihat pelajaran melalui gadget.

Bantu anak untuk mempertahankan postur yang benar saat mereka duduk dan belajar di meja. Jika anak berusia di bawah 8 tahun, sebaiknya beri mereka kursi khusus yang sesuai dengan strukturnya agar nggak membahayakan punggungnya.

2 dari 4 halaman

Ajak anak melakukan peregangan saat jeda kelas

ilustrasi anak belajar © Diadona

Terlalu banyak melihat layar bisa memberikan dampak buruk buruk pada tubuh anak. Hal ini bisa menyebabkan tekanan pada mata, leher, dan otot punggung hingga membuat anak nggak bisa aktif secara fisik.

Solusi dari masalah ini adalah dengan mengajak anak melakukan peregangan selama 5-10 menit saat jeda kelas dan berjalan kaki sebentar. Hal ini akan membantu meregangkan otot dan meningkatkan fleksibilitas anak.

3 dari 4 halaman

Menyangga punggung bawah

Ilustrasi Anak Belajar © Diadona

Saat kita duduk dan fokus pada laptop, kita memberi banyak tekanan pada otot punggung bawah dan daerah pinggang kita. Stres ekstra juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak anak cenderung membungkuk atau memiliki postur tubuh yang buruk.

Untuk mengatasi masalah ini, coba sangga punggung bawah anak dengan menggulung bantal atau handuk yang nyaman di sandaran kursi saat mereka duduk. Tindakan ini akan membuat meja mereka terasa jauh lebih nyaman.

4 dari 4 halaman

Sebaiknya nggak menggunakan handphone

Ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Jika memungkinkan, sebaiknya kelas online memang dilakukan dengan menggunakan laptop atau komputer yang diletakkan di meja. Handphone punya layar yang lebih kecil dan bisa berdampak buruk pada mata anak.

Anak-anak yang melakukan kelas online dengan memegang sendiri handphone mereka, cenderung bersandar di sofa dan tempat tidur. Hal ini akan mengganggu fokus anak dan sudah menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk mengatasi hal itu.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

 

Beri Komentar