5 Tips Anak Cepat Gemuk dan Gembul, Bisa Diterapkan saat MPASI

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 26 Februari 2024 20:30
5 Tips Anak Cepat Gemuk dan Gembul, Bisa Diterapkan saat MPASI
Tips anak cepat gemuk ini mulai bisa moms terapkan saat Meng-ASI-i dan MPASI!

Ngomongin tentang tips anak cepat gemuk adalah struggle beberapa orang tua khususnya ibu-ibu. Masa-masa pertumbuhan anak dapat bervariasi secara individual loh Diazens, dan faktor-faktor seperti genetika, nutrisi, lingkungan dan perawatan kesehatan dapat memengaruhi perkembangan si kecil.

Anak yang memiliki pertumbuhan dan berat badan yang sehat adalah hal yang sangat diinginkan oleh setiap orang tua. Meskipun fokus utama seharusnya adalah kesehatan secara keseluruhan, berikut 15 tips anak cepat gemuk yang dapat membantu para ibu-ibu untuk mendukung anak agar tumbuh dengan baik dan mencapai berat badan yang ideal. 

 

1 dari 6 halaman

Pola Makan dan Nutrisi Yang Seimbang

Tips Anak Cepat Gemuk © Diadona

Pola makan dan nutrisi yang seimbang adalah kunci dalam memberikan tips agar anak cepat gemuk karena pengelolaan asupan makanan yang tepat sangat berperan penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam fase pertumbuhan anak yang cepat ini, tubuh anak memerlukan nutrisi yang mencukupi untuk mendukung perkembangan organ, sistem otot, dan tulang. 

Penting untuk menyajikan makanan anak yang kaya akan nutrisi agar anak mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh mereka, pastikan setiap makanannya mencakup karbohidrat, protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral atau biasa disebut sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna.

 

2 dari 6 halaman

Pilihan Makanan Bergizi

Tips Anak Cepat Gemuk © Diadona

Anak-anak yang mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan lemak sehat dapat memenuhi kebutuhan kalori dan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan, serta menjaga fungsi organ-organ vital 

Maka Pilihlah makanan yang tinggi kalori dan bergizi untuk anak. Contohnya termasuk buah-buahan seperti alpukat, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, telur, dan susu. Makanan ini dapat memberikan tambahan kalori sehat. Yang lebih penting lagi yaitu, memilih makanan yang berkualitas dapat memberikan energi yang berkelanjutan, meminimalkan risiko kelebihan berat badan yang tidak sehat atau obesitas, membantu membentuk kebiasaan makan yang positif sejak dini.  

 

3 dari 6 halaman

Makan Dalam Porsi Yang Sesuai

Tips Anak Cepat Gemuk © Diadona

Makan dalam porsi yang sesuai menjadi tips anak cepat gemuk karena angatur ukuran atau porsi makanan merupakan strategi yang cerdas untuk memastikan anak mendapatkan jumlah kalori yang cukup tanpa harus mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Porsi makan yang tepat juga memberikan keseimbangan antara kebutuhan kalori anak dan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan. Anak-anak yang makan dalam porsi yang sesuai dapat memastikan bahwa tubuh mereka mendapatkan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari, sementara tetap mempertahankan prinsip nutrisi yang seimbang. 

Maka dari itu pertahankan porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Hindari memberikan porsi yang berlebihan waktu makan utama dapat membantu meningkatkan asupan kalori harian. 

 

4 dari 6 halaman

Aktivitas Fisik

Tips Anak Cepat Gemuk © Diadona

Menjaga pola makan dan memberikan nutrisi yang seimbang ternyata tidak cukup untuk membuat anak cepat gemuk. Aktivitas fisik juga membantu agar anak cepat gemuk dan membantu dalam pembentukan massa otot, yang dapat memberikan  kontribusi positif terhadap berat badan yang sehat.

Olahraga dan kegiatan fisik seperti berlari, bersepeda, atau bermain di halaman luar dapat membantu membentuk tubuh anak dengan mengoptimalkan perkembangan otot dan tulang mereka. 

Aktivitas fisik juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental dan emosional anak. Anak-anak yang aktif cenderung memiliki tingkat stres yang lebih rendah dan pola tidur yang lebih baik, yang keduanya dapat memengaruhi keseimbangan berat badan.

Maka Doronglah anak untuk mengikuti atau berpartisipasi dalam aktivitas fisik yang sesuai dengan usia mereka. Olahraga juga membantu membangun otot, meningkatkan nafsu makan dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

 

5 dari 6 halaman

Berikan Contoh Makan Yang Baik

Tips Anak Cepat Gemuk © Diadona

Selain nutrisi yang seimbang dan pola makan yang baik, memberikan anak contoh bagaimana makan yang benar itu juga termasuk tips agar anak cepat gemuk loh Diazens. Anak-anak cenderung meniru atau mengikuti apa saja perilaku yang orangtua atau orang disekitarnya lakukan.

Maka cobalah untuk mencontohi anak untuk memilih makanan yang sehat dan diselingi dengan dukungan yang positif seperti memberikan pujian ketika anak sudah berhasil atau mau memakan makanan yang sehat. Hal ini membantu membangun kepercayaan diri mereka terkait kebiasaan makan yang baik.

Orang tua yang memberikan contoh pola makan yang baik dengan memilih makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, protein sehat dan karbohidrat akan memberikan sinyal positif kepada anak tentang makanan yang sehat. Anak-anak belajar tidak hanya dari apa yang diucapkan, tetapi juga dari apa yang dilihat dan dialami di sekitar merek.

 

6 dari 6 halaman

Nah dalam menuntun anak agar tumbuh sehat dan optimal itu memang tidak mudah Diazens. Dan ingat ya setiap anak memiliki kebutuhan tubuh yang berbeda-beda, tetapi dengan pendekatan dari orangtua yang penuh kasih dan kesabaran merupakan landasan yang terbaik bagi setiap anak. Semoga 5 tips anak cepat gemuk diatas dapat membantu ya Diazens!

Editor: Azzahra Zhafirah G.P

 

Beri Komentar