12 Tips Agar Bayi Mau Minum Susu Formula, Amunisi Penambah Nutrisi Buat Si Kecil

Reporter : Arifina
Rabu, 23 Agustus 2023 16:17
12 Tips Agar Bayi Mau Minum Susu Formula, Amunisi Penambah Nutrisi Buat Si Kecil
Begini caranya agar bayi lebih mudah untuk minum susu formula.

Susu formula menjadi pilihan bagi beberapa orangtua yang tidak bisa memberikan ASI eksklusif. Namun, tidak jarang bayi menunjukkan penolakan terhadap susu formula, sehingga memerlukan strategi agar bayi mau minum susu formula dengan baik. 

Padahal untuk kondisi tertentu, para ibu harus memperkenalkan bayi dengan susu formula. Hal ini bisa karena kondisi ibu bekerja, ataupun memang kondisi ASI yang dimiliki ibu kurang bisa mencukupi kebutuhan si kecil.

1 dari 13 halaman

Mengapa Bayi Tidak Mau Minum Susu Formula?

Tips Agar Bayi Mau Minum Susu Formula © Diadona

Dilansir dari Lovibaby, bayi cenderung memiliki preferensi terhadap rasa dan bau tertentu yang mereka kenal sejak lahir. Perubahan dari ASI ke susu formula bisa membuat bayi tidak mau meminumnya.

Selain itu, bayi yang sudah terbiasa mendapatkan ASI memiliki ikatan terhadap aliran susu dan sosok ibu. JAdi saat bayi harus minum susu formula, dia tidak terbiasa dengan situasi tersebut.

Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips agar bayi mau minum susu formula dengan mudah. Yuk simak!

2 dari 13 halaman

1. Perkenalkan dengan Botol atau Dot Sejak Dini

Biasanya alasan bayi susah untuk memulai minum susu formula karena tidak terbiasa dengan cara minumnya. Bagi yang bayi yang terbiasa minum ASI memang susah-susah gampang untuk memindahkannya.

Karena itu upayakan untuk memperkenalkan bayi pada dot atau botol yang mirip dengan puting ibu. Cara ini biasanya akan lebih mempermudah bayi saat minum susu formula.

3 dari 13 halaman

2. Oleskan Sedikit ASI pada Botol Dot

Membuat bayi lebih tertarik meminum susu formula bisa juga dilakukan dengan cara mengoleskan sedikit ASI pada botol dot yang akan digunakan. Tips ini akan membuat bayi seakan mengenali susu yang diminum adalah ASI dari sang ibu.

Dengan pembiasaan perlahan, lama kelamaan bayi akan lebih tertarik untuk menyusu tanpa melibatkan ibu.

4 dari 13 halaman

3. Pilih Jenis Susu Formula Sesuai Usia Bayi

Saat ini ada banyak sekali berbagai jenis susu formula di pasaran. Penting bagi para ibu untuk memperhatikan jenisnya, agar susu yang diminum sesuai dengan usia bayi.

Hal ini akan sesuai dengan kebutuhan si bayi dan menghindari adanya alergi atau masalah pencernaan karena susu yang salah lho!

5 dari 13 halaman

4. Perkenalkan Susu Formula dengan Bertahap

Tips Agar Bayi Mau Minum Susu Formula © Diadona

Bagi bayi yang terbiasa minum ASI memang akan kesulitan berpindah secara cepat pada susu formula. Maka, kamu perlu memperkenalkannya dengan bertahap.

Campurkan sedikit susu formula pada botol ASI yang kamu siapkan. Hari berganti hari tingkatkan jumlahnya ya. Langkah ini dapat membantu bayi terbiasa dengan rasa dan tekstur yang baru.

6 dari 13 halaman

5. Perhatikan Suhu Susu

Pastikan suhu susu formula yang diberikan kepada bayi sesuai dengan yang disarankan. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat membuat bayi menolak minum.

Usahakan untuk selalu memeriksa suhu susu sebelum memberikannya kepada bayi. Caranya, kamu bisa meneteskan susu di bagian dalam pergelangan tangan untuk memastikan suhu susu tidak terlalu panas.

7 dari 13 halaman

6. Perhatikan Posisi saat Menyusu

Meski minum dari botol, maka pastikan kamu tetap memperhatikan posisi saat bayi menyusu. Posisi yang nyaman akan membuat bayi menyusu dengan nikmat dan baik.

Sangga kepala bayi dan posisikan dengan sudut 45 derajat antara kepala dan leher saja. Jaga posisi botol tetap miring, bukan lurus ke atas atau ke bawah.

Posisi botol yang tepat akan mencegah bayi mengalami tersedak saat minum susu. Sekaligus, ini memghindari terlalu banyak susu yang masuk ke pencernaan bayi.

8 dari 13 halaman

7. Ajak Bayi Berinteraksi

Selama memberikan susu formula, coba ajak bayi berinteraksi dengan senyuman, bisikan lembut, atau kontak mata. Cara ini sebagai bentuk membangun bonding dengan anak walaupun tidak minum ASI lho!

Lakukan juga sentuhan (skin to skin) dengan bayi secara mendalam. Selain bonding, hal ini juga akan membuat bayi lebih nyaman saat minum susu dari botol dot.

9 dari 13 halaman

8. Konsisten

Jangan cepat menyerah, dan terus coba untuk memberikan susu formula secara konsisten kepada bayi. Kamu bisa memberikan jadwal tersendiri kapan bayi harus minum susu.

Dengan begitu, bayi cenderung lebih mudah terbiasa dan akan menerima makanan saat mereka tahu kapan waktunya tiba.

10 dari 13 halaman

9. Perhatikan Mulut Bayi

Tips Agar Bayi Mau Minum Susu Formula © Diadona

Saat proses menyusu dengan botol, kamu juga harus memperhatikan mulit bayi. Apakah bayi mengeluarkan suara tergagap, atau susu keluar dari sudut mulut.

Hal ini juga bisa untuk memastikan bayi menyusu dengan nyaman tanpa gangguan seperti aliran dot tersumbat.

11 dari 13 halaman

10. Jangan Paksa Bayi

Jika bayi tidak mau minum susu formula, jangan memaksanya. Tunggu sampai bayi lapar dan siap untuk minum susu formula.

Berikan susu kepada bayi dengan keinginannya. Jika memang sulit, maka kamu perlu mencobanya lebih sering agar bayi juga terbiasa pada saatnya.

12 dari 13 halaman

11. Beri Waktu Penyesuaian

Bayi juga butuh menyesuaikan diri akan kebiasaan lamanya. Karena itu, berikan susu formula dengan bertahap dan pelan-pelan saja.

Jika kamu harus bekerja, maka setidaknya 2 minggu sebelumnya mulailah memberikan susu di botol, Ini bertujuan agar bayi bisa lebih mudah menyesuaikan diri nantinya.

13 dari 13 halaman

12. Menjauhlah dari Jangkauan si Kecil

Ilustrasi Bayi Lucu © Diadona

Cara lainnya untuk memudahkan bayi minum susu formula, para ibu bisa menjauh lebih dulu. Biasanya, bayi yang mencium aroma ibunya akan menolak menyusu dari botol.

Kamu bisa meminta bantuan pada ibu, suami, atau keluarga yang lain untuk proses pemberian susu dari botol. Pastikan selalu memegangi botol susu bayi ya karena bisa menyebabkan bayi tersedak dan masalah lainnya.

Itulah sederet tips agar bayi mau minum susu formula. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar