Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat yang Benar dengan 1 dan 2 Salam

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 10 Januari 2020 16:20
Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat yang Benar dengan 1 dan 2 Salam
Begini melakukan tata cara sholat dhuha 4 rakaat dengan benar

Shalat dhuha merupakan shalat sunnah yang dilakukan di antara setelah terbit matahari hingga 15 menit sebelum waktu dhuhur tiba. Hukum melakukan shalat dhuha pun sunnah muakkad, artinya sangat dianjurkan. Makanya, kita sebagai umat muslim mesti tahu gimana melakukan tata sholat 4 rakaat maupun 2 rakaat.

Tata sholat dhuha 4 rakaat pada dasarnya sama dengan melakukan dhuha 2 rakaat. Namun, ada yang berpendapat bahwa tata sholat dhuha 4 rakaat bisa dengan 1 salam, tapi ada juga yang mengatakan tata sholat dhuha 4 rakaat harus dengan 2 salam.

Jadi, bagaimana melakukan tata cara sholat dhuha 4 rakaat? Simak artikel berikut, ya!

1 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat 2 Salam

Memang, pelaksanaan tata cara sholat dhuha 4 rakaat dibarengi dengan 2 salam. Bagaimana detail pelaksanaan? Gulir ke bawah, ya!

1. Niat

" Usholli sunnatadh dhuhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa."

Artinya:

“ Aku niat shalat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

2. Takbiratul ihram
3. Membaca Surat Al-Fatihah
4. Membaca Surah Ad-Dhuha di rakaat pertama dan Surah As-Syams di rakaat kedua (dianjurkan)
5. Ruku' dan Membaca do'a ruku'
6. I'tidal dan membaca do'a I'tidal
7. Sujud dan membaca do'a sujud
8. Duduk di antara dua sujud dan membaca do'a di antara dua sujud
9. Sujud dan membaca do'a sujud
10. Berdiri dan mengulang gerakan seperti rakaat pertama
11. Tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
12. Salam
13. Tuma'ninah (Tenang dalam shalat)

Nah, habis itu lakukan sholat 2 rakaat lagi hingga menjadi tata cara sholat dhuha 4 rakaat yang sempurna. Setelah itu, baru diakhiri dengan doa.

" Allahumma innad-duhaa'a duhaa'uka wal bahaa'a bahaa'auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-'ismata 'ismatuka.

Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa'i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa'ika wa bahaa'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita 'ibaadakash-shalihiin."

Artinya:

" Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu DhuhaMu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaan-Mu"

" Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuhaMu, kekuasaanMu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh"

2 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat 1 Salam Langsung

Ada yang mengatakan bahwa sholat dhuha 4 rakaat bisa dilakukan dengan satu salam. Pelaksanaan sebenarnya sama dengan sholat wajib 4 rakaat seperti shalat dhuhur, isya', dan ashar, hanya saja tata cara sholat 4 rakaat ini hanya dilakukan dengan 1 salam dan sunnah.

Berikut pelaksanaan tata cara sholat dhuha 4 rakaat dengan 1 salam.

1. Niat

" Usholli sunnatadh dhuhaa arba'aa roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa."

Artinya:

“ Aku niat shalat sunnah dhuha empat rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

2. Takbiratul ihram
3. Membaca Surat Al-Fatihah
4. Membaca Surah Ad-Dhuha di rakaat pertama dan Surah As-Syams di rakaat kedua (dianjurkan)
5. Ruku' dan Membaca do'a ruku'
6. I'tidal dan membaca do'a I'tidal
7. Sujud dan membaca do'a sujud
8. Duduk di antara dua sujud dan membaca do'a di antara dua sujud
9. Sujud dan membaca do'a sujud
10. Lalu berdiri dan ulangan langkah 3-10 hingga berjumlah 4 rakaat
11. Tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
12. Salam
13. Tuma'ninah (Tenang dalam shalat)

3 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat yang Benar

Kamu mungkin bertanya-tanya, jadi tata cara sholat dhuha 4 rakaat yang benar dilakukan dengan satu salam atau dua salam?

Menurut penjelasan Asy-Syarwani, ulama madzhad Syafi'i, tata cara sholat 4 rakaat bisa dilakukan dengan 1 salam maupun dua salam. Bahkan, shalat dhuha 8 rakaat pun bisa dilakukan dengan 1 kali salam saja.

Namun, pada umumnya tata cara sholat dhuha 4 rakaat dilakukan dengan 2 kali salam, 2 kali tashahhud.

Wallau a'lam.

4 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat Rumasyho

Banyak orang yang ternyata ingin tahu pelaksanaan tata cara sholat dhuha 4 rakaat ala rumasyo.

Tata cara sholat dhuha 4 rakaat ala rumasyho nampaknya sama seperti pada umumnya. Minimal pengerjaan 2 rakaat dan bisa ditambahkan dengan kelipatan 2 setelahnya, seperti 4 rakaat, 6 rakaat, 8 rakaat, dan seterusnya.

Lalu, apakah tata cara sholat dhuha 4 rakaat dilakukan dengan satu salam atau dua salam? Sialnya, nggak dijelaskan di sana. Namun seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, kamu bisa melakukan tata cara sholat dhuha 4 rakaat dengan 1 kali salam maupun dua kali salam. Namun, sebaiknya ambil tata cara sholat dhuha 4 rakaat dengan 2 kali salam (2 kali tasyahhud) saja, agar ambil aman.

Adapun waktu untuk pelaksanaan tata cara sholat dhuha 4 rakaat dilakukan 20 menit setelah matahari terbit hingga 5 atau 10 menit sebelum matahari bergeser ke barat. Ada juga yang mengatakan dimulai 15 menit setelah matahari terbit.

Tata cara sholat dhuha pun boleh dilakukan baik sendirian maupun secara berjama'ah. Namun, pelaksanaan tata cara sholat dhuha sebaiknya dilakukan sendiri dan di rumah seperti halnya sholat sunnah lainnya, meskin terdapat pengecualian seperti misalnya sholat sunnah tahajud. Hal ini didukung oleh sabda nabi SAW.:

“ Hendaklah kalian manusia melaksanakan shalat (sunnah) di rumah kalian karena sebaik-baik shalat adalah shalat seseorang di rumahnya kecuali shalat wajib.” (HR. Bukhari no. 731)


Nah, sekian dulu pembahasan tentang tata cara sholat dhuha 4 rakaat. Kamu punya pendapat lain? Sharing di kolom komentar, yuk!

Beri Komentar