Tanda-Tanda Anak dengan Autisme yang Perlu Ibu Ketahui

Reporter : Riza Umami
Rabu, 15 Februari 2023 19:09
Tanda-Tanda Anak dengan Autisme yang Perlu Ibu Ketahui
Ini beberapa tandanya Mom.

Belakangan sedang ramai diperbincangkan anak Young Lex yang didiagnosa autis dan baru diketahui di usia satu tahun lebih. Hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sejumlah ibu yang memiliki buah hati.

Sebenarnya, ada beberapa tanda dari anak dengan autisme yang bisa dideteksi sejak dini. Hal ini perlu dicermati untuk mendeteksi tanda-tanda anak autis sejak masih kecil.

1 dari 4 halaman

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tanda-tanda anak dengan autisme yang perlu orang tua ketahui.

Yang pertama, anak kesulitan dalam berinteraksi sosial. Biasanya, mereka mengalami kesulitan dalam memahami bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan emosi orang lain. Mereka pun sulit dalam memulai atau mempertahankan percakapan dan cenderung mengisolasi diri dari orang lain.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak dengan Autisme © Diadona

Yang kedua anak memiliki masalah dalam berkomunikasi. Anak dengan autisme mungkin mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa verbal atau nonverbal misalnya mereka cenderung mengulangi kata atau frasa tertentu serta menggunakan bahasa yang berlebihan.

3 dari 4 halaman

Tanda yang ketiga yaitu keterbatasan minat dan aktivitas pada anak. Mereka biasanya terobsesi dengan aktivitas atau topik tertentu dan cenderung menghindari kegiatan yang melibatkan interaksi sosial. Mereka juga dapat menunjukkan perilaku yang terbatas dan berulang, seperti mengulang-ulang gerakan atau benda tertentu.

Yang keempat adalah sensitivitas sensorik pada anak. Mereka cenderung sensitif terhadap suara, cahaya, bau, atau rasa. Mereka juga dapat merasa kesulitan dalam menangani perubahan dalam lingkungan atau rutinitas harian.

4 dari 4 halaman

Tanda yang kelima, anak dengan autisme akan mengalami kesulitan dalam memahami instruksi. Mereka biasanya kesulitan dalam memahami instruksi yang diberikan atau mengikuti aturan dan prosedur yang kompleks.

Tanda yang terakhir yaitu perkembangan anak yang lambat. Mereka akan mengalami keterlambatan dalam perkembangan keterampilan sosial, bahasa, dan keterampilan motorik. Bila Mom melihat beberapa tanda tersebut kepada anak, segera konsultasikan ke dokter.

Beri Komentar