Siapakah Malaikat Ruhul Qudus dan Apakah Tugasnya?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 25 Maret 2022 19:57
Siapakah Malaikat Ruhul Qudus dan Apakah Tugasnya?
Ruhul Qudus adalah nama lain dari malaikat yang juga disebut dengan Ruhul Amin.

Allah menciptakan ribuan malaikat sesuai dengan tugasnya, dan sebagai umat muslim kita wajib memperlajari 10 nama malaikat diantaranya. Salah satunya yakni ruhul qudus yang adalah nama lain dari malaikat Jibril.

Malaikat Jibril sering kali disebutkan dalam Al-Quran, memiliki tugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para Rasul. Selanjutnya malaikat Jibril juga bertugas untuk mengatur urusan dunia, salah satunya yakni mengatur angin. Dalam sebuah riwayat Al-Baihaqi dari Tsabit dikatakan bahwa Allah memberikan tugas kepada malaikat Jibril untuk mengurusi dan memenuhi hajat kebutuhan manusia.

Ruhul Qudus berarti ruh yang suci.

Lalu apakah arti nama ruhul qudus yang merupakan nama lain dari malaikat Jibril? Ruhul Qudus berarti Ruh yang Suci. Selain nama tersebut, Jibril juga disebut dengan Ruhul Amin yang artinya Ruh yang amanah.

1 dari 6 halaman

Ruhul Qudus adalah Nama Lain dari Malaikat © Diadona

Dikutip dari laman aboutislam.net, berikut lima ayat Alquran yang membuktikan bahwa ruhul qudus adalah nama lain dari malaikat Jibril: 

Pertama, Al Baqarah ayat 87   

“ Dan sungguh, Kami telah memberikan Kitab (Taurat) kepada Musa, dan Kami susulkan setelahnya dengan rasul-rasul, dan Kami telah memberikan kepada Isa putra Maryam bukti-bukti kebenaran serta Kami memperkuat dia dengan Rohul Kudus (Jibril). Mengapa setiap rasul yang datang kepadamu (membawa) sesuatu (pelajaran) yang tidak kamu inginkan, kamu menyombongkan diri, lalu sebagian kamu dustakan dan sebagian kamu bunuh?"

2 dari 6 halaman

Kedua, As Syuara ayat 193  

" Yang dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril). “ Al-Qur'an itu dibawa turun secara berangsur-angsur oleh Ar-Ruh Al-Amin yaitu Jibril, atas izin Allah. Ruh adalah sesuatu yang dengannya raga menjadi hidup, begitu juga Al-Qur'an."

3 dari 6 halaman

Ketiga, Maryam ayat 17 

“ Lalu dia memasang tabir (yang melindunginya) dari mereka, lalu Kami mengutus ruh Kami (Jibril) kepadanya, maka dia menampakkan diri di hadapannya dalam bentuk manusia yang sempurna.”

4 dari 6 halaman

Ruhul Qudus adalah Nama Lain dari Malaikat © Diadona

Keempat, Al Maidah ayat 110  

“ Dan ingatlah, ketika Allah berfirman, " Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Ruhul qudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat, dan Injil. 

Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, laIu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah, ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. 

Dan ingatIah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, " Ini tidak lain hanyalah sihir yang  nyata.” 

5 dari 6 halaman

Kelima, Al Baqarah 253  

“ Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian mereka dari sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang (langsung) Allah berfirman dengannya dan sebagian lagi ada yang ditinggikan-Nya beberapa derajat. Dan Kami beri Isa putra Maryam beberapa mukjizat dan Kami perkuat dia dengan Rohul Qudus. 
Kalau Allah menghendaki, niscaya orang-orang setelah mereka tidak akan berbunuh-bunuhan, setelah bukti-bukti sampai kepada mereka. Tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) yang kafir. Kalau Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Tetapi Allah berbuat menurut kehendak-Nya.” 

6 dari 6 halaman

Ruhul Qudus adalah Nama Lain dari Malaikat © Diadona

Surat An Nahl: 102

Katakanlah:" Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan al-Quran itu dari Rabbmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)."

Selain ruhul qudus yang merupakan nama lain dari malaikat Jibril, ada sembilan malaikat lain denga tugasnya masing-masing yang bisa kamu lihat di artikel berikut ini.

Beri Komentar