Si Kecil Dapat Angpao Lebaran, Orang Tua Wajib Ajarkan Cara Mengelolanya

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 13 Mei 2020 13:15
Si Kecil Dapat Angpao Lebaran, Orang Tua Wajib Ajarkan Cara Mengelolanya
Bantu si kecil jadi lebih bijak ya Moms..

Sebentar lagi momen Lebaran akan menjumpai kita. Momen Lebaran jadi kesempatan yang membahagiakan bagi orang tua maupun si kecil.

Apalagi dengan adanya tradisi membagikan angpao atau THR, si kecil justru semakin semangat menyambut datangnya Lebaran.

Nah, di saat-saat seperti itu biasanya si kecil akan sibuk sendiri ingin menghabiskan uang yang diperolehnya. Tapi justru inilah kesempatan bagi Mama dan Papa untuk membantu si kecil mengelola keuangannya!

1 dari 5 halaman

1. Ditabung

Ilustrasi Mengajari Anak Menabung © Diadona

Yang satu ini mestinya sudah diajarkan sejak dini ya Moms. Ada baiknya jika angpao Lebaran itu ditabung.

Mama dan Papa bisa membelikan si kecil celengan dengan bentuk yang menarik, agar si kecil tetap semangat menabung dari uang yang diperolehnya. Jangan lupa untuk menjelaskan manfaat menabung bagi si kecil ya Moms!

2 dari 5 halaman

2. Buka Rekening Bank

Jika celengan si kecil sudah penuh, nggak ada salahnya untuk menyetorkan tabungan tersebut di Bank deh Moms. Ajaklah si kecil saat Mama dan Papa mendatangi bank untuk membuka rekening.

Dengan mengikuti setiap proses tersebut, si kecil akan lebih bersemangat untuk memenuhi celengan tabungannya!

3 dari 5 halaman

3. Untuk Pendidikan

Ilustrasi Menemani Anak Membeli Peralatan Sekolah © Diadona

Selain menabung uang yang diterima dari saudara-saudara saat Lebaran, Mama dan Papa boleh membantu si kecil untuk memanfaatkan uang tersebut bagi kepentingan pendidikan.

Mama bisa menawarinya untuk membeli barang-barang edukatif, seperti buku cerita atau mungkin peralatan menggambar dan menulis.

Atau bisa juga dengan memanfaatkan uang tersebut untuk mendaftarkan si kecil di kursus-kursus menyenangkan. Tapi jangan lupa meminta pendapat si kecil lebih dulu ya Moms!

4 dari 5 halaman

4. Beli Mainan

Jika Mama dan Papa terlalu ketat dalam mengelola keuangan si kecil, Mama dan Papa boleh meminta pendapat si kecil apakah yang ingin dibelinya dari uang tersebut.

Jika si kecil ingin membeli mainan dari uang angpao tersebut, izinkan saja Moms. Asal Mama dan Papa tetap memberitahukan bahwa si kecil tidak boleh terlalu boros.

Beri Komentar