Selagi Menjalani Bulan Ramadan, Ajari Buah Hati untuk Berbuat Kebaikan ya Moms!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Minggu, 26 April 2020 11:15
Selagi Menjalani Bulan Ramadan, Ajari Buah Hati untuk Berbuat Kebaikan ya Moms!
Ajarkan sejak dini agar kebaikan itu terus dilakukan sampai dewasa.

Seiring bertambahnya usia, bisa dibilang anak akan semakin susah diajari. Apalagi ketika diajari untuk berbuat kebaikan, rasanya benar-benar nggak mudah lho.

Nah, untuk itulah Moms, anak-anak perlu diajarkan untuk berbuat kebaikan sejak dari masa kecilnya. Apalagi bertepatan dengan bulan Ramadan, kebaikan yang dilakukan akan dibalas dengan pahala yang melimpah.

Daripada bingung mengenai kebaikan apa yang harus diajarkan, berikut ini ada tips sederhana yang bisa Mama coba. Meskipun sederhana, kebaikan ini akan mendatangkan kebahagiaan lho..

1 dari 4 halaman

Ajarkan Anak untuk Bersedekah

Memberi sedekah pada orang lain adalah salah satu cara untuk membangun kepedulian pada orang lain. Nah, cara ini bisa Mama ajarkan pada si buah hati untuk bisa belajar menaruh empati pada orang lain.

Berilah pengertian juga pada sang anak, bahwa tidak semua orang mendapatkan keberuntungan. Untuk itu, ajarkan anak untuk selalu bersyukur serta lebih rajin beribadah kepada Sang Pencipta.

2 dari 4 halaman

Biasakan Anak untuk Suka Menolong Orang Lain

Bersikap tolong menolong dan suka membantu orang lain perlu diajarkan pada anak sejak dini loh, Moms. Apalagi saat bulan Ramadan ini, Mama bisa memberi kesempatan bagi sang anak untuk ikut menyiapkan makanan berbuka puasa.

Dengan rutin melibatkan anak dalam hal semacam ini, mereka tidak akan sungkan lagi untuk membantu orang lain.

3 dari 4 halaman

Ajarkan Anak untuk Berbagi

Berbagi itu memang nggak mudah, karena masih banyak anak-anak yang enggan berbagi makanan atau mungkin mainan dengan teman sebayanya. Nah, jangan menyerah Moms.

Mama bisa mencoba cara yang satu ini. Ajak anak untuk memilih barang yang sudah mereka miliki, misalnya mainan atau buku cerita. Kemudian ajaklah si kecil untuk memberikannya kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Jangan lupa juga memberi pengertian betapa pentingnya untuk berbagi kebaikan dengan orang lain.

4 dari 4 halaman

Mengajarkan anak-anak untuk berbuat kebaikan memang nggak mudah. Tapi dengan semangat dan tekad yang kuat, semua pasti bisa dilalui Moms.

Beri Komentar