Anak Pertama Kali Puasa? Coba Deh Cara Ini Biar Si Kecil Semangat Terus!

Reporter : Shofi Febri
Jumat, 24 April 2020 04:47
Anak Pertama Kali Puasa? Coba Deh Cara Ini Biar Si Kecil Semangat Terus!
Jangan cuman kasih semangat doang Moms!

Bulan puasa ramadan sebentar lagi, siapa nih yang gak sabar untuk menyambut bulan suci penuh rahmat ini? Pasti umat Islam akan sangat berbahagia dan menyambut bulan ramadan ini. Tak terkecuali para anak-anak yang baru pertama kali berpuasa ya Moms.

Tapi untuk anak-anak pasti mereka masih belum mengerti penuh apa itu berpuasa. Mereka sering kali merasa lemas ketika berpuasa karena menahan rasa lapar dan haus. Nah, biar si kecil semangat terus dalam menjalani ibadah puasa di bulan ramadan ini, kalian mungkin bisa mencoba cara-cara berikut ini nih yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

1. Membuat Menu Kesukaan Anak untuk Sahur

Ilustrasi anak makan makanan sehatIlustrasi anak makan makanan sehat © Shutterstock/Travelerpix

Sebelum si kecil tidur, coba tanyakan padanya makanan apa yang ingin dia makan. Kemudian, Moms jangan lupa untuk sedikit berkreasi dengan membuatnya lebih menarik dan lebih menyehatkan tentunya. Pilih sumber karbohidrat yang tinggi serat dan memiliki indeks glikemik rendah seperti nasi merah, kentang, atau pasta. Kalau bisa kenyang lebih lama gini kan, bisa buat si kecil lebih bertenaga untuk jalani hari-hari berpuasanya kan Moms!

2 dari 6 halaman

2. Sesuaikan Waktu Buka Puasa degan Usia Anak

Kan baru pertama kali, masih belajar kan Moms, jadi gak bisa langsung puasa penuh ya. Biarkan aja untuk si kecil untuk menahan lapar dan haus selama setengah hari. Nanti ketika dia sudah lebih besar dan lebih kuat untuk mengikuti puasa, baru ajak anak untuk bepuasa sehari penuh.

3 dari 6 halaman

3. Lakukan Kegiatan yang Bikin Senang

Ilustrasi Anak MembacaIlustrasi Anak Membaca © 2020 https://rawpixel.com

Ajak si kecil untuk berkegiatan yang menyenangkan dan berkesan selama berpuasa. Hal ini bertujuan untuk memberi gambaran bahwa berpuasa itu menyenangkan dan istimewa. Dengan kegiatan yang menyenangkan ini bisa membuat si kecil lupa sejenak terhadap rasa laparnya.

Perlu diingat juga ya Moms, kalau jangan membuatnya kelelahan atau lemas. Kegiatan yang seperti menemani anak membaca buku cerita, dan memasak menu buka puasa bersama bisa banget kalian lakukan bersama buah hati ya Moms!

4 dari 6 halaman

4. Membuat Menu Buka Puasa yang Menarik

Gak cuman menu sahur, menu buka puasa juga jangan kalah menariknya ya Moms. Jangan lupa juga jika memberikan menu buka puasa ini dengan gizi yang seimbang. Makanan yang sebaiknya disajikan adalah sesuatu yang manis.

Tujuannya makanan dan minuman manis ini untuk menggantikan energi si kecil yang hilang setelah berbuka. Setelah berbuka dengan makanan dan minuman yang manis ini, Moms bisa memberikan makanan berat pada si kecil atau setidaknya setengah jam kemudian.

5 dari 6 halaman

5. Beri Apresiasi

ilustrasi anak dan ibu pelukanilustrasi anak dan ibu pelukan © 2019 https://www.diadona.id / @ parenttoolkit

Nah setelah sukses menjalankan puasa pertamanya, Moms bisa beri apresiasi sebagai bentuk penghargaan atas usahanya. Apresiasi ini juga sebagai bentuk dukungan orang tua biar anak makin termotivasi untuk menjalankan puasa di hari-hari berikutnya.

Beri Komentar