Cara untuk Ajarkan Si Kecil Berpuasa Salah Satunya Beri Dia Hadiah, Gak Ikhlas Dong?

Reporter : Shofi Febri
Jumat, 24 April 2020 12:47
Cara untuk Ajarkan Si Kecil Berpuasa Salah Satunya Beri Dia Hadiah, Gak Ikhlas Dong?
Terus mesti gimana?

Wah senangnya bulan suci ramadan akhirnya datang juga! Bulan suci ramadan adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di dunia. Antusias dalam menyambut bulan ramadan ini tentu dirasakan semuanya.

Bahkan antusias si kecil untuk menyambut bulan ramadan ini terkadang juga gak kalah ya Moms sama orang dewasa. Si kecil dengan semangatnya akan ikut berpuasa bersama kita, meskipun belum faham betul makna berpuasa. Sebagai orang tua, memang kita bangga dengan hal itu.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Orang tua Apresiasi AnakIlustrasi Orang tua Apresiasi Anak © 2020 https://shutterstock.com/Creativa Images

Sampai-sampai, kita memberikan sebuah 'reward' untuk apresiasi usaha mereka berpuasa. Tapi membiasakan dengan memberikan hadiah, setelah si kecil melakukan sesuatu apa gak malah berdampak buruk ya untuk perkembangannya?

Gak usah khawatir Moms, mungkin memang para orang tua khawatir dengan memberikan suatu hadiah atau pujian, karena akan berdampak kurang baik yang mendorong anak berpuasa demi mendapatkan imbalan. Untuk mensiasati hal itu, Moms bisa coba lakukan sesuatu yang spesial ketika si kecil berhasil menjalan puasa ramadan sebulan penuh.

2 dari 3 halaman

ilustrasi anak dan ibu pelukanilustrasi anak dan ibu pelukan © 2019 https://www.diadona.id / @ parenttoolkit

Dilansir dari id.theasianparent.com, kegiatan ini seperti mengajak bepergian berdua saja dengan si kecil, tanpa ayah atau saudara-saudaranya, atau mengunjungi tempat wisata alam yang terpencil. Selain itu mengajaknya bermain ke rumah seorang teman yang sudah lama gak dijumpainya, atau apa yang membuat anak semakin yakin bahwa berpuasa juga bisa membuatnya bersemangat.

Jadi sebuah 'reward' ini bukan melulu soal hadiah degan jumlah besar. Sesuatu yang sederhana dengan memberikannya makanan kesukaannya, bermain di taman, atau pergi ke tempat seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya juga adalah hal yang bisa Moms lakukan. Bahkan, sebuah pelukan, ciuman, tos, dan pujian pada anak juga adalah merupakan bentuk hadiah pada anak.

 

Beri Komentar