Rambut Bayi Harus Dicukur Biar Tumbuh Lebat, Mitos atau Fakta?

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 12 Februari 2021 07:37
Rambut Bayi Harus Dicukur Biar Tumbuh Lebat, Mitos atau Fakta?
Kamu percaya nggak mencukur rambut bayi bisa bikin tumbuh lebih lebat?

Salah satu pesan dari orang tua yang masih sering dilakukan di Indonesia adalah mencukur rambut bayi. Biasanya hal itu dilakukan agar rambut bayi tumbuh dengan lebat saat dewasa nanti.

Bahkan ada waktu-waktu tertentu untuk mencukur rambut bayi ini. Ada yang memilih hari ketujuh ada juga yang melakukannya di hari ke-40.

Banyak dari kita yang mungkin cukup bingung dan penasaran, sebenarnya hal ini emang berpengaruh nggak sih? Dan sebaiknya kapan kita mencukur rambut bayi?

Mari kita temukan jawabannya!

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Rambut Bayi © Diadona

Dilasir dari laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sebenarnya nggak ada waktu khusus untuk mencukur rambut bayi pertama kali. Bahkan dr. Rosalina Dewi Roeslani, Sp.A(K), ahli perinatologi dari RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, menegaskan bahwa rambut bayi boleh dicukup boleh tidak.

Rambut pertama bayi dikenal dengan sebutan velus. Rambut ini akan rontok sendiri pada bulan-bulan pertama bahkan tanpa perlu dicukur.

Velus akan rontok sendiri pada waktunya. IDAI juga mejelaskan bahwa rambut manusia akan melewati tiga fase pertumbuhan.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi bayi dan kedua orangtuanya © Diadona

Ketiga fase tersebut yaitu fase tumbuh, fase istirahat, dan fase lepas. Setiap helai rambut bisa mengalami fase pertumbuhan yang berbeda sehingga beberapa area kulit kepala bayi terlihat seperti ada area yang jarang rambutnya.

Mencukur atau nggak mencukur rambut bayi nggak memengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut. Hal ini juga nggak membuat rambut bayi terlihat lebih lebat.

3 dari 4 halaman

Mencukur Rambut Bayi © Diadona

Sementara pada bayi yang lebih besar, kita bisa mencukur rambut mereka sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kita bisa mencukur saat rambut bayi sudah terlalu panjang dan mengganggu gerak mereka.

Pastikan keamanan dan kenyamanan anak saat kita memotong rambut mereka. Hindari membuat mereka ketakutan dan pastikan kebersihan alat yang digunakan.

4 dari 4 halaman

Hal yang paling penting dilakukan daripada mencukur rambut adalah menjaga kebersihan kulit kepala bayi. Bayi sebaiknya keramas setiap dua sampai tiga hari sekali menggunakan sampo yang sesuai.

Jangan keramas setiap hari ya, Moms! Hal itu justru akan menghilangkan lapisan lemak kulit kepala yang menyebabkan kulit jadi kering.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar