Tak Perlu Gengsi, Ini Manfaat Minta Maaf Pada Buah Hati

Reporter : Riza Umami
Selasa, 19 Januari 2021 09:17
Tak Perlu Gengsi, Ini Manfaat Minta Maaf Pada Buah Hati
Hal yang wajar bila ibu berbuat salah dan tak perlu malu untuk meminta maaf pada anak.

Setiap orang wajar untuk membuat sebuah kesalahan. Hal ini tentunya juga berlaku untuk para orang tua di luar sana. Baik disadari atau tidak, ibu mungkin pernah berbuat kesalahan pada anak. Saat seseorang berbuat salah tentu seharusnya dia meminta maaf termasuk pada anak.

Sayangnya, beberapa orang tua merasa gengsi untuk meminta maaf pada anaknya dan mungkin hanya akan diam seolah tidak terjadi apa-apa. Tanpa disadari, hal yang demikian juga bisa dicontoh oleh anak sehingga dia pun akan tumbuh menjadi pribadi yang tak mau minta maaf meskipun berbuat salah.

1 dari 3 halaman

Tentu Mom tak mau anak tumbuh jadi seperti itu. Oleh sebab itu tak perlu gengsi atau malu untuk meminta maaf pada anak ketika ibu atau ayah berbuat salah kepada buah hati karena ternyata hal ini pun juga ada beberapa manfaatnya Mom.

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Dilansir dari laman berkeluarga.id, manfaat yang pertama yaitu mengajarkan anak nilai kejujuran. Tak mau minta maaf meski salah sebenarnya sama saja ibu telah mengajari anak untuk berbohong. Bohong bahwa ibu tak pernah berbuat salah padanya sehingga tak perlu minta maaf.

2 dari 3 halaman

Alhasil dari sini anak jadi merasa bahwa tak apa untuk berbohong dan bukan tak mungkin dia akan tumbuh menjadi orang yang suka berbohong di masa depan. Jika tak mau anak demikian, maka ibu harus mengajarkannya nilai kejujuran sejak dini termasuk dengan cara minta maaf saat salah.

Selanjutnya, mengajarkan anak bahwa setiap orang memang punya kekurangan dan bisa berbuat salah. Tak ada yang namanya manusia sempurna di dunia ini dan pasti semuanya punya kekurangan. Anak pun perlu belajar menerima bahwa dia dan orang lain memiliki kekurangan dan wajar saja untuk berbuat kesalahan. Yang penting harus meminta maaf ketika berbuat salah pada orang lain.

Ilustrasi Ibu dan Anak Remaja © Diadona

3 dari 3 halaman

Manfaat berikutnya yaitu meningkatkan perasaan saling menghormati. Ketika ibu mau meminta maaf kepada anak, tanpa disadari sebenarnya buah hati akan merasa lebih dihargai oleh orang tuanya. Bila kita memperlakukan anak dengan baik dan menghargainya tentu buah hati pun akan berbuat hal yang sama pada kita sebagai orang tua.

Terakhir, saat ibu mau minta maaf pada anak, tentunya hal ini akan menjadi contoh yang baik untuk buah hati. Anak sebenarnya banyak meniru dari orang tuanya baik disadari atau tidak. Jika sedari kecil, ibu memberikan contoh untuk minta maaf ketika berbuat salah pada orang lain, buah hati pun akan tumbuh menjadi orang dengan sikap baik yang seperti itu.

Beri Komentar