Cara Atasi Anak Remaja yang Sering Alami Mood Swing

Reporter : Riza Umami
Senin, 18 Januari 2021 18:17
Cara Atasi Anak Remaja yang Sering Alami Mood Swing
Ini Mom beberapa caranya.

Mempunyai anak yang sudah beranjak remaja memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua karena anak mungkin jadi lebih suka membantah, pergaulannya makin luas dan juga adanya perubahan suasana hati secara mendadak yang biasa disebut dengan mood swing terutama untuk anak perempuan.

Mood swing ini sebenarnya wajar saja dialami anak remaja di masa perkembangannya. Sayangnya, tak semua anak bisa mengendalikan perasaan tersebut sehingga ibu pun perlu membantu anak untuk mengatasinya. Kira-kira apa ya yang bisa dilakukan ibu?

Ilustrasi Remaja

1 dari 2 halaman

Dilansir dari laman id.theasianparent.com, pertama yang perlu ibu lakukan adalah memahami kondisi anak remaja. Mood swing ini adalah salah satu kondisi yang wajar dialami oleh anak di masa pubernya sehingga ibu tak perlu ikutan kesal bahkan sampai marah ke anak.

Ibu pun bisa ajak anak untuk ngobrol. Bantu dia untuk memahami dan mengetahui tentang mood swing yang sedang dia alami. Bila anak ada unek-unek pun dia bisa menyampaikannya pada ibu agar lebih lega dan perasaannya pun akan segera membaik seperti semula.

ilustrasi remaja sedih © Diadona

2 dari 2 halaman

Bila anak sudah mulai memahami, berikan dia waktu untuk beradaptasi dengan kondisi tersebut. Lalu, perlahan ajarkan anak untuk mengatasi mood swing yang dia alami tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan misalnya dengan makan cokelat karena sebagian orang mood-nya bisa langsung membaik ketika makan cokelat.

Cara lain yang bisa dia lakukan adalah dengan melakukan hal yang dia suka ketika lagi mengalami mood swing misalnya nonton idol Kpop, nonton drakor, main game dan lain sebagainya. Bisa juga dibawa tidur karena terkadang kalau habis tidur, emosinya sudah membaik. Nah, itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk membantu anak remaja yang lami mengalami mood swing. Semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar