Niat dan Tata Cara Sholat Taubat Nasuha yang Benar dan Doanya

Reporter : Prisma Difta
Jumat, 3 Januari 2020 15:50
Niat dan Tata Cara Sholat Taubat Nasuha yang Benar dan Doanya
Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa,

Baik itu yang disengaja dan itu membuat kemurkaan Allah SWT. Hal ini yang membuat munculnya sholat taubat nasuha yang tujuannya untuk menghapus dosa-dosa kita. Dalam pelaksanaannya, Kita harus mengetahui Tata cara sholat taubat nasuha yang baik dan benar.

Tata cara sholat taubat nasuha merupakan salah satu cara untuk menebus dosa yang paling baik dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Muhammad SAW. Sholat taubat nasuha juga disebut dengan sholat istighfar atau sholat minta ampun.

Melihat pentingnya taubat, berikut ini adalah tatacara sholat taubat nasuha yang benar, lengkap beserta niat dan bacaan doanya..

1 dari 3 halaman

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Tata Cara sholat taubat nasuha sama seperti sholat sunnah lainnya. Sholat taubat nasuha dilakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam. Boleh dilakukan dua rakaat, empat rakaat atau enam rakaat.

“ Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (QS an-Nisaa’:17).

Karena begitu pentingnya taubat, Berikut adalah urutan dari Tata cara sholat taubat nasuha..

1. Membaca niat sholat taubat nasuha.

2. Takbiratul ihram.

3. Membaca doa iftitah (sunnah).

4. Membaca suart Al-Fatihah.

5. Membaca surat dari Alquran.

6. Rukuk (membaca tasbih rukuk tiga kali).

7. I’tidal (membaca doa I’tidal).

8. Sujud (membaca tasbih sujud tiga kali).

9. Duduk di antara dua sujud (membaca dia ‘robbighfirlii warhamnii…’)

10. Sujud kedua. (membaca tasbih sujud tiga kali).

11. Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai yang ke 10.

12. Tasyahud akhir (membaca tasyahud akhir).

13. Salam.

14. Berdoa mohon ampunan.

2 dari 3 halaman

Tata Cara Sholat Taubat dan Doanya

Ilustrasi Bedoa dan Shalat © Diadona

Setelah mengerjakan sholat sunnah taubat, Urutan terakhir dalam tata cara sholat taubat nasuha yaitu dianjurkan untuk membaca doa dan memperbanyak baca istighfar yang ditujukan untuk memohon ampunan dari Allah SWT. Dari Abu bakar Radiyallahu’anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“ Hendaklah kalian membaca Laailaaha illallah dan istigfar lalu perbanyaklah membaca keduanya karena iblis berkata, 'Aku telah membinasakan manusia dengan dosa sedangkan mereka membinasakanku dengan Laailaaha illallah, istigfar. Lalu tatkala aku mengetahui demikian maka aku binasakan mereka dengan (mengikuti) hawa nafsu hingga akhirnya mereka menyangka dan merasa bahwa sesungguhnya mereka itu sedang mendapatkan petunjuk (dan sedang berada di atas kebenaran)'.” (HR. Al-Imam Al-Hafidz Ibnu Ya’la)

Adapun bacaan doa dalam tata cara sholat taubat nasuha setelah adalah sebagai berikut:

" ASTAGHFIRULLAHAL LADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI.."

Artinya: “ Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Lalu, Bacaan istighfar ini hendaknya diucapkan sebanyak 100 kali sambil diresapi artinya dalam hati dengan setulus-tulusnya.

Setelah itu baru membaca doa sholat taubat nasuha seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

ALLAHUMMA ANTA ROBBII LAA ILAAHA ILLAA ANTA, KHOLAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU. A’UDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHONA’TU, ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BI DZANBII, FAGHFIRLII FAINNAHUUA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA

Artinya:

" Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau."

Mengenai doa tersebut, Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya: " Barangsiapa mengucapkannya (sayyidul istighfar) di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk syurga. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum subuh maka dia termasuk penduduk syurga." (HR. Al-Bukhari)

Apa yang harus dilakukan setelah mengerjakan sholat taubat nasuha?

Setelah mengerjakan semua tata cara sholat taubat nasuha, maka disarankan untuk melakukan berbagai amal kebaikan. Selain tidak mengulangi maksiat dan dosa seperti dulu, bentuk amal kebaikan yang paling utama setelah mengerjakan sholat taubat adalah sedekah.

3 dari 3 halaman

Niat dan Tata Cara Sholat Taubat

Ilustrasi Bedoa dan Shalat © Diadona

Hal yang harus dilakukan pertama kali dalam tata cara sholat taubat nasuha yaitu memanjatkan niat. Sebelumnya membaca niat, terlebih dahulu harus dilakukan pembersihan diri dari hadast kecil dengan cara berwudhu. Setelah itu barulah Bacaan Niat tersebut bisa dilakukan di dalam hati dengan mengucapkan lafadz sebagai berikut:

" Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala.."

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

Setelah membaca niat dilakukanlah takbiratul ihram seperti biasa dan dilanjutkan urutan sholat seperti biasanya.

- Tata cara sholat taubat dan waktunya

Sholat taubat merupakan salah satu bentuk sholat mutlak yang waktu pelaksanaannya bisa dilakukan kapan saja, baik itu siang maupun malam.

Namun ada waktu pelaksanaan tata cara sholat taubat nasuha yang haram untuk dikerjakan seperti:

1. Mulai dari terbit fajar kedua hingga terbit matahari.
2. Saat terbit matahari hingga matahari naik sepenggalah
3. Saat matahari persis di tengah-tengah hingga terlihat condong.
4. Mulai dari sholat Ashar hingga matahari tenggelam.
5. Ketika menjelang matahari tenggelam hingga benar-benar sempurna tenggelamnya.

Banyak para ulama mengatakan bahwa tata cara sholat taubat nasuha yang benar dilakukan pada 2/3 malam atau sama seperti solat tahajud..

Beri Komentar