Lahiran Tanpa Dijahit? Bisa Kok, Asal Terapin Cara Ini ya!

Reporter : Mila
Senin, 23 Maret 2020 12:30
Lahiran Tanpa Dijahit? Bisa Kok, Asal Terapin Cara Ini ya!
Caranya sebenernya gampang banget, lho.

Jelang masa persalinan, pastilah menjadi momen yang membahagiakan sekaligus menegangkan bagi ibu. Kenapa menegangkan? Karena biasanya pikiran ibu khawatir akan proses pasca kelahiran yaitu proses menjahit jalur lahir si kecil, baik melalui persalinan caesar maupun normal.

Tapi, ada lho cara biar kamu nggak usah melahirkan normal pake proses jahit-menjahit (episiotomi) segala. Gimana caranya? Cukup pakai lima cara mudah ini!

1 dari 4 halaman

Jangan Kelelahan Jelang Persalinan

Ilustrasi Ibu akan Melahirkan © Diadona

Kelelahan bisa jadi salah satu faktor episiotomi harus dilakukan. Karenanya ibu hamil harus istirahat yang teratur dan didukung sama makanan yang bergizi biar nanti punya tenaga yang oke saat persalinan. Semangat!

2 dari 4 halaman

Melatih Otot

Melatih otot-otot vagina juga penting lho dilakukan agar otot bisa lentur dan nggak kaku waktu persalinan nanti. Disarankan untuk rutin melakukan senam kegel. Senam ini bisa dilakukan di manapun dan kapanpun.

3 dari 4 halaman

Pastikan Tempat Bersalin Nyaman

Ilustrasi Ibu akan Melahirkan © Diadona

Tempat bersalin yang nyaman, bikin pikiran ibu tenang dan rileks. Dengan pikiran yang rileks tubuh akan merespon positif sehingga kemungkinan proses episiotomi dilakukan pasca melahirkan bisa berkurang. Tapi itu kembali lagi pada keputusan dokter berdasarkan kondisi ibu dan janin, yaa.

4 dari 4 halaman

Jangan Mengangkat Bokong

Waktu proses persalinan, mengangkat bokong justru menyebabkan terjadinya robekan jalan lahir bayi lebih luas. Hal ini karena nggak adanya penyangga yang menyebabkan otot mudah terkoyak.

Beri Komentar