Kolaborasi dengan Kemendikbud, Tasya Kamila Suarakan Pentingnya Pendidikan Mandiri Sejak Dini

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 29 September 2020 12:37
Kolaborasi dengan Kemendikbud, Tasya Kamila Suarakan Pentingnya Pendidikan Mandiri Sejak Dini
Meski sayang banget sama anak, tapi membiasakan anak mandiri itu penting lho, Moms!

Orang tua mana sih yang nggak sayang dengan anaknya sendiri? Kita pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita.

Salah satu hal terbaik yang bisa diberikan orang tua adalah kemudahan bagi anak-anak. Tapi terkadang tanpa kita sadari, hal ini justru membuat anak jadi nggak mandiri.

Padahal penting bagi orang tua untuk mengajarkan kemandirian pada anak sejak dini. Berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud), Tasya Kamila yang dikenal sebagai artis sekaligus ibu muda ini menyuarakan pentingnya pendidikan kemandirian untuk anak.

1 dari 5 halaman

Mendidik anak yang cerdas dan berkarakter

      View this post on Instagram

A post shared by Tasya Kamila (@tasyakamila) on

Dalam postingannya di Instagram, Tasya Kamila mengajak ibu dan bapak untuk sama-sama belajar mendidik anak yang cerdas dan berkarakter. Tagar #cerdasberkarakter merupakan salah satu program dari Kemendikbud untuk menguatkan karakter anak bangsa.

"Buu Paaak yuk sama2 belajar dalam mendidik anak yang #cerdasberkarakter. Kali ini aku belajar dan sharing ilmu dengan Psikolog Anak @saskhya tentang kemandirian. Video lengkapnya bisa ditonton di Youtube channel aku, Tasya Kamila," tulis Tasya.

2 dari 5 halaman

Pendidikan mandiri sejak dini

Tasya Kamila dan Arrasya © Diadona

Tasya kemudian mengungkapkan pentingnya penerapan pendidikan mandiri pada anak sejak dini. Dia merasa perbedaan pendidikan kemandirian di tiap generasi akan bermanfaat bagi anak di masa depan.

" Penerapan pendidikan #kemandirian sejak dini berperan serta dan erat dalam membentuk seseorang agar #cerdasberkarakter. Perbedaan pendidikan kemandirian dari generasi ke generasi menjadi tahap penting untuk menjadikan generasi yang unggul dan bermanfaat pada anak setelah dia dewasa kelak," ungkap Tasya.

3 dari 5 halaman

Pentingnya mengajarkan anak mandiri

Tasya Kamila © Diadona

Yang perlu kita ingat adalah anak merupakan calon orang dewasa di masa depan. Mengajarkan anak tentang kemandirian dan tanggung jawab tentu sangat penting untuk dilakukan.

Ajaran ini bahkan seharusnya sudah mulai ditanamkan pada anak sejak kecil. Jika anak sudah dibiasakan mulai kecil maka mereka akan membawa sikap baik tersebut hingga dewasa.

4 dari 5 halaman

Panda parenting, metode membuat anak mandiri

Setiap orang tua ingin anaknya tumbuh menjadi seseorang yang mandiri, penuh rasa ingin tahu, dan bisa menjaga diri. Di tengah banyaknya metode parenting yang telah dibuat, panda parenting dianggap paling inovatif untuk mewujudkan hal tersebut.

Dilansir dari Times of India, panda parenting memberikan kebebasan pada anak dalam hal pengambilan keputusan. Metode ini sangat cocok bagi kita yang ingin menggunakan cara parenting yang lembut tapi sangat efektif.

5 dari 5 halaman

Panda parenting merupakan metode yang membiarkan anak belajar bahwa merek bertanggung jawab atas keputusan yang dibuat sendiri dan konsekuensi dari hal tersebut. Tapi perlu diperhatikan bahwa bukan berarti kita membiarkan anak mengambil keputusan sendiri begitu saja.

Memberi anak kebebasan untuk membuat keputusan sendiri tentu nggak sama dengan membiarkan mereka melakukan apa pun yang diinginkan. Kunci dari keberhasilan panda parenting adalah menjaga keseimbangan.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Moms!

Beri Komentar