Ketahui Manfaat Serat Pangan Inulin yang Baik untuk Pencernaan Anak Selama Puasa

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 19 April 2021 18:16
Ketahui Manfaat Serat Pangan Inulin yang Baik untuk Pencernaan Anak Selama Puasa
Penuhi asupan nutrisi anak selama puasa.

Memasuki Bulan Ramadan, umat Muslim akan menjalani ibadah puasa yang wajib untuk dilakukan. Biasanya banyak orang tua yang mulai mengajari anak mereka untuk melakukan puasa di bulan suci ini.

Mengajarkan anak untuk berpuasa memang sebaiknya dilakukan sejak dini. Hal itu akan membuat anak terbiasa melakukan ibadah puasa hingga dewasa.

Selama menjalani puasa, tubuh sering kehilangan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Nggak jarang banyak anak yang mengalami masalah pencernaan saat puasa dan membuat orang tua menjadi khawatir.

1 dari 4 halaman

dr. Muliaman Mansyur © Diadona

Dalam siaran pers yang dirilis oleh Morinaga Chil*Go! pada 16 April 2021, dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals, mengungkapkan kunci utama agar daya tahan tubuh anak nggak menurun saat puasa. Beberapa di antaranya terkait mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta menerapkan pola makan yang baik saat sahur dan buka puasa.

" Kunci utama menjaga anak tetap bugar dan daya tahan tubuhnya tetap kuat adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Saat puasa di tengah pandemi COVID-19, orang tua bisa menerapkan pola makan dengan gizi seimbang dan cukup cairan pada anak saat sahur dan berbuka puasa," papar dr. Muliaman.

2 dari 4 halaman

ilustrasi anak makan © Diadona

dr. Muliaman juga membeberkan kebutuhan nutrisi apa saja yang dibutuhkan saat anak belajar atau sedang berpuasa. Selain nutrisi, anak juga perlu asupan probiotik dan prebiotik.

" Pada saat berpuasa atau belajar puasa, anak tetap membutuhkan nutrisi harian yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral) agar setiap proses biologis yang terjadi dalam tubuhnya dapat berjalan dengan optimal. Oleh karenanya, selain nutrisi di atas perlu juga dilengkapi dengan beberapa nutrisi yang diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya, salah satunya adalah asupan probiotik dan prebiotik. Penting bagi orang tua memastikan agar anak mendapatkan semua zat gizi yang dibutuhkannya pada saat sahur dan berbuka puasa," lanjut dr. Muliaman.

Probiotik merupakan bakteri baik yang ada di saluran pencernaan, sedangkan prebiotik adalah sejenis serat yang menjadi sumber makanan bakteri baik termasuk probiotik agar bisa tumbuh dan bekerja dengan efisien. Salah satu jenis prebiotik yang diakui secara ilmiah adalah serat pangan inulin.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi anak makan buah © Diadona

Secara alami, serat pangan inulin bisa kita temukan pada buah-buahan, sayuran dan umbi-umbian seperti Chicory Root. dr. Mulaiaman lebih lanjut menjelaskan keuntungan yang diberikan oleh serat pangan inulin.

" Efek menguntungkan serat pangan inulin terutama berperan di usus besar. Usus adalah organ terbesar untuk membantu sistem pertahanan tubuh. Manfaat inulin sebagai nutrisi yang esensial selain untuk kesehatan saluran cerna dan imunitas tubuh juga berdampak positif pada kesehatan di kemudian hari yaitu mengurangi risiko obesitas, penyakit radang usus, dan alergi," jelas dr. Muliaman lebih jauh.

Nggak hanya itu saja, prebiotik dalam serat pangan inulin juga membantu penyerapan kalsium, mendorong kepadatan tulang dan mengatur rasa kenyang. Oleh karena itu, nutrisi ini perlu ada dalam menu makanan anak saat berpuasa.

4 dari 4 halaman

Morinaga Chil*Go! © Diadona

Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals, mengungkapkan bahwa menambahkan Morinaga Chil*Go! dalam menu harian anak bisa menjadi salah satu cara untuk memenuhi asupan serat pangan inulin dalam porsi yang tepat pada anak. Kita bisa membantu menjaga saluran pencernaan anak di bulan Ramadan.

" Morinaga Chil*Go!, susu kualitas Jepang yang enak bernutrisi dengan harga terjangkau, dilengkapi dengan 9 vitamin dan 5 mineral, serta kandungan serat pangan inulin akan mendukung kesehatan pencernaan anak. Pencernaan yang sehat tentunya dapat mendukung daya tahan tubuhnya. Saat berpuasa nanti, orang tua dapat memberikan Morinaga Chil*Go! pada sahur dan saat berbuka," jelas Daru.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Moms!

Beri Komentar