Anak Membutuhkan Kasih Sayang untuk Tumbuh Menjadi Orang Dewasa yang Sehat

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 19 April 2021 07:37
Anak Membutuhkan Kasih Sayang untuk Tumbuh Menjadi Orang Dewasa yang Sehat
Bukan memanjakan, menunjukkan kasih sayang pada anak memang penting.

Setiap orang tua punya cara masing-masing untuk mendidik anak mereka. Biasanya sebagai orang tua baru, kita mungkin membutuhkan beberapa referensi dari orang terdekat hingga pendapat para pakar.

Namun yang nggak boleh kita kesampingkan adalah pentingnya menunjukkan kasih sayang pada anak kita. Kalau kamu khawatir akan terlalu memanjakan anak, semuanya kembali lagi pada bagaimana cara kita menunjukkan kasih sayang itu,

Dilansir dari Brightside.me, faktanya kasih sayang bisa membentuk ikatan yang kuat di antara orang tua dan anak-anak. Hal ini tentu menjadi salah satu keinginan terbesar bagi kita anak-anak.

Brightside.me juga menunjukkan beberapa manfaat dari memberikan perhatian dan cinta yang dibutuhkan oleh anak-anak. Berikut beberapa di antaranya.

1 dari 5 halaman

Anak nggak merasa sendiri

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Pada dasarnya ikatan ditunjukkan melalui tindakan tertentu yang menegaskan adanya kedekatan yang kita rasakan dengan seseorang. Hal ini menghasilkan ikatan emosional antara dua orang yang bertahan dan hubungan psikologis yang nggak ternilai.

Dalam kasus keterikatan yang dikembangkan antara orang tua dan anak, istilah ini mengacu pada kehadiran kita dalam kehidupan mereka. Anak memastikan bahwa kita bisa menghabiskan waktu bersama mereka untuk membentuk pemikiran bahwa kita bisa diandalkan, mereka nggak merasa sendiri, dan merasa seseorang merawat dan melindungi mereka.

2 dari 5 halaman

Dampak positif dalam perkembangan emosional dan psikologis

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Memberikan perhatian pada anak dalam merawat mereka terbukti punya dampak positif dalam hal perkembangan emosional dan psikolog anak. Adanya keterikatan dengan orang tua nggak hanya memperikan rasa aman secara fisik tapi juga emosional.

Masih banyak orang tua yang meremehkan hal ini. Padahal mewujudkan ikatan melalui kasih sayang pada anak sangat penting dalam hubungan keluarga.

3 dari 5 halaman

Anak merasa aman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Rasa aman pada anak akan terbangun jika kita memiliki hubungan yang dekat dan penuh kasih sayang. Saat ada jenis keterikatan ini, mereka akan merasa dicintai, dilindungi dan diperhatikan.

Hal ini kemudian akan memungkinkan anak untuk mengembangkan hubungan yang sehat dan stabil dengan orang di sekitarnya. Anak juga akan punya rasa percaya diri sehingga merasa lebih aman saat berinteraksi dengan orang lain.

4 dari 5 halaman

Anak bisa mengandalkan orang tua

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Mengetahui bahwa dia mendapatkan kasih sayang yang dibutuhkan dari orang tuanya akan membangun rasa percaya dalam diri mereka. Anak akan merasa bisa mengandalkan orang tua mereka.

Kepastian untuk mengandalkan orang terdekat akan membuat mereka mengetahui bahwa kita akan ada untuknya tanpa syara. Hal ini menjadi bagian dari merasa dicintai dan diterima apa pun yang terjadi oleh orang tua mereka.

5 dari 5 halaman

Anak merasa percaya diri

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Perasaan aman dan disayangi bisa menjadi sumber kepercayaan diri bagi anak untuk menjelajahi dunia. Bahkan hal ini juga akan baik saat anak berinteraksi dengan orang lain dan belajar hal baru.

Anak akan menghadapi ketidakamanan, pengaturan stres, dan adaptasi saat menjelajahi dunia. Dengan dasar yang kuat mereka akan tumbuh stabil secara mental dan psikologis saat beranjak dewasa.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar