Boleh Gak sih Ngasih Anak Iming-Iming untuk Berpuasa?

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 17 April 2021 07:17
Boleh Gak sih Ngasih Anak Iming-Iming untuk Berpuasa?
Ini kata psikolog klinis anak.

Mengajari anak untuk berpuasa mungkin bukan hal yang mudah apalagi kalau ini adalah pertama kalinya anak mencoba untuk puasa karena dia harus menahan lapar dan juga haus selama beberapa jam tertentu.

Hal ini membutuhkan kesabaran dan ibu pun perlu mencari cara agar si kecil makin semangat dalam menjalani puasanya nanti misalnya yaitu dengan memberikan iming-iming akan memberikannya hadiah kalau si anak berhasil puasa penuh selama bulan Ramadan.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Dilansir dari laman wartakotalive.com (15/04), Andini Sugeng, seorang psikolog klinis anak dan remaja dari Klinik Terpadu UI (Universitas Indonesia), menjelaskan bahwa pemberian hadiah ini adalah salah satu bentuk penyemangat untuk anak dalam menjalankan ibadah puasa.

Oleh sebab itu, boleh-boleh saja memberikan anak iming-iming seperti ini asalkan hadiah yang diberikan ini memang tidak terlalu berlebihan dan sesuai dengan kemampuan finansial orang tua tentunya.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi hadiah © Diadona

Namun yang juga perlu diingat, pemberian hadiah ini pun jangan sampai mengalahkan tujuan utama dari berpuasa itu sendiri yaitu untuk beribadah kepada Yang Maha Kuasa dan memang merupakan kewajiban bagi umat muslim.

Andini pun mengatakan kalau orang tua memberikan hadiah atau iming-iming yang terlalu besar untuk anak, mereka mungkin malah hanya akan berfokus pada hadiah tersebut sehingga pembelajaran berpuasanya sendiri jadi tak berharga dan kurang berkesan untuk buah hati.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Perempuan © Diadona

Ibu bisa memilihkan hadiah sederhana yang memang dibutuhkan oleh anak dan akan membuatnya senang misalnya memberikannya baju lebaran atau perlengkapan sekolah yang memang anak inginkan. Selain itu, jangan lupa berikan pula anak pujian atas keberhasilannya tersebut menjalani puasa penuh selama bulan Ramadan.

Jadi, gak masalah ya Mom kalau mau memberikan anak iming-iming atau hadiah agar dia makin semangat menjalani puasa Ramadannya sampai sebulan ke depan. Yang penting, hadiahnya tak perlu berlebihan dan cukup disesuaikan dengan kebutuhan buah hati. Semoga ulasan ini membantu.

Beri Komentar