Kenapa ya Bayi yang Baru Lahir Mukanya Sama Semua? Padahal Bapaknya Beda lho!

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 13 Maret 2020 09:00
Kenapa ya Bayi yang Baru Lahir Mukanya Sama Semua? Padahal Bapaknya Beda lho!
Ibunya juga beda. Kok bisa ya?

Pernah nggak kamu ngerasa waktu melihat bayi kok kayaknya wajahnya mirip-mirip atau sama semua ya? Padahal jelas-jelas mereka lahir dari orang tua yang berbeda.

Bagi orangtuanya sendiri tentu terasa lain karena mereka melihat si kecil setiap hari. Sampai mungkin mereka sudah hafal dengan semua tanda dan bentuk yang ada pada anak mereka.

Tapi bagi orang lain yang melihat, kadang suka ngerasa wajah bayi semuanya kok sama aja ya?

Ternyata semua itu dipengaruhi oleh jenis kelamin orang yang melihat bayi lho. Nggak percaya?

1 dari 3 halaman

ilustrasi bayi © Diadona

Dari yang saya baca di Popular Science, sebuah penelitian di Universitas St Andrews menujukkan bahwa dibandingkan dengan wanita, pria biasanya lebih banyak berpikir bahwa semua bayi punya wajah yang sama. Saat dilakukan tes terhadap foto-foto bayi, ternyata pria cenderung nggak cerdik dalam memilih foto bayi.

2 dari 3 halaman

ilustrasi bayi di rumah sakit © Diadona

Para peneliti menduga kalau faktor hormon yang menyebabkan wanita punya kemampuan untuk memperhatikan detail halus dari wajah bayi yang baru lahir. Tapi nggak semuanya bisa. Wanita berusia 53-69 tahun juga nggak bisa melihat perbedaan pada bayi sama seperti para pria.

Selain pria dan wanita berusia 53 tahun ke atas, ternyata komputer juga kesulitan untuk memahami wajah bayi lho. Menurut Ira Kemelmacher-Schlizerman, seorang ilmuwan komputer di University of Washington, ada banyak perubahan bentuk antara bayi dan orang dewasa, seperti perubahan hidung, bentuk mata, dan bentuk mulut yang bikin komputer sulit membedakan wajah bayi.

3 dari 3 halaman

Jadi sudah terjawab kan kenapa wajah bayi yang baru lahir bisa sama di mata kamu, terutama para cowok nih. Ternyata ada faktor hormon yang mempengaruhi kalian. Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaranmu ya! 

Beri Komentar