Bayi Kalau Mau Tidur Nangis Mom? Tak Perlu Buru-Buru Ditenangin, Lebih Baik Lakukan Ini

Reporter : Riza Umami
Selasa, 4 Agustus 2020 10:17
Bayi Kalau Mau Tidur Nangis Mom? Tak Perlu Buru-Buru Ditenangin, Lebih Baik Lakukan Ini
Nggak perlu ditenangin dulu Mom.

Saat bayi menangis, tentu kita akan reflek untuk menenangkan si kecil dan memintanya agar diam dan tak menangis lagi. Yang unik, ada beberapa bayi yang akan menangis saat dirinya ngantuk atau lelah.

Dilansir dari verywellfamily.com, sebaiknya Mom membiarkan dulu bayi yang menangis saat mengantuk seperti ini. Hal ini disebabkan karena ternyata si kecil nanti akan tertidur dengan sendirinya, meski sebenarnya cara ini masih jadi perdebatan.

1 dari 2 halaman

Selain itu, ternyata membiarkan bayi menangis sejenak sebelum tidur ini juga bisa membuat si kecil tidur lebih lama yaitu sekitaran 20 menitan. Walau tak terlalu lama tetapi itu waktu yang sangat berharga untuk seorang ibu tentunya.

Ilustrasi Bayi Menangis © Diadona

Bila Mom memang ingin mencoba cara ini, bisa dilakukan secara bertahap. Pada hari pertama, coba biarkan dulu anak menangis selama 10 menit lalu tenangkan anak. Kemudian, dia hari berikutnya tambahkan durasi waktunya dan begitu seterusnya sampai anak tertidur sendiri tanpa perlu ditenangkan.

2 dari 2 halaman

Perlu kesiapan hati pula bagi ibu karena biasanya ibu tak tega saat mendengar anaknya menangis dan ingin segera dipeluk untuk ditenangkan. Namun, cobalah sejenak untuk dibiarkan dulu kalau ingin menggunakan cara ini.

Ada baiknya pula ibu berkonsultasi pada dokter anak mengenai latihan tidur dengan membiarkan anak menangis dulu seperti ini. Semoga caranya berhasil dan selamat mencoba.

Beri Komentar